Memento (2000)



Written and Directed by : Christoper Nolan
Starring : Guy Pearce, Carie-Ann Moss, Joe Pantoliano.
Bintang : 5 (skala 5)
Tahun : 2000
Newmarket Films


Sinopsis :
Kemampuan memori Leonard Shelby (Guy Pearce) mengalami kerusakan akibat cedera yang dialaminya. Memori otaknya tidak mampu lagi digunakan untuk mengingat, sehingga ia terpaksa merangkai kejadian – kejadian yang pernah ia alami dengan menggunakan kamera polaroid, tato di tubuhnya dan catatan kecil yang selalu ia tuliskan tentang segala hal yang ingin ia ingat. Hal terakhir yang diingatnya adalah saat ia memergoki seseorang pria misterius memperkosa dan membunuh istrinya, sebelum pria lain membenturkan kepalanya ke cermin. Berbekal foto, tato dan catatan kecilnya, Lenny mencoba merangkai puzzle dari fakta yang tidak mampu ia ingat untuk menemukan pria misterius yang ia duga menewaskan istrinya.




My Review :
This movie is so recommended for all of you!! Tidak salah kalau Nolan meraih nominasi Oscar pertamanya untuk Best Screenplay (bersama saudaranya, Jonathan Nolan) di film ini, dan memenangkan Best Director di Independent Spirit Award. Bagi saya, film ini jenius! Kalau para kritikus film bilang, “Two Thumbs up!”, saya bilang “Four Thumbs Up!”. Soalnya saking sukanya saya rela nunjukin dua jempol kaki saya untuk melengkapi dua jempol tangan saya.

Well, mungkin memang saya rada terlambat sih, karena saya baru mengenal kejeniusan Nolan di era The Dark Night yang bikin saya menahan nafas sepanjang film itu (selain karena akting sempurna dari si almarhum Heath Ledger). Kemudian, muncul pula Inception – film yang saya sebut sebagai salah satu film terbaik di tahun 2010. Nolan dengan baik mempertanyakan antara realita dan mimpi di film yang begitu manstraaappp itu walau memang boleh dibilang agak mbulet (soalnya waktu nonton itu otak saya kudu dipake buat mikir juga). Selain ketiga film yang membuat nama Nolan melejit itu, ia juga menyutradarai Insomnia (2002), Batman Begins (2005), dan The Prestige (2006).

Melalui Memento, Nolan justru memutarbalikkan pertanyaan yang kerap muncul kalau kita menonton sebuah film. Biasanya, kalau kita nonton film, kita sering bertanya, “Wuahhh... what will happen next?”. Tapi, di film ini pertanyaan yang justru muncul adalah, “What happened before?”. Sekilas film ini memang agak membingungkan, karena Nolan membagi film ini dalam scene – scene independen yang terputus – putus setiap kali ingatan si Leonard pudar akan kejadian yang barusan ia alami. Tambahan pula, Nolan merangkainya dalam adegan flashback alias alur mundur. Jadi, jangan harap Anda bisa meleng sedikitpun kalau menontonnya, karena satu scene Anda lewatkan dijamin Anda akan bingung.



Saya berpendapat, film yang bisa memukau saya adalah film yang membuat saya bertanya – tanya sepanjang film ini. Pertanyaan – pertanyaan sederhana macam : “Apa yang terjadi?”, “Siapa sebenarnya pelakunya?”, “Kok bisa tokoh utamanya begini?”. Dan ketika jawaban pertanyaan itu muncul di akhir film – walaupun kadang jawabannya mengambang, tidak jelas, atau tidak sesuai sama apa yang saya inginkan – saya akan mengakhiri film itu dengan perasaan puas. Maka gag salah kalau saya katakan bahwa Memento adalah salah satu film yang mampu memukau saya, sebab sepanjang film ini saya punya sejuta pertanyaan di otak saya dan gag sabar untuk men-fast forward filmnya sampai akhir. Hehe... Tapi untungnya tidak saya lakukan, karena seluruh scene dibangun dengan apik untuk menjelaskan segala hal – hal ganjil yang ternyata saling berkaitan.

Akhir kata, saya WAJIBKAN Anda untuk menonton film ini. Terutama untuk Anda yang ngaku – ngaku ngefans Christoper Nolan setelah menonton Inception dan The Dark Knight.

Di-WAJIBKAN untuk :
Semua pecinta film.

Komentar

  1. Bagi saya, bagian "tergila" dr film ini adalah pada saat penonton dihadapkan dengan kenyataan bahwa : “Leonard doesn’t want the truth. He just makes up his own truth.” di menjelang "ending-tapi-awal" film ini.

    Kenyataan ini merupakan dasar dari "balas dendam" Leonard pada Teddy, yang telah memanfaatkan dirinya. So, ia nginformasiin hal yang bertolak belakang dengan kenyataan, pada alam bawah sadarnya (tulisan di foto si Teddy yg ia rekayasa, menjadi tidak sesuai kenyataan)

    yang lebih gilanya lagi, kenyataan di atas ngebuat saya jadi ragu, apa bner si Leonard itu telah ngalamin semua kejadian dalam film itu ? atau semua itu hanyalah rekaan yang ia sampaikan lewat alam bawah sadarnya ??! siapa yang tahu pasti ? dia kan pelupa... hehehe. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita figur tokoh sammy itu emang ada atau hanya cerita karangan si lenny???
      Jawaban gue si Sammy itu hanya cerita karangan si lenny doank, coba deh perhatiin scene pas si Sammy duduk di kursi roda wkt di rmh sakit jiwa dan banyak orang yang lewat di sekitar dia. Klu lu semua pada ngeh dan teliti, ada selang sekitar 2 detik menjelang scene berikutnya tiba-tiba si Sammy berobah jadi si Lenny. Menurut gue itu clue yg ngebuktiin klu si Sammy cuma cerita hoax karangan si Lenny. Selain itu di akhir film juga teddy udah ngejelasin (walau gak secara gamblang) tentang cerita rekaan si lenny itu

      Hapus
  2. haahaaa... memento memang punya twist yang keren bangett!!

    menurut saya, emang Leonard mengalami semua kejadian itu.. tapi karena sifatnya yang pelupa itu, setelah ia berhasil membunuh orang yang dia pikir membunuh istrinya, ia merasa tidak punya tujuan hidup lain.. and then, Teddy kemudian berusaha took advantage dari hal ini dan membuat Leonard membunuh orang-orang lainnya berinisial sama..

    BalasHapus
  3. gambar warna alur mundur, hitam putih maju. pusing nonton film ini

    BalasHapus
  4. Memang film ini keren banget dari alur ceritanya yang unik.
    tetapi saya sedikit kecewa ketika cerita tentang luka yang ada di pipi kirinya..
    padahal saya berharap lebih visualnya akan kejadian luka itu.
    karena sepanjang jalan yang membuat saya paling penasaran itu, lukanya yg di pipi kirinya itu, karena apa? dan sepanjang cerita itu berjalan luka itu paling menonjol di perlihatkan, seakan akan ada sesuatu yang spesial.rupanya karena mukanya di benturkan ke kaca. tapi benar gak sih muka yang di benturkan ke kaca, logika lukanya akan seperti itu. bergais 2 merah seperti koyak. padahal itu benturan bukan sayatan dari kaca??? Saya Masih bingung dengan luka yang ada di pipi kirinya. ada yang bisa memberikan pencerahan. atau ada yang sependapat dengan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lukanya dari garukan jimmy pas mau dibunuh sama Lenny, coba dilihat lagi waktu ketemu jimmy di rumah kosong lenny gk punya luka di pipi kirinya, habis bunuh jimmy ada lukanya

      Hapus
  5. RESENSI
    Leonard Shelby(Guy Pearce) tak akan menyangka ia akan kehilangan istri dan kehidupan normalnya. Karena suatu perampokan, kepalanya dipukul oleh perampok tersebut dan terbentur keras ke lantai.Sekarang ia menderita penyakit short-term memory lost. Ia tidak dapat membuat memori baru dalam pikirannya, semuanya hanya terlintas begitu saja. Meskipun ia bicara dengan seseorang lama, ia akan tetap lupa sipa orang tersebut? Apa yang dibicarakannya?
    Karena kondisinya tersebut, Leonard pun mengakalinya dengan membuat sebuah sistem, ia mengambil foto setiap orang yang dikenalnya dengan kamera polaroidnya, mencatat notes-notes kecil dibawah foto untuk mengingatkannya.
    Lenny,panggilan akrab Leonard,juga mempunyai seorang "teman" bernama John Edward Gammel, seorang polisi dengan nama yang dikenalnya Teddy. Teddy membantu ambisi Lenny untuk membalaskan dendam terpendamnya yaitu, membunuh orang bernama John. G. Perampok yang telah membunuh serta memperkosa istrinya dan mengakibatkan ia begini. Dengan clue-clue yang ada ia berusaha menemukan orang tersebut. Untuk lebih mengingatkannya, ia membuat tato di sekujur tubuhnya dengan kalimat-kalimat dan berbagai petunjuk tentang John G. Dengan petunjuk itulah ia dapat melacak keberadaannya.
    Dengan kondisinya itu, dapatkan ia menemukan dan membunuh John G.?

    REVIEW
    Film ini merupakan sebuah MASTERPIECE dari Sutradara Christoper Nolan. MEMENTO dibuat berdasarkan film pendek buatan adiknya. Ia membawanya ke layar lebar dengan sentuhan magisnya seperti dalam film Following dan Insomnia. Berbeda dari film kebanyakan. MEMENTO beralur dari akhir ke awal, backwards. Penonton diawal pemutaran film disuguhi peristiwa saat Lenny membunuh Teddy, dan setelah itu berbagai kejadian seperti berjalan mundur. Kita seperti dibuat bertanya-tanya, Siapa yang dibunuh itu ? Siapa sebenarnya Teddy?
    Disini Nolan membuat film yang bagian PENGUNGKAPAN FAKTA terdapat di awal peristiwa Lenny membunuh James Grants yang dalam film dapat kita saksikan di akhir. Teddy mengungkapkan semuanya. Bahwa sebenarnya Ia telah membunuh John G. Sejak lama dan karena ia tak ingat bahwa ia telah membunuhnya, ia terus mencari orang yang telah dibunuhnya. Karena itulah Teddy memanfaatkan Lenny untuk membantu tugas kepolisiannya. Setelah itu Lenny sadar bahwa ia selama ini telah dimanfaatkan oleh Teddy, ia merencanakan untuk membunuhnya. Ia tak mau dijadikan anjing olehnya. Ia menulis beberapa clue untuk membuat Teddy sebagai His John G. dan supaya ia tidak lupa, ia membuat tatto nomor kendaraa Teddy.
    Dan di tengah-tengah film terdapat sosok Natalie(Carrie-Anne Moss) yang merupakan pacar dari bandar narkoba James Grants orang yang sebelumnya telah dibunuh oleh Lenny. Natalie membantu Lenny untuk "menemukan" fakta-fakta yang membuat Teddy-lah sebagai John G. Hal itu dilakukan Natalie untuk membalas dendam pada Teddy yang telah memanfaatkan Lenny untuk membunuh pacarnya.
    Sungguh film ini merupakan film yang fenomenal. Hubungan peristiwa satu dengan yang lain tidak dibuat mudah oleh Christoper Nolan. penonton harus jeli melihat setiap scene satu per satu untuk mengetahui fakta yang sebenarnya dalam film tersebut. Saya saja sampai nonton 3 kali untuk memahami film ini. Namun cinemathography yang bagus dengan perpaduan hitam-putih ke warna, warna ke hitam-putih dengan beberapa scene memories yang berlatar coklat, sangat mengagumkan menurut saya dan membuat film MEMENTO layak dinobatkan sebagai Masterpiece. Bila anda penggemar film yang ada unsur pemikiran, action dan fiksi film ini sangat layak untuk ditonton.

    BalasHapus
  6. Masih penasaran, kenapa si Lenny make bajunya Jimmy setelah dia ngebunuh Jimmy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik pura-pura hidup sebagai korban daripada hidup sebagai pembunuh

      Hapus
  7. 15 menit pertama.....masi bisa nyusun puzzlenya

    30menit.....uda mulai pusing


    60 menit.....ah yaudah deh, ikutin aja filmnya, pusing



    tapi pas ending? WHAT? Huh??? kok bgtu???


    mala jadi kepengen nonton lagi

    BalasHapus
  8. How bout last scene, pas sebelum film selesai, Lenny dan istrinya pelukan, tapi di badan Lenny udah ada tato yg "He Raped and ...."??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu imajinasi lenny, karena menolak kenyataan yang ada.

      Hapus
  9. How bout last scene, pas sebelum film selesai, Lenny dan istrinya pelukan, tapi di badan Lenny udah ada tato yg "He Raped and ...."??

    BalasHapus
  10. Jikalau leny yang bunuh istri nya sendiri terus penyebab dia hilang ingatan jangka pendek apa? Berarti ada kemungkinan besar memang istri nya di bunuh dan dia penyebab ia hilang ingatan saat pemerkosa istri nya membenturkan kepala nya ke dinding

    BalasHapus
  11. Jikalau leny yang bunuh istri nya sendiri terus penyebab dia hilang ingatan jangka pendek apa? Berarti ada kemungkinan besar memang istri nya di bunuh dan dia penyebab ia hilang ingatan saat pemerkosa istri nya membenturkan kepala nya ke dinding

    BalasHapus
  12. Jika alur film ini disambungkan akan membentuk suatu penjelasan bahwa, pembunuh istrinya tidak lain adalah ia sendiri karena kelalaiannya dalam ingatannya. John G., yang ia duga sebagai pembunuh sebenarnya bukanlah pembunuh. Meskipun John G., melakukan kekerasan pada istrinya, namun saat Leonard dan istrinya sekarat, ia tidak berusaha membunuh dan hanya meninggalkan mereka dalam keadaan sekarat. Tetapi, ingatan-ingatannya bermasalah setelah ia mengalami masa sekarat itu. Ia hanya mengingat ingatan jangka panjang. Berkat hal itu pula ia malah tidak sengaja membunuh istrinya dan ia lupa bahwa ialah yang membunuh istrinya secara tidak sengaja dengan menyuntikkan insulin secara berlebih.

    BalasHapus
  13. Ngakak banget waktu scene Si Lenny lupa kalo ternyata dia yang dikejar, bukan yang ngejar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin ngakak juga waktu salah ndobrak kamar no.9 padahal seharusnya no.6

      Hapus
    2. Ngakak moment lagi, pas dia nunggu di toilet sambil bawa botol buat senjata eh malah mandi wkwk

      Hapus
  14. Film yg menarik bner2 memerlukan logika dalam menontonnya. Jalan cerita yang saya tangkap adalah pada awalnya memang ada kejadian dimana Leny dibenturkan kepalanya ke kaca ketika melihat istrinya akan dibunuh, tetapi pada saat kejadian itu istrinya tidak mati (menurut Tedy), karena kejadian itu mengakibatkan ingatan Leny menjadi bermasalah sehingga diabetes istri nya semakin parah, Leny lah yg selalu menyuntikan insulin itu kepada istrinya sampai meninggal(cerita Samy menyuntikan insulin ke istrinya adalah kejadian Leny karena ingatannya bermasalah), tokoh Samy memang ada tapi Samy yg sebenarnya ialah seorang penipu, bukan Samy yg ada yg ada di imajinasi Leny (karena itu ditangan Leny ada tato 'remember samy' agar Leny selalu ingat cerita imajinasinya/yg tidak sebenarnya). Setelah kematian istrinya Leny dimanfaatkan oleh Tedy(seorang polisi yang mengetahui tentang Leny dan penyakit ingatannya, karena Tedy polisi yg menyelidiki kematian istri Leny) pada awalnya Tedy lah yg mencari Leny di hotel, kemudian melalui telepon Tedy memanfaatkan Leny dengan mengatakan bahwa Jimy adalah pembunuh istrinya (padahal Jimy ingin dibunuh oleh Tedy karena Tedy ingin mengambil uang 200 ribu dolar yg berada di bagasi mobil jimy) Jimy pun datang ke gedung kosong karena dibohongi oleh tedy, ketika Jimy dibunuh oleh leny, Leny menyadari bahwa Jimy tahu mengenai Samy sehingga Leny menyadari bahwa Jimy bukanlah pembunuh istrinya, Leny menyadari bahwa Tedy hanya memanfaatkan Leny untuk mengambil uang milik Jimy dengan membunuh jimy, karena itu Leny membuat sendiri seolah-olah Tedy adalah pembunuh istrinya(dibuatkan catatan), dan ketika Leny mengambil mobil jimy kemudian Leny melewati toko tato untuk mentato petunjuk yg dia ciptakan sendiri untuk mengejar Tedy dengan tujuan membunuh tedy. Dengan dibantu oleh Natalie(Dodd adalah rekan dari Jimy yg mengejar Leny karena merasa Leny yg mengambil mobil jimy dan uang Jimy) akhirnya Leny dapat meyakinkan dirinya bahwa Tedy adalah pembunuh istrinya dan kemudian membunuh tedy(padahal istrinya meninggal karena insulin yg disuntikan oleh leny sendiri).

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!