Penjelasan Ending Arrival (2016)

Well, berhubung banyak yang ramai comment tentang ending Arrival sebelumnya di review saya mengenai film ini, maka saya putuskan untuk bikin penjelasan ending Arrival (moga-moga saya nggak salah). Sebenarnya penjelasan ending Arrival sudah banyak beredar di internet, tapi rata-rata ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi, berhubung saya juga jatuh cinta (pakai banget) dengan film ini, saya putuskan untuk kasih sedikit penjelasan mengenai ending film ini.

Satu hal yang pasti, Arrival membuktikan bahwa Dennis Villeneuve sangat mahir bermain puzzle because this movie is so fuckin brilliant! Arrival memang cukup bikin mikir karena ceritanya sendiri agak filosofis. Tapi bagi saya sendiri Arrival ini (untungnya) bukan film yang ambigu dan multi-interpretasi, sehingga kurang lebih Arrival tidak membutuhkan "perdebatan" panjang yang bikin orang-orang frustasi bertanya: "Tafsir yang benar yang mana nih?" (Dan kemudian seringnya sang sutradara dan penulis naskah tidak mau bikin penjelasan, membuat penonton mati penasaran).



OKAY, PERTANYAAN PERTAMA: APAKAH ALIEN HEPTAPOD ITU JAHAT?


Jawaban singkatnya: nggak. 

Kunjungan alien dengan pesawat luar angkasanya itu memang tampak misterius dan mencurigakan. Dennis Villeneuve dan timnya sukses membuat suasana claustrophobic yang unfamiliar dan tidak nyaman, membuat kita rancu apa maksud kedatangan alien itu: baik atau jahat. Jika para alien itu jahat, kenapa mereka tidak melakukan apa-apa? Apakah mereka alien "scientist" yang hendak melakukan penelitian di bumi? Jika iya, kenapa mereka tidak melakukan apa-apa? Are they just a tourist?

Intinya: mereka tidak jahat. Tapi manusia sudah curiga duluan. Apalagi terdapat kendala bahasa dalam berkomunikasi dengan mereka (it seems so fuckin logic. Ga masuk akal banget kalau ada alien yang tiba-tiba bisa bahasa Inggris). Kecurigaan dan kendala komunikasi ini yang menyebabkan pemerintahan seluruh dunia berdebat. US masih ragu-ragu, sedangkan Tiongkok (diikuti Rusia, Sudan) curiga bahwa alien itu jahat atau bahwa alien itu hendak mengadu domba. Beberapa tentara US yang curiga bahkan memberontak dengan mengebom pesawat luar angkasa tersebut yang akhirnya membuat si Abbot sekarat (cmiiw). 

LALU, APA MAKSUD KEDATANGAN PARA ALIEN ITU?



Penjelasan ini didapatkan ketika Louise (Amy Adams) masuk sendirian ke pesawat alien, dimana ia masuk ke dunia semacam "astral" para Alien sehingga bisa berbicara dengan bahasa mereka. Jadi, para alien ini membutuhkan bantuan bumi dan manusia pada 3000 tahun lagi. Untuk bisa membantu para alien itu, manusia harus bisa mempelajari bahasa para alien heptapod ini. Kedatangan para alien saat itu bertujuan untuk memberikan "gift"/ hadiah - yang sebelumnya diterjemahkan sebagai "weapon". Apakah weapon/senjata itu? Waktu.

Bantuan apa yang diinginkan oleh para alien itu? Arrival tidak menjelaskannya. Dan emang bukan itu poin film ini. 

KENAPA ADA 12 KAPAL LUAR ANGKASA?


Yang diinginkan oleh para alien itu adalah manusia di seluruh dunia bekerja sama. Maka mereka memberikan petunjuk berupa 12 potongan. Tapi banyak orang sudah curiga duluan dengan niat para alien itu (disimbolkan melalui karakter General Zhang). Hanya Louise-ah yang berpikir positif sehingga hanya ia yang mampu menerima petunjuk dari para alien tersebut. 

BAHASA DAN FILOSOFI WAKTU


Nah, ini yang agak ribet menjelaskannya. 

Perlu kita ketahui dulu bahwa para alien heptapod itu berkomunikasi dengan bahasa yang sangat berbeda dengan manusia. Bahkan, persepsi mereka akan waktu itu sangat jauh berbeda.

Manusia mempelajari bahasa dan mempersepsikan waktu sebagai sesuatu yang linier berjalan maju. Ketika kita menulis kalimat sebagai sebuah alat komunikasi, kita menulis dari kiri ke kanan (atau kanan ke kiri), demikian manusia mempersepsikan waktu sebagai sesuatu yang bergerak maju. 

Para alien ini jauh berbeda, Tulisan mereka berbentuk melingkar/sirkular (dibentuk oleh semacam tinta cumi-cumi). Tulisan mereka berbentuk simbol, dimana satu simbol itu mengungkapkan sebuah makna secara langsung. Konsep ini juga menyerupai persepsi mereka mengenai waktu, bahwa waktu bagi mereka tidak linier - namun sirkular. Tidak ada awal tidak ada akhir. Inilah yang membuat mereka bisa "menguasai" waktu, waktu bagi mereka melompat-lompat, entah bergerak maju atau bergerak mundur. Serupa dengan paliandrom dalam nama "Hannah", anak perempuan Louise. Dibaca dari depan atau dari belakang sama saja. 

Supaya manusia bisa "menguasai" waktu sebagaimana para alien heptapod itu, manusia harus mempelajari dulu bahasa mereka. Itulah tujuan kedatangan para alien itu. Dalam suatu adegan, Ian Donnelly (Jeremy Renner) mengungkapkan mengenai Sapir-Whorf hypotesis, dimana menurut penelitian tersebut kemampuan berpikir manusia dipengaruhi oleh bahasa. Jika kita berpikir dengan bahasa yang berbeda dari bahasa kita sehari-hari, maka kemampuan berpikir kita akan berbeda dari biasanya. This is what happened with Louise. Masih ingat kan ketika Ian Donelly bilang ke Louise, "Are you dreaming in their language?". Ketika Louise menenggelamkan dirinya pada bahasa sang alien, ia mulai berpikir seperti alien - dimana persepsinya mengenai waktu pun berubah. Ia mulai melihat adegan antara dirinya dengan anak perempuannya (termasuk halusinasinya ketemu heptapod pada suatu adegan). Adegan klimaksnya adalah ketika ia bertemu General Zhang, saat ia mengetahui nomor pribadi sang jenderal dan kata-kata terakhir mendiang istri sang jendral (in war, there are no winner. Only widows). Berkat Louise, Tiongkok tidak lagi berniat menghancurkan kapal luar angkasa itu.

 KEHIDUPAN LOUISE, HANNAH, DAN IAN


Maka inilah twist-nya yang dieksekusi dengan manis dan jenius oleh Dennis Villeneuve.

Potongan cerita di bagian awal Louise, yang sukses bikin saya nangis di 5 menit pertama, rupanya bukanlah kenangan antara Louise dan Hannah. Arrival ingin kita berpikir bahwa segala adegan tentang Louise dan Hannah adalah sebuah kenangan. Namun ini sesungguhnya terjadi di masa depan (remember when Louise said, "Who is this girl?"). 

Louise akhirnya akan jatuh cinta dan menikah dengan Ian, dan mereka akan memiliki anak perempuan Hannah. Louise telah mengetahui dari awal bahwa anak perempuannya akan meninggal karena kanker yang tidak bisa disembuhkan, ia juga mengetahui kenapa suaminya (Ian) akan meninggalkannya. Namun ia tidak pernah berniat merubah takdirnya. 
Dr. Louise Banks: If you could see your life from start to finish, would you change things? 
Ian Donnelly: Maybe I would say what I felt more often. I don't know.
For me, this means we should embrace our fate. Ketika kita menyadari bahwa hidup adalah serangkaian tragedi, maka kita akan menemukan keindahan dan kebahagiaan pada hal-hal yang remeh. Inilah yang saya kira jalan yang dipilih oleh Louise. (Aww... i cried a lot when remember this scene. Apalagi kalo sambil dengerin lagunya pas adegan ini: Max Richter - On The Nature of Daylight)


...
So, Arrival yang merupakan adaptasi dari cerita pendek Story of Your Life-nya Ted Chiang ini sesungguhnya punya fokus yang berbeda dari film-film sci-fi lainnya. Arrival (bagi saya pribadi) memiliki nilai moral story mengenai bagaimana kita menerima takdir yang ada. Selain bicara soal war and humanity, Arrival juga akan menantangmu berpikir ulang mengenai konsep waktu yang selama ini kita ketahui. Arrival juga menyajikan pertanyaan menarik mengenai bagaimana kita memahami bahasa dan komunikasi. 
"You can understand communication, and still end up single"

Hope this explanation helps you! Kalau ada yang masih ditanyakan, bisa tulis di comment ya.

Komentar

  1. Wow.. amazing..
    Makasi ya atas uraiannya, mbikin jadi lebih jelas menikmati film yg dikira genre action sci-fi ini hehehe...

    Good job

    BalasHapus
  2. kalau boleh jelaskan, kira2 apa yang menyebabkan Ian meninggalkan Louise dan hannah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Louise akhirnya bilang bahwa Hannah akan meninggal karena kanker.. of course it will shock the father!

      Hapus
    2. Mr. Donelly is the worst father ever.. shock doesn't mean leaving.

      Hapus
    3. lho min, bukannya louise berbicara penyakit baru ya? sedangkan kanker kan penyakit lama ? {walopun belum ada pengobatannya}

      Hapus
    4. dia kykny ga bilang kanker si, yg gua tau dia bilang "penyakit yang sangat langka" yang ga bisa disembuhin. english nya kalo ga salah "very rare disease"

      Hapus
    5. kalo menurut pendapat ane sih, ian meninggal. soalnya kelihatan kok ia sosok ayah yang baik dan menerut ane ian meninggal sama kaya penyakit yang disebabkan si hannah. logikanya si hannah ngidap penyakit itu karena bawaan(karier) dari gen Ian. itu penjelasan singkatnya sih.

      Hapus
    6. kalo kata saya sih ian ga meninggal, soalnya pas si louis turun dr peswt alien , louis ngomong kan "aku baru sadar suamiku meninggalkanku"

      Hapus
    7. Yoi.. . Ian gak meinggal dunia. Tp ian meninggalkan louis karna sangat marah dengan pernyataan louis tentang penyakit anaknya. Ian gak terima dia shock! Louis berkata pd anaknya"itu saLah ibu. Ibu memberi tahu ayah SESUATU yg belum siap ia hadapi". Mksd dari SESUATU itu yaa tentang penyakit anaknya. Hehe maaf klo salah

      Hapus
  3. louise memberitahu ke ian bahwa anak meraka akan mati gara2 kanker, dan ia malah marah karena hal tersebut. ian ingin hidup itu berjalan apa adanya CMIIW

    BalasHapus
  4. Terus si Louise bisa dpt anugerah melihat masa depan dr mana min, aoa setelah mmpelajari bahasa ali3n, atau dpt transferan ilmu dr alien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syndrome Sapir-Whorf : kemampuan berpikir manusia dipengaruhi oleh bahasa. Ian Donelly (Jeremy Renner) sempat menyebutkan ini di satu adegan.

      Louise yang berusaha mempelajari bahasa alien ini lambat laun jadi "tenggelam" dan berpikir sebagaimana para alien - yang akhirnya menyebabkan ia jadi punya kemampuan melihat masa depan. Ingat ketika Ian bilang Louise: "Are you dream in their languange?"

      Hapus
    2. Sekedar koreksi mbak itu bukan syndrom mbak, tapi hipotesis atau teori sapir-whorf, klo syndrom tuh merujuk ke kumpulan gejala penyakit.

      Hapus
    3. ahh yaaa.. thankyou untuk koreksinya :)

      Hapus
  5. Makasih mba niken, sempet hampir ketiduran soalnya pace nya lambat, tapi gitu ngerti endingnya gitu jadi sadar film ini keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya kira memang banyak yang kecele dengan embel-embel ini film sci-fi alien hehehe.. tapi film Dennis Villeneuve ya model begini ini :)

      Hapus
  6. Mbak mau nanya, dari 12 potongan itu hanya ada 2 alien yang datang (dan bisa berbicara), seperti yang dijelaskan Weber di awal dan akhirnya diberi nama Abbot dan Castello kemudian.

    Nah pertanyaannya, posisi Abbott dan Castello itu ngga tau dimana yah? atau hanya time traveling ke 12 potongan lainnya? masih bingun di bagian itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira tiap pesawat luar angkasa itu punya alien sendiri-sendiri. Terbukti tiap pemerintah negara masing2 punya tim analisa / ilmuwan mereka sendiri-sendiri untuk mengetahui apa maksud para alien itu

      Hapus
  7. Hmm jd pengen tau alienya mau minta bantuan apa wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, pas seketika aliennya ngomong kyk gitu minta bantuan, langsung kepikirkan akan ada lanjutannya... tapi kyknya impossible sih

      Hapus
  8. bagus sih .. walau akhirnya melenceng ke Drama hehe
    uda ngarep kayak kehancuran seperti di I Am Legend ato World War Z dsb
    hehehe
    thanks review nya, saya penasaran kata2 Louis (Lane) ke Gen. Shang , ternyata itu ya .. kok kayaknya panjang bgt kata-katanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya filmnya memang bukan action :D

      Kabarnya sih seharusnya ada subtitle tentang kata-kata terakhir istri General Zhang, tapi sama director-nya dicut. Tapi ga tau sih yang beredar di internet kata-kata itu: "in a war, there is no winner. only widows"

      Hapus
  9. maksud dari pesan alien yang rumit di akhir film itu apa ya?yang louise menyimpulkan bahwa itu 1 dari 12 bagian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya itu semacam kode/kamus untuk mempelajari bahasa alien itu..

      Hapus
    2. maksudnya mungkin dari 12 "proces" yang didatangkan kebumi, hanya ada 1 kemungkinan yang dapat memahami proces itu

      Hapus
    3. bukan2.. mnurut ane dri web lain dibuat 12 biar merata dapat jdi smua tmpat bisa blajar.. syangnya y bisa cma si louise krna y lain udh mikir negatif si louise sndiri y mkir positif.. :)

      Hapus
  10. Kalo gak salah ada dialog dr. Banks, "ini ada kaitannya dengan salah satu penyakit langka". Bener gak? Kalo bener maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. itu ada kaitannya dengan penyakit anaknya. Jadi Louise sudah tahu bahwa anaknya bakal sakit dan meninggal, but she still make a baby...

      Hapus
    2. Tapi kok saya nangkepnya kedepan bakal ada penyakit yang "really rare disease" kaya penyakit anaknya. Saya cm miss disini aja sih. Selebihnya paham. Dan sepakat, film ini keren. Beberapa kawan saya (yang hanya ikutan hype) film ini jelek, membosankan, terlalu lambat. Hampir saya percaya. Sampe saya nekat nonton, saya nilai sendiri, memang temen2 saya yg ga sampe mikirnya kayanya :)))

      Hapus
    3. Filmnya keren yeee... Mirip" kyk film karya cristopher nolan (inception,interstellar) hehehe good.. Cerdas. Bikin berfikir dan penasaran... Mantaaapppp

      Hapus
  11. blm ada penjelasan ttg permintaan tolong kepada umat manusia itu ttg 3000 tahun lagi itu apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sengaja tidak dijelaskan di film ini

      Hapus
    2. Berarti akan ada Arrival part 2. Pasti lebih seru. Karena bisa jadi di film yang berikutnya manusia akan dihadapkan dengan "Alien Musuh" dari castello dan abbot.

      Hapus
    3. ^poin filmnya gak kesitu sih menurut gue, endingnya udah klimaks, jangan dilanjutin ke part 2

      Hapus
    4. benrr banget, kalo ada pt.2 aneh sih ,, message dr film ini kan sbnernya lebih ke hummanity and embrace our fate td.

      Hapus
  12. kak masih gak ngerti jadi alien nya itu ngasih gift time itu maksudnya apa dan buat apa? pengaruh sama masa depan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emh.. jadi si aliennya ini mau minta tolong pada manusia 3000 tahun lagi (minta tolong apa? tidak dijelaskan), sebagai gantinya manusia akan dikasih hadiah untuk bisa "mengendalikan" waktu. Cmiiw.

      Hapus
  13. Jadi mba niken, apa Louise sejak scene awal (ngajar di kelas) tau kalo 'vision' yg dia liat itu bukan memori (I means she really know it's just a vision)? Atau dia ngerasa 'vision' itu bener2 memori, hingga pengaruhin hidupnya? Atau Louise tau betul vision itu bukan memori, tapi juga ga tau vision itu masa depan? Karena ketika Castello bilang "Louise sees future", Louise agak shocked.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Louise saat scene awal (ketika di universitas) tidak tahu apa-apa. Baru cuplikan2 adegan setelahnya dia ngeliat visi masa depan...

      Hapus
  14. Di dalam 12 pesawat itu ada alien yg berbeda dari abbot & castello atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing-masing pesawat tampaknya memiliki aliennya sendiri-sendiri

      Hapus
  15. yg bhasa china itu artinya apaan ya yg dibisikin jendral penasarn

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Di dalam perang, tidak ada pemenang. Yang tersisa hanya para janda."

      Hapus
  16. Masalahnya adalah.. waktu bukan berputar-kembali ketika sampai dibatasnya.
    Hidup Louise dimulai dari bayi, kasus arrival, menikah punya anak, sampai anaknya meninggal lalu dia sendiri meninggal tidak kembali ke bayi lagi.
    Waktu bukan lingkaran kehidupan, sementar yang dialami Louise hanya serangkaian pengalaman spiritual mirip OBE (out of body) hanya saja melintasi masa dalam kehidupannya.

    Dalam film2 dengan tema travelling to time, seperti: Back to the future, Terminator, dsb. memang waktu digambarkan linear, sehingga ketika mereka kembali ke masa depan setelah merubah jalannya takdir di masa lalu, maka tidak banyak perubahan terjadi pada masa depan, hanya akan kehilangan tokoh yang dihilangkan dari sejarah masa lalu tsb.

    Sementara pada teori tentang waktu yang saat ini populer secara sains, diketahui bahwa parameter masa depan itu tidak pernah sama. Karena pada setiap individu, pada setiap detiknya, mengambil keputusan yang tidak akan pernah sama karena pengaruh kehendak bebas dan situasi dan kondisi. Jika kita mundur ke satu menit yang lalu, bisa jadi kita mengambil keputusan yang berbeda dengan keputusan sebelumnya sehinga sejarah masa depan juga akan berbeda karena perubahan kehidupan dunia bukan cuma terjadi karena satu individu.
    Intinya, kembali ke masa lalu itu mudah (jika sudah memungkinkan), karena msa lalu sudah terjadi dan menyisakan 'residu' dalam dimensi kosmik, tetapi setelah kita sampai maka masa depan tidak akan bisa sama lagi.


    Back to the review of Arrival Film, yang mengganjal adalah siapa sang alien tsb. ?? penolong manusia di masa lalu?? dan mengapa membutuhkan jasa manusia untuk kelangsungan kehidupan mereka?? Kalau butuh mengapa tidak berinisiatif memilih atau mencari contactee ?? padahal kita tau bahwa banyak kasus penculikan oleh UFO/Alien terjadi.

    Saya rasa kelemahan film ini adalah di sisi aliennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju...
      cerita yg ditawarkan menarik..tp alien ini yang....ah sudahlah.... xD

      Hapus
    2. we have a different opinion then.. hehe

      Sebenarnya konsep waktu ini sendiri memang membingungkan. Saya aja yang pusing haha.. Kalo based on religion, agama-agama seperti Judaisme, Kristiani dan Islam mengonsepkan dunia memiliki awal dan akhir, sedangkan agama seperti Buddha dan Hindu membayangkan dunia sudah ada dari dulu. Konsep waktu di sini sendiri malah membuat saya teringat film Benjamin Button - ketika penuaan bergeser mundur pada kasus Benjamin Button.

      Untuk siapa alien itu sendiri tampaknya bukan itu inti film ini sendiri sih. Film ini lebih fokus gimana ke pemecahan penerjemahan bahasa yang berbeda antara manusia dan alien yang memiliki dunia yang jauh berbeda dari yang kita tahu.

      Hapus
    3. ikut nimbrung. Mungkin si pengarang cerita adalah penganut Buddhism yang menganggap bahwa waktu adalah sirkular karena ada reinkarnasi. Kalau menurut saya, waktu memang tidak sirkular melainkan linier sesuai teori wormhole (lubang cacing). Kalau kita berbuat begini maka masa depan akan begini. Kalau berbuat begitu maka masa depan akan begitu. Jadi masa depan itu ada banyak variasinya mengikuti lorongnya masing2. Mohon maaf kalau berbeda, namun saya tetap menghargai pendapat penulis Arrival ini mengenai konsep waktu yang dia percayai.

      Hapus
    4. Saat mengikuti alur cerita film ini dari awal hingga akhir, saya hanya bisa berkata pada teman yang saya ajak nonton di bioskop saat itu, saya katakan ke dia "Ide ceritanya gila dan dalem".

      Dari sudut pandang saya (saya melihat dari sisi spritualitas), inti cerita film ini adalah bahwa manusia pada hakekatnya telah Tuhan anugrahi hadiah/gift yang luar biasa banyak dan hebatnya dengan takaran hadiah yang sama ke setiap manusia. Untuk mengambil hadiah yang sudah disediakan tersebut, dibutuhkan perangkat yaitu jasmani dan rohani yang suci agar frekuensi manusia dapat mencapai frekuensi si hadiah/gift tersebut. Hal ini sama halnya seperti kita men-tuning frekuensi peralatan radio untuk mendapatkan sinyal/gelombang radio yang sudah ada di ruang udara. Kebetulan dalam film ini salah satu hadiah yang dimaksud adalah kemampuan manusia untuk melihat gambaran (kalau saya menyebutnya sebagai komik kehidupan) di masa mendatang.

      Saya melihat, makhluk alien dalam film ini digambarkan sebagai sosok yang membantu manusia untuk membuka, memecahkan tabir/tirai (kalau saya lebih suka menyebutnya sebagai glass wall) akan kemampuan sejatinya manusia. Dia membantu manusia untuk mencari tuning frekuensi yang tepat untuk mendapatkan gift yang lebih.

      Ketika Louise dibukakan/diperlihatkan komik kehidupannya, pilihannya ada pada dirinya. Menerimanya dengan penuh keikhlasan dan lapang dada apa yang akan terjadi di masa mendatang ATAU dia ingin mengubah jalan hidupnya yang dampaknya akan terbuka pintu-pintu takdir lain di masa mendatang (jadi ingat film The Matrix - Keanu Reeves).

      Hapus
    5. Sukaaa dengan penjelasan ini. Terimakasih.

      Hapus
  17. 3000 th lagi akan ada apa? Pesawatnya hilang kemana? Itu yg jadi pertanyaan setelah nonton filmnya, Penasaran. Sicario banget ini filmnya bikin bertanya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3000 tahun lagi ada apa? tidak ada penjelasan sama sekali

      pesawat hilang kemana? ada banyak kemungkinan, tapi yang menurut saya paling mendekati pesawat itu masih ada di bumi tapi dengan posisi STEALTH, mungkin saking canggihnya walaupun stealth tapi bisa di tembus, atau tidak bisa ditabrak.

      Hapus
  18. 3000 th lagi akan ada apa? Pesawatnya hilang kemana? Itu yg jadi pertanyaan setelah nonton filmnya, Penasaran. Sicario banget ini filmnya bikin bertanya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi itu bukan inti film ini sih hhahaha

      Hapus
  19. dua kali saya nonton Arrival. Film ini membuat saya nangis!! nangis karena gak ngerti pointnya apa sih?? But, very big thanks to mbak Niken. setelah membaca tulisan ini, saya jadi bisa merangkai puzzle demi puzzle yang ada di Arrival. Ternyata gitu toh maksudnya film ini.. thanks..

    BalasHapus
  20. sicario dan enemy tertuang di film ini...bener dah ,kalo banyak orang pada kagum kejeniusan si Nolan bagi gua tetap Villeneuve nomor.satu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. I love Villeneuve too! Kalo Nolan udah terlalu mainstream sih hahaha..

      Hapus
    2. Kak niken bisa kasih tau film-filmnya Villeneuve yg keren? Soalnya setelah nonton Arrival sumpah nih film keren gila, ceritanya dalem banget ^^ apalagi stlh baca penjelasan di artikel kakak tambah lope lope, thank's kak ^^

      Hapus
    3. Kak niken bisa kasih tau film-filmnya Villeneuve yg keren? Soalnya setelah nonton Arrival sumpah nih film keren gila, ceritanya dalem banget ^^ apalagi stlh baca penjelasan di artikel kakak tambah lope lope, thank's kak ^^

      Hapus
    4. Film Villeneuve keren-keren semua..
      Bisa dimulai dari Prisoners - Incendies - Sicario - Enemy

      Hapus
    5. Prisoners yg serial kah??
      Yg mas mas bertattoo??
      Apa saya salahh??

      Hapus
  21. Baru aja nonton filmnya,, ternyata pemikiran kita sama mba Niken.... Memang sih sama sang sutradaranya saya sendiri tidak begitu ngerti caracter dia bikin ceritanya gmna, but that was nice movie "arrival", menurut saya hampir sama film2 karya nya Nolan nih.. film drama sci-fi recomanded deh..

    BalasHapus
  22. Sudah jelas sekrng terima kasih yg sudah menguraikan ceritanya very smart think..
    Jd yg saya tangkap dgn kdtngan alien,louis berkomunikasi dan tau kelak hidupny di masa depan,dn film menceritakan ttg masa depan louis berkat bantuan alien.

    BalasHapus
  23. thx reviewnya.,.

    BalasHapus
  24. Tambahan nenurut aku, jadi sebenarnya masa depan kita itu memang sudah diatur, jadi kita harus bersyukur atas apa yang kita punya sekarang (louise sudah tau masa depannya bahawa anaknya meninggal dan bercerai dengan ian (suaminya), tapi di masa sekarang, dia tetap menikah dengan ian dan ingin mempunyai anak) artinya disini yaitu dia tidak akan merubah nasibnya walaupun dia tau apa yang terjadi di masa depan seperti percakapan mereka :

    Loise : if you could see your life from start to finish, would you change things?

    Ian : maybe i would say i felt more often. I don't know

    BalasHapus
  25. rizal muhammad25 Januari 2017 09.20

    hannah marah ke ibunya kayaknya gara2 diberi tahu ibunya kalo dia bakal kena kanker dan ibunya sebenarnya sudah tahu kalo anaknya bakal meninggal kena kanker tapi ibunya tetep nikah ama bapaknya (yang nantinya marah juga). "I HATE YOU" kata hannah ke louise :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya tidak menganalisa sampai seperti itu sih. Tapi saya rasa marahnya karena alasan biasa ABG yang marah sama ibunya hehe

      Hapus
  26. Kalau saya sih masih bertanya-tanya kenapa alien bisa "paham" sama bahasa manusia, hahaha.

    Terus ilmuwan yang bisa memecahkan simbol -- atau mungkin lebih tepat disebut huruf-huruf -- si alien, apa jangan-jangan di kehidupannya yang lalu/yang lain sempat "diculik" juga sama bangsanya Abbot & Costello. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya trimakasih buat mbak niken yg udh bikin penjelasan film ini.
      Nah, buat bang reza, mnurut saya, mungkin krn sang alien itu bisa mengendalikan waktu jd bisa aja di masa sbelumnya mereka sering jalan2 ke bumi, berkali2, buat belajar bahasa manusia.
      Yg kedua, si Louise itu kan ahli bahasa, jd pasti punya ilmu ttg bgaimana membaca simbol. Kayak hieroglif mesir kuno aja, dr gambar2 bisa diterjemahkan ke dalam huruf2 oleh para ilmuan.

      Hapus
  27. u memang genius niken,salute u...my question is answered!! blog malaysia x jumpa lagi ulasan mcm ni...hehe

    BalasHapus
  28. yg jd pertanyaan, pesawat alien itu memang bentuknya seperti itu ya? bahan bakarnya pertamax apa solar:D trims sinopsisnya kak, jd paham maksud cerita film ini, kakak seorang penulis

    BalasHapus
  29. Dari menit awal sampai sebelum 10 menit terakhir, film ini terasa membosankan :( ngobrol tentang alien ngga jelas, belajar bahasa alien, filosofi gaje, teori gaje, bingung intinya...

    Namun 10 menit di ending, semua potongan kebingungan itu langsung tersambung semuanya, jago...

    Kalau saya memprediksi 3000 tahun lagi semua manusia di bumi akan musnah, karena hampir seluruh manusia sudah mempelajari bahasa alien, jika begitu hampir semua orang bisa memprediksi masa depan / melihat masa depan.. Jika sudah begitu maka manusia akan berpikir untuk apa kita hidup, tidak ada gunanya mempertahankan keturunan toh kita udah tau ending nya... Andai sebuah film durasinya 80tahun full, apakah kalian akan menonton film tersebut?.

    Intinya HEPTAPOD itu ingin merebut Bumi dari tangan manusia dengan cara halus, HEPTAPOD kenapa mau repot2 begitu?, karena bagi mereka waktu itu tidak berjalan, selama apapun jika itu efektif mereka akan lakukan, mereka adalah evolusi terakhir dari mahluk hidup, tujuan HEPTAPOD hanya untuk hidup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren komennya bro, baru mikir kesitu jg ane

      Hapus
    2. Berarti "bantuan" yg didapat HEPTAPOD itu adalah Planet bumi itu sendiri ya bro, karena bumi sudah "kosong" dari manusia di periode 3000th itu. Analisa keren. Cmiww

      Hapus
  30. Rivewnya mantap,Menurut ane Alien itu peradaban nya sudah sangat maju , saking majunya bisa melihat masa depan / masa lalu dan pergi ke waktu trsbt , apalagi antar galaksi sudah pasti sangat bisa dengan pesawat super canggih yg malah menyerupai cobek modelnya,tapi kecepatan luar binasa d atas kecepatan cahaya, mungkin d masa sekarang bisa kita sebut gaib,,,dan 3000thn lg alien itu butuh bantuan umat manusia, nah datanglah tuh alien ngasih rumus macem2(teknologi alien) untuk persiapan menghadapi sesuatu 3000thn Dr sekarang, berarti THN 5000an,,(klo msh ada bumi dah Kya apa tuh teknologinya)

    BalasHapus
  31. cara "Object" nya hilang itu ga logis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logis kok om. Ada kisah nyata klo tdk slah tahun 1910 pesawat tempur inggris tiba2 hilang saat ingin menyerang turki. Sblum hilang mnurut saksi mata pesawatnya diselimuti awan

      Hapus
    2. Pesawat alien bro pasti butuh kecepatan di atas cahaya buat traveling antar galaksi

      Hapus
    3. Sesuatu akan menjadi TIDAK LOGIS selama kita tidak tahu
      Sesuatu akan menjadi LOGIS setelah kita tahu bagaimana

      Hapus
  32. Saya termasuk orang yang terjebak untuk menginterpretasikan dan menganalisa film ini dari sisi bagaimana sang sutradara berfikir, hehe.. toh film ini buatan manusia, jadi ini semua hanya soal anganan.. cara berpikir/logika manusia.

    Tidak mau banyak terjebak ke dalam tayangan animasi film ini.

    Ini semua hanyalah soal prinsip hidup dualisme.. ada senang ada sedih.. ada hidup ada mati... ada penyakit adapula penyembuhannya.. kesemuanya ingin diintepretasikan dalam wujud 'film'.


    menurut ane, poinnya adalah:
    1.cancer!
    2.penggambaran orang yg hiper intuitif (louise)
    3.alien hanya menjebak penonton, melupakan bahwa alien adalah bisa berupa kata sifat, bukan hanya kata benda
    4. alien = future/hope

    wujud alien hanyalah sebuah media penyampaian kontemporer untuk mewakili "future" dengan cara yang mudah dipahami.

    Nah.. ini ane coba kaitakan antara penyakit yang diderita hannah (cancer) dengan bahasa alien, ane berfikir jangan2 ini hanya menceritakan seseorang yang meiliki perasaan akan harapan & intuisi yang sangat over andaikan penyakit cancer bisa disembuhkan dengan mudah (sekejap mata).
    clue:
    Ane melihat pola 1 lingkaran bahasa alien sebagai sel kanker, saat ending, sel kanker bertambah banyak (adegan saat alien menyemburkan banyak pola lingkaran), ada kesamaan pola lingkaran dari semburan bahasa tsb, artinya.... antar satuan terkecil sel kanker (yang jika dilihat di mikroskop) pastilah memiliki bahasa yang sama untuk bisa berkomunikasi sehingga bisa menyebar/mengganas, dan itu semua bisa manusia hentikan, caranya dengan memutus komunikasi antar sel kanker dengan memakai gift/senjata masa depan (obat super canggih mungkin).

    Sebagai manusia hanyalah bisa menunggu (mugkin menunggu selama 3000 thn, sesukanya sang sutradara menentukan lamanya, yang penting sutradara berusaha supaya penonton terjebak/kaget/terpana membayangkan betapa lamanya dimensi waktu selama itu) untuk menemukan obat mujarab, selama belum ada, terpaksa umat manusia hanya menggantungkan obat dari hasil teknologi kekinian, dan ini pun belum bisa menyembuhkan 100% dari kanker, kasarnya, peluang hidup-mati masih 50% 50%..
    Jadi sebagai umat manusia hanya bisa optimis menjalani takdir hidup di segala kondisi, terutama dikala datangnya tragedi.
    Ada aksi, ada reaksi, reaksi ditemukannya obat mujarab pasti berjalan pelan2 selama "3000 thn".

    dan...

    sel kanker itu sendiri adalah sesuatu yang masih sangat asing/alien (alien bisa bermakna asing, kata sifat, bukan obyek/kata benda) untuk dipelajari pola penyebarannya bagi ilmuwan, apalagi orang awam.


    Endingnya... setelah louise menerima kenyataan, penyakit si louise kumat lagi, yaitu berangan2 kembali jika ian adalah calon suami masa depannya (memang pada akhirnya menikah dan memiliki bayi).
    contra:
    Di sini ane tidak setuju bahwa di awal cerita, ian adalah suami louise, kok begitu cueknya si ian selama bertugas, seolah-olah si louise seperti orang asing yang baru dikenal, plot cerita spt ini gak level lah.. (twisting murahan). Gerak gerik yang merepresentasikan eks suami tidak terbaca di setiap scene dan ini bukan bercerita soal penyakit alzeimer (penyakit pikun).

    Sekian pendapat dari saya. Senjata saya hanya intuisi :D, representasi film ini bisa berbeda-beda tiap orang, ujung2nya yang jelas2 pasti adalah penyampaian nilai moral positif (kecuali film tdk lulus sensor :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Di sini ane tidak setuju bahwa di awal cerita, ian adalah suami louise, kok begitu cueknya si ian selama bertugas, seolah-olah si louise seperti orang asing yang baru dikenal, plot cerita spt ini gak level lah.. (twisting murahan). Gerak gerik yang merepresentasikan eks suami tidak terbaca di setiap scene dan ini bukan bercerita soal penyakit alzeimer (penyakit pikun)."

      Kan memang kejadian Ian menikah dengan Louise setelah peristiwa alien2 ini.

      Anw, mengkaitkan alien dengan metafora kanker cukup menarik. Sutradara dan penulisnya pasti senang bahwa penonton punya interpretasi yang berbeda-beda dalam menafsirkan filmnya :)

      Hapus
    2. Si ian ama louise nikahnya uda pas kejadian alien pergi dri bumi bukan sebelum alien pergi dri bumi masa nyerna adegan gitu aja ga bisa hadeh

      Hapus
    3. Gagal paham hehe..

      Hapus
    4. Gagal paham si empunya komen

      Hapus
    5. wah, kak anon penerjemahan makna nya luar biasa. saya salut hahaha keren banget, bawa ke dunia nyata dan jadilah, setelah baca komentar kk hati saya puas. two thumbs up!!

      Hapus
  33. Mau nanya nih,
    1. Waktu Louise masuk ke pesawat aliennya dan ketemu Castello, apa maksud dari omongan Castello kalo si Abbott sedang sekarat?
    2. Jadi di masa mendatang, Louise sudah mengajarkan teori dan bahasa alien ke masyarakat? (Kelihatan dari adegan2 Louise mengajarkan bahasa tinta lingkaran merah dan background waktu Louise ngomong sama Jendral Shang)
    3. Gunanya bawa burung waktu ketemu alien di awal2 buat apa ya?

    Thankyou!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya nangkepnya Abbot sekarat karena pesawat mereka dibom.
      2. Yap. Tapi belum tentu benar-benar menguasai, kayaknya proses manusia sampai bisa beneran lancar bahasa alien masih lama...
      3. Untuk mengetahui apakah atmosfer / udara aman atau tidak untuk manusia.

      Hapus
    2. Kalau tidak salah itu burung parkit. Para penambang batu bara pada jaman dahulu sebelum diciptakannya alat ukur kadar kimia dalam udara yang portabel, sering menggunakan burung parkit untuk mendeteksi kadar racun dalam gua tambang. Kalau burungnya mati berarti kadar udara beracun dalam gua tambang sangat tinggi, dan diantara semua hewan semisal tikus, anjing atau kucing, burung parkit adalah yang paling akurat dalam mendeteksi kadar kimia dalam udara.

      Hapus
    3. Kalau tidak salah itu burung parkit. Para penambang batu bara pada jaman dahulu sebelum diciptakannya alat ukur kadar kimia dalam udara yang portabel, sering menggunakan burung parkit untuk mendeteksi kadar racun dalam gua tambang. Kalau burungnya mati berarti kadar udara beracun dalam gua tambang sangat tinggi, dan diantara semua hewan semisal tikus, anjing atau kucing, burung parkit adalah yang paling akurat dalam mendeteksi kadar kimia dalam udara.

      Hapus
  34. Apakah akan ada kelanjutan filmnya?, mungkin alien2 itu ngasih ilmu mereka, jadi di film ke 2 ntar manusia membantu alien2 itu, mungkin ada perang bintang 3000 tahun lagi

    BalasHapus
  35. Saya lebih setuju kalau di film ini, sang sutradara juga ingin menjebak penonton supaya alien dipahami sebagai "kata benda" melulu (obyek=alien). Jadi para pemirsa makin bingung.
    Mungkin esensi film ini akan mudah dicerna kalau Alien di film ini dipahami sebagai kata Sifat (alien=asing).

    BalasHapus
  36. wow, such a good review! indeed, this movie was so incredible.
    tapi saya masih penasaran soal apa yg sebenarnya dibicarakan Louise ke General Shang (selain soal kata terakhir mendiang istrinya) sampe bikin Shang berubah pikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa banyak yang penasaran, ya? Louise menelpon ingin memberitahu Zhang bahwa dia sudah mengetahui maksud kedatangan alien, agar Zhang membatalkan penyerangan terhadap mereka. Jika ada seseorang tak dikenal sebelumnya menelponmu dan bisa tau hal yang sangat amat pribadi tentang dirimu tentunya kamu akan penasaran dan mulai mendengarkan orang itu

      Hapus
    2. Iya.. saya juga mikir kenapa orang fokusnya ke sini sih.

      Kabarnya sih subtitle untuk kata-kata terakhir istri General Zhang ini udah disiapin, tapi trus pas proses editing dicut. Saya pikir juga ga terlalu relevan sama inti ceritanya

      Hapus
  37. Asli mindlowing banget baca review sama komentar komentar nya tapi emang gak nyesel nonton arrival ini 30 menit pertama sempet bosen karena keliatannya berjalan konstan aja eh pas di ending bener bener bikin nyeri perut, kacau kerennya makasih yaa udah review film dan yg buat komen jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari awak saya sudah penasaran sama film ini, menit pertama sampai terakhir otak saya berusaha untuk mencerna apa arti dari tulisan2 itu, sampai akhirnya otak saya KRAM!

      Hapus
  38. ooh iya kenapa ya kok alien yg diceritain berjumlah 2? ada artinya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kalo 10 pesawatnya ga cukup.. haha

      Hapus
    2. kalau ada 3 berarti satunya setan dunk? hahaha

      Hapus
  39. Alien Abbot knp bisa mati yak, padahal sdh bisa melihat masa depan.apa Abbot menerima takdirnya hehehe rada bingung dah...

    BalasHapus
  40. Alienya ngajarin manusia lihat masa depan, akibatnya louise gagalkan serangan terhadap alien,
    Apa itu bukan tindakan melawan takdir ?

    louise gak mau rubah takdirnya stelah tau takdirnya akan menyakitkan,
    Sementara dia udah merubah takdir para alien itu sebelumnya dengan menggagalkan serangan, mungkin louisenya amnesia sejenak x ya 😁 ..

    Ian baru di ceritain saja masa depanya sudah nyerah berarti tidak berani mnerima kenyataan ya si ian 😂 suami macam apa itu ninggalin binik ngurusin anak sakit smpe mati, terlalu

    Alien mnta bantuan manusia 3000 thn lagi, brarti alien udah tau bakalan ada seauatu yg menimpa mereka 3000 thn lgi, pertinyiinyi.. Kenapa mereka minta bantuan,sementara mereka bisa merubahnya sebelum itu terjadi.?

    Konsep takdir yang seperti apa ya dalam film ini ?

    Atau film ini bukan bicara soal takdir?

    Jika masa depan bisa dilihat bukan tidak mungkin juga bisa dirubah kan guys..

    Lumayan lah ni film, bukan twist tapi rasa twist 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sy sih justru alien tahu masa depan maka mereka kembali kemasa lalu untuk bertemu louis untuk merubah masa depan krn ada perbedaan waktu didunia alirn dan dunia manusi. Bisa jadi dunia alien 1 jam sementara itu didunia manusia 3000 tahun om

      Hapus
    2. Ya mgkin saja gan
      Tp yg sya tanya ini film tentang apa 😂

      Hapus
    3. waktu d film arrival konsepnya sirkular gan, jadi g bisa d rubah.

      Hapus
    4. Klw gk bsa dirubah tpi louisenya sndiri scara tidak langsung sdah mrubah takdirnya para alien, dgn menggagalkan serangan jndral chang,lwat bayangan masa depannya.
      Berarti takdir bsa dirubah kan gan 😂

      Hapus
    5. takdir yang dilihat louise adalah louise menikah sama Ian, jadi dosen yang ngajarin bahasa alien (sirkular) trus melihat anaknya terkena kanker. so, there is no war between alien and human. dan berarti takdir yang seharusnya bukanlah perang, tetapi adalah kedamaian. jadi tindakan Louise yang merubah pikirang J.Chang adalah benar, karena itu mengikuti takdir.

      Hapus
    6. Mas Muhammad benar
      Louise tidak merubah takdir, tapi memanfaatkan diri dia di masa depan untuk mencari tau harus seperti apa ?
      seperti:
      - Bertanya no hp jenderal zhang
      - Bertanya apa yang dikatakan dia untuk meluluhkan jendral

      begitu

      Hapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Saat scene louise ngobrol sama jendral zhang , dan jendralnya ngomong kalau si louis hubungin dia lewat private numbernya , disitu ko si louise rada bingung kaya kelupaan gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna pd saat itu louise present sedang mengalami vision (melihat masa depan) jd bingung.. makanya dia pas nelp bingung mau ngomong apa ke si zhang.. beberapa menit dpt vision lg.. brulah ngomong kata2 istri zhang...

      Hapus
    2. Karna pd saat itu louise present sedang mengalami vision (melihat masa depan) jd bingung.. makanya dia pas nelp bingung mau ngomong apa ke si zhang.. beberapa menit dpt vision lg.. brulah ngomong kata2 istri zhang...

      Hapus
    3. Disitulah terjadinya time paradox. Louise yg skrg gatau nomornya shang, tp dikasih tau di masa depan. Dan krn dia bisa liat masa depan, maka Louise yg skrg jd tau nomornya si shang.

      Hapus
    4. Ge benar sekali
      seperti penjelasan saya diatas
      memanfaatkan masa depan untuk mencari petunjuk untuk di masa sekarang

      Hapus
  43. Ini film emang jenius masterpiece gaya dennis villenuve banget,seperti film" terdahulunya incendies,enemy,prisoners.
    Tapi kalo menurut ane ini film agak mirip" film MR Nobody storylinenya mirip banget kalo yng belum nonton MR Nobody Coba deh tonton filmnya

    BalasHapus
  44. Ulasannya sangat cerdas... Terimakasih

    BalasHapus
  45. Pemerintah cina itu ngomng bahasa cina sma dr luise. Ngomng apa y? Sampai2 cina tidak jadi menyerang dan bagi info ke negara lain. Lihat streaming di web nya g ada translatenya. Hehe.

    BalasHapus
  46. Kemana pergi n tu pesawat alien .

    BalasHapus
  47. Cuma mau nambahin soal kenapa ada 12 pesawat luar angkasa..itu mengacu ke 12 jarum jam yang biasa ada di jam analog (jam dinding/jam tangan).Itu analogi dari waktu. Makanya bentuk pesawatnya juga memanjang kyk jarum jam, hehe. Baru sadar juga setelah beberapa lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah menarik juga. Saya ga kepikiran sampai situ :)

      Hapus
    2. hmm, bener juga
      terus kalau menurut mas fauzan dan mbak niken kenapa pesawat aliennya tengkurep?

      Hapus
  48. merinding saya, nonton film dulu, pas ada yang ga dipahamin baru liat ginian, etttt makin merinding asli. Btw penjelasaan rincinya yang si louise ketemu jendral cina itu dialognya sangat sangat bikin saya penasaran!!!!!!!!!

    BalasHapus
  49. Yang bikin ane merinding itu pada saat louise dkk masuk ke kapal aliennya,backsound nya mendukung banget

    BalasHapus
  50. best movie ever yg pernah gw tonton, di ending entah gw mewek T_T

    BalasHapus
  51. difilm ini masa depan tdk dpt diubah terbukti anak luise tetap saja mati dimasa depan. lalu aku untuk apa alien ngasih pebgetahuan mengendalikan waktu? kenyataannya kan tdk bs dikendalikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emh.. maksud saya di sini Louise "menerima" takdir di masa depannya.

      Hapus
  52. yg bikin saya sedih tuuuuh...


    ga bisa liat ending gara2 kaset dvdnya ngehang :(

    BalasHapus
  53. wah ini film bener2 gila.. suka bgt film kayak begini.. seperti film wachowski brothers (the matrix, jupiter ascending, cloud atlas) sempet bingung sama arrival ada penjelasan begini bikin mata melotot. dan cuma bisa bisa bilang ini sutradara gila bener punya ide sejauh itu.. salut

    BalasHapus
  54. sedikit berspekulasi..kedatangan alien salah satu tujuannya adalah memberi bahasa universal, yang artinya akan ada 1 bahasa yang dimengerti oleh semua manusia. sebagai umat kristiani yg saya tahu moment pengacauan bahasa sehingga manusia tidak saling mengerti adalah ketika pembangunan menara babel, Tuhan mengacaukan bahasa manusia karena manusia hendak mau melawan Tuhan dengan membangun menara setinggi2nya untuk bisa melihat Tuhan dan itu dianggap sebagai wujud menentang Tuhan. saya berpikir kedatangan alien ingin mengembalikan kesatuan bahasa supaya manusia bisa kembali melawan Tuhan. dan mungkin maksudnya membutuhkan bantuan manusia adalah untuk melawan Tuhan. pertanyaanku, apa agama penulis cerita ini?

    BalasHapus
  55. big applause harusnya juga ditujukan ke Ted Chiang penulis cerita asli film ini

    BalasHapus
  56. thanks min...finally i got the point..
    habis nonton filmnya tapi ngga ngeh banget endingnya...

    BalasHapus
  57. Review yang menarik,

    tulisan si heptapod yang selalu tidak berbentuk lingkaran penuh (selalu ada bagian yang putus) dan ada bagian" yang abstrak juga menarik untuk didalami

    hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berusaha memahami lingkarannya, tambah lama tambah RUSAK otak saya hahahhaa

      Hapus
  58. Maksud dari judul filmnya ada yg tau tidak? "Arrival" . ataukah kedatangan dari alien? Gift? Arti dari takdir?

    BalasHapus
  59. Dari awal filmnya emang udah menarik. Yg bilang awal"an filmnya membosankan, salah besar.

    Gak nyangka bakal "nyentuh" tentang hal berbau waktu..

    Yang bkin aneh sh (mungkin sdikit dipaksakan), pas "pesawat" itu meninggi, dan menurunkan "pesawat kecil" utk membawa louise ke atas. Selebihnya pas baca review ini jadi semakin jelas. intinya sh lebih ke drama antar ibu dan anak.

    BalasHapus
  60. Dari awal filmnya emang udah menarik. Yg bilang awal"an filmnya membosankan, salah besar.

    Gak nyangka bakal "nyentuh" tentang hal berbau waktu..

    Yang bkin aneh sh (mungkin sdikit dipaksakan), pas "pesawat" itu meninggi, dan menurunkan "pesawat kecil" utk membawa louise ke atas. Selebihnya pas baca review ini jadi semakin jelas. intinya sh lebih ke drama antar ibu dan anak.

    BalasHapus
  61. Judulnya itu loh yang buat pikiran orang jadi bercabang-cabang haha

    BalasHapus
  62. Appreciate alot, overall sama dengan apa yg saya pikirkan tentang film ini. Tp ada satu hal yg sangat mengganjal, yaitu, hadiah apa yg "alien" kasih ke manusia (untuk menolong alien tersebut 3000 tahun kemudian)? Apa hanya "cara menafsirkan waktu"?

    Regards

    BalasHapus
  63. Baru aja nnton ni film en iseng liat komen di internet, yg disayangkan sayang banget si Louise terima takdir yg dia uda tau, kalo saya sih, kalo uda tau mending di rubah (yg cerita dia punya anak kena kanker) haha, overall emang keren

    BalasHapus
  64. akhirnya nyari penjelasan bahasa indonesia nemu terimakasih buat yg dah translatein. soalnya sy baca dr 3 web inggris masiih bingung wkwk

    BalasHapus
  65. Film kereen juga sih.
    Emang udah curiga dari awal soal koq si dokter yg tau2 punya anak...kayaknya om sutradara mau 'twist' pikiran penonton dari awal...eh ternyata betul..itu penglihatan utk masa depan si bu dokter.
    2. Ini yg jd bikin aneh(utk film2 yg versi amrik)... ada 2 org berlainan jenis,kerja intens lama2..dan jauh dari siapa2..bujang pula..koq ga pada 'gatel' ya....hahhahaha..
    padahal klo kebiasaannya film amrik sono...klo udah intens berdua gini...paling ga ada scene ciuman ato 'hoho-hihi' di kasur....
    Eh ga taunya...nikah jg mereka
    3. Itu kenapa pake pembatas kaca ya..antara alien n human...apa gara2 atmosfernya beda? Trus si alien buka pintunya lama amir..sampe 18 jam euy...
    4.oh yaa ..itu yg jd alien cewe nya yg mana ya.?

    BalasHapus
  66. ini ceritanya sederhana kok..
    jadi alien itu si hextapod yang datang 24 alien dan 12 kapal telur aneh itu..
    mereka adalah MUTASI dari MASA DEPAN..
    cerita ini mengambarkan nanti di masa depan.. akan ada tehnologi yang membuat manusia itu tidak TERJEBAK DALAM WAKTU..
    nah tehnologi masa depan itulah yang akan menolong kita manusia yang sekarang ini untuk bisa bermutasi sesuai dengan kejadian masa depan..

    Jadi semua seperti putaran (dalam bahasa hextapod tadi)
    bahwa masa sekarang mempengaruhi akan terjadinya masa depan, tetapi masa depan juga mempengaruhi masa sekarang... masa depan membantu masa sekarang supaya masa depan menjadi masa depan yang sempurna... (bingung gak lo) hihihi...

    jadi gini loh secara kasarnya anggap kita manusia di film itu.. kita nanti karena bantuan alien masa depan tadi akan mendapat karunia yg disebut gift tadi... yang bila kita pelajari dan kembangkan kita akan mampu membuat masa depan itu tidak terbatas soal waktu..
    nah masa depan yang mampu mengatur waktu adalah berkat hasil dari kita di masa sekarang yang di beri gift dari masa depan jadi semua seperti berhubungan.

    Itu juga nyindir soal ketidakmengertian kita..
    (pembuat fimn barat itu kemungkinan terpengaruh kitabnya) kita (misalnya orang kristen) dalam pemahaman orang kristiani, kita nanti akan ada 24 tua tua.. dari masing2 12 mereka berasal dari allah atau surga..
    nah dalam cerita fiksi ini dikatakan allah/malaikat/ para tua tua surga.. kemungkinan adalah mahluk asing hasil dari masa depan.. yang membantu kita membentuk masa depan...
    Jadi seperti circle..

    Gambarannya gini.. (misalnya yak gambaran kehidupan)

    Penciptaan (dueer big bang atau apalah bebas) - hewan bersel satu - manusia - manusia masa depan - manusia super masa depan - super dupernya super yg bisa menguasai segala dan waktu - dewa - nah dewa ini kemudian menciptakan penciptaan kembali ke awal..

    Dalam prosesnya manusia sampai jadi yg selanjutnya itu memang di bantu tokoh masa depan, misalnya manusia super masa depan si hextapod ini yg bisa mati dan mengorbankan nyawanya untuk memberi karunia sama manusia..|Kira kira gitulah kalo dewa/tuhan dipandang dalam segi alien atau mahluk asing..

    Maaf kalo tambah bingung wkwkkwkw

    BalasHapus
  67. contoh masa depan membantu masa sekarang.. louis dalam film tersebut dapat melihat masa depan dimana dia berbicara dengan jendral shang.. nah karena dapat dari masa depan maka dia bisa membantu keadaan masa sekarang sehingga kapal alien tidak jadi diserang..

    nah kapal alien masa depan itu tidak terbang tetapi menghilang karena kapal itu bukan berasal dari masa sekarang.. makanya tidak ada yang tersisa..

    jadi dari sedikit ilmu hanya melihat masa depan saja bisa mengubah masa sekarang... apalagi kalo masa depan benar2 menjadi sesuatu dimana waktu adalah seperti lingkaran... nah pengetahuan untuk melihat masa depan ini akan berguna di 3000 tahun lagi.. dimana manusia bisa melihat bagaimana caranya membuat alat untuk pindah ke dunia tanpa waktu.. dimana keturunan atau mutasinya akhirnya semua mempunyai cara pandang yang berbeda tentang waktu.. jadi mirip gurita semua.. pintar cerdas, berumur sangat panjang.. kayak hextapod itu...

    BalasHapus
  68. ini film cukup mmbingungkan pd awalnya..tp udah sempat nebak sih klo endingnya bakal keren..

    gw ada prtanyaan nih guys..ARRIVAL DAN INTERSTELLAR mana yg lbh bikin pusing jln ceritanya..??!

    btw ini film ratingnya di Imdb.com lumayan tinggi jg..SALUTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat gw sih Interstellar lebih bikin pusing. Pas tokoh utama jatuh ke black hole dan jd makhluk dimensi 5, bisa ke masa lalu dan tau2 nongol di masa depan, itu kacau banget menn. Haha

      Hapus
    2. interstellar sebenarnya seru
      filmnya bikin mikir banget
      walaupun kaya gak jelas
      tapi seru
      pusing juga

      Hapus
  69. Wah thanks banget mbak niken atas penjelasannya!

    BalasHapus
  70. Abbot mati kenapa ya?

    BalasHapus
  71. Yang buat saya kurang srek di film ini, sutradara membuat scene awal seakan akan flashback, plus karakter louis yang lesu seperti seseorang yang pernah mengalami tragedy dalam hidupnya. Padahal tragedy yang akan menimpanya baru akan terjadi di masa depan.
    Villenuve terlalu memaksakan penonton agar terlarut, dab menganggap kematian anaknya adalah flashback. Clue palsu di awal membuyarkan konsentrasi saya

    Sedangkan Interstelar sbgai film yg kategorinya hampir mirip, clue tentang hantu di rak buku jelas dan tidak menipu interpretasi kita.

    BalasHapus
  72. Mau nanya, pas louise mau memecahkan kode sandi yang banyak(yg dikasih saat pemboman) kok si louisenya nyari informasi dari buku yg udah ada logo bahasa aliennya dan ada kutipan "untuk hannah",
    Apakah buku itu sudah ada sebelumnya ?
    Soalnya pas di baca itu buku, kejadiannya masih di waktu dan lokasi alien tsb turun, dan ada Ian juga disana..

    BalasHapus
  73. Kalau gak salah ada yg si Louise tiba2 terpikir tentang masa depannya, terus dia ngomong akhirnya tau kenapa suaminya ninggalin dia. kan itu si Ian denger, terus kaget ternyata dia sudah punya suami. si Ian gak bingung apa?
    btw blog Anda sangat membantu buat yang pusing dengan filmnya. nice.

    BalasHapus
  74. menurut ane si louise mau ngerubah masa depannya cuman di satu hal,yaitu gak mau memberi tahu si ian dia bisa melihat masa depan

    BalasHapus
  75. Menurutku, membantu manusia dimasa lalu adalah sekarang, para alien menawarkan senjata, senjata sendiri yang dimaksut adalah ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan. Pada 3000thn mendatang manusia sudah sangat maju dalam segala hal. Bahkan waktu sendiri bukan lagi batasan. Tapi dari sekarang, manusia harus belajar memecahkan arti dari bercak hitam yang banyak bahkan perlu waktu tahunan untuk mempelajarinya.

    Mereka membantu kita dimasa lalu(sekarang). Kita membantu mereka dimasa depan (3000thn dari sekarang)
    Artinya. NON ZERO SUM GAME.


    arrival menit. 01.20.20-01.24.25

    BalasHapus
  76. Hallo mba Niken mau tanya, ada scene pas Louise tiba2 lihat buku "universal language" yg di tulis sama dia dan di bagian depan buku ada tuisan to : "hannah" dan scene itu di bikin di "masa sekarang" nya Louise yang bikin dia akhirnya mudeng akan maksud kedatangan alien. Nah saya bingung koq itu buku udah ada di tangan Louise di "masa sekarang" seharusnya kan buku itu adanya di "masa depan" disaat Louise udah berhasil pecahin bahasa alien dan bikin negara2 lain bersatu. Agak bingung saya di scene itu aja mba, minta tolong dibantu penjelasan nya biar bisa tidur nyenyak n gak penasaran lg hehehe.. makasih sblm nya mba Niken..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya itu scene di masa depan deh.. jadi Louise semacam dapet kilatan bayangan dari masa depan :)

      Hapus
    2. iya saya pikir itu juga scene dimasa depan, soalnya itu kilasan louis utk memecahkan kode2 alien yg banyak2 itu loh

      Hapus
    3. itu buku dari masa depan, louise melihat pecahan masa depan mengambil buku untuk membaca kode bahasanya

      Hapus
  77. Setelah sampai pada scene penerjemahan tulisan alien, baru berasa film nya keren. Gak pernah kepikiran sebelumnya hanya dengan satu coretan bisa menyampaikan informasi banyak hal, kaya tukarang ramal yg biasa baca tandatangan si louise

    BalasHapus
  78. yang saya tidak setuju hanya kata2 "tidak ada awal tidak ada akhir"..karena bahasa manusia itu terbatas...mungkin lain kali ada kata2 yang lebih tepat untuk menjelaskan waktu yang masih misteri,walaupun louise sudah bisa melihat waktu yang sirkular..tetapi dia juga masih percaya waktu itu paralel ''If you could see your life from START to FINISH''how mbak niken?

    BalasHapus
  79. Persepsi saya, Alien adalah sebuah kesadaran pada diri manusia dari sebuah pengalaman yang telah dialami..Anggap alien adalah time traveller, Alien yang telah mengetahui kejadian 3000thn yang akan datang, kembali ke masa lalu untuk memperbaikinya dan menyadarkan manusia

    dalam konsep waktu alien, waktu itu sirkular dan konsep waktu manusia, waktu itu linier..

    jika kita menggabungkan konsep tersebut, menjadi waktu itu spiral..spiral jika dilihat dari satu sisi atas atau bawah secara 2 dimensi, itu adalah sebuah lingkaran dan jika dilihat secara 3 dimensi, kita sadar itu adalah sebuah garis linier yang mempunyai awal akhir..

    waktu memang terus menua (linier), namun sejarah bisa terulang kembali (sirkular)..terlepas dari romantisme, pada film ini menyuruh kita untuk belajar dari masa lampau dan menerima takdir yang telah ada di depan mata

    yang saya masih belum paham, kenapa luise di masa depan saat bertemu dengan zhang masih bingung dan seperti kikuk?hehe..padahal udh tau bakal terjadi..apakah lupa y?

    Thx.. :)

    BalasHapus
  80. yang dikreditkan dalam Film ini ga hanya Villeneuve saja,namun Eric Heisserer yang bertindak sebagai Penulis Skenario,yang mampu "menetaskan telur" dari Cerita pendek Ted Chiang.Skripnya yang saya sudah baca dan sangat Wonderful sampe dinominasikan Adapted Screenplay Oscar tahun ini.

    BalasHapus
  81. Barusan nonton film ini dan makin ngerti setelah baca postingannya niken. Tks!
    https://yogaprakosoid.wordpress.com/category/ulasan/buku/

    BalasHapus
  82. So, at the end, louise never told donelly that she can see a future? Or donnely never realize it?

    BalasHapus
  83. Jadi kalo belajar bahasa heptapod kita bisa tau masa depan?
    Ada scene yg menggambarkan Louise mengajarkan bahasa heptapod ke mahasiswa? Berarti semua orang akan bisa tahu masa depan?

    BalasHapus
  84. Yang Buat Gw Bingung Setelah Perang dibatalkan kenapa pesawatnya tiba"lgsg Ngilang? Trus mau tanya juga nih yg bikin mba nangis itu di bagian yg mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian drama kehidupan Louise mas...

      Hapus
  85. Million thanks for you, thor. Author.
    And also for comments above which are give me motivations.
    Would you mind if I add some of my own ideas?
    Well, kalo boleh...

    Bahasa.
    Di film ini, yg saya ambil pertama kali hikmahnya adalah bahasa. Bukan waktu, bukan hadiah, bukan senjata, bukan penyakit dan bukan alien beserta coet terbangnya meskipun semuanya saling berkaitan satu sama lain.
    Maap, menurut saya dijaman sekarang ini bahasa menjadi salah satu senjata pemicu perang, lagi. Hoax, fitnah, doktrin dll yang memicu perang sehingga bertebaran dimana2. Mungkin hal2 tersebut bisa diredam dengan adanya bahasa universal yang tidak hanya dipelajari dan dipakai oleh manusia di bumi melainkan dipakai oleh seluruh alam semesta.
    Who knows?
    Dari mulai berinteraksi dengan alien melalui simbol, menggunakan gerakan, perilaku, menyimpannya lalu diolah sehingga membentuk sebuah bahasa yang utuh agar bisa berkomunikasi dengan baik. Bahasa yang berujung kepada kebaikan.
    Sampai pada akhirnya film ini diakhiri dengan bahagia hanya karna terucap satu kalimat yang menjadi bagian dari bahasa.

    So, semoga kita berperilaku baik disertai dengan berbahasa yang baik dimanapun kita berada.

    BalasHapus
  86. this the the best review of arrival i've ever read

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Arrival filem yang bagus dan menarik. Ternyata yang menang. Moonlight: Best Picture - Oscar 2017

    BalasHapus
  89. Film ini menurut saya intinya di ending :
    + Dr. Louise Banks: If you could see your life from start to finish, would you change things?
    + Ian Donnelly: Maybe I would say what I felt more often. I don't know.

    dari dialog diatas ingin menyampaikan seandainya anda tahu tentang masa depan (waktu), silahkan anda putuskan sendiri (inti dari jawaban ian)

    tetapi film ini ada penekanan untuk ke arah positif yang mana kita harus mengambil keputusan tepat untuk membuat kehidupan yang lebih baik.
    1 ketika menghentikan perang dengan menghubungi jend. zhang
    2 Menyatukan dunia dalam 1 bahasa agar semua orang mengerti
    3 ketika sudah tahu anaknya bakal susah tp masih mau nikah, akhirnya dibenci dan dicerai suami (ini kan mementingkan nafsu maksudnya)

    syndrome sapir-whorf ini menurut saya pembuat film menyatakan cara tercepat louise belajar weapon/gift dari alien (menguasai perjalanan waktu)

    Hipotesis Sapir-Whorf adalah sebuah pernyataan dalam teori linguistik relativitas yang mengatakan bahwa ada hubungan kuat antara bahasa, budaya, dan pikiran seorang penutur. Lalu, dalam proses berbahasa, terbukti bahwa kondisi dan kebudayaan seseorang sangat mempengaruhi bahasa yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Pola budaya suatu masyarakat, menurut hipotesis ini, mampu mengkonstruk klausa sehingga memberikan variasi informasi dan kesantunan suatu bahasa. Hipotesis ini didasari oleh penelitian Edward Sapir dan Benjamin Lee Whorf terhadap suku Hopi di Afrika.(sumber : Wikipedia)

    BalasHapus
  90. Saya awal kira, film ini awalnya sci-fi . Tapi setelah nonton, rasanya saya kayak dijebak gitu deh :D. Jadi intinya, ni film lebih ke drama dan alien yg digambarkan seakan hanya penghantar agar intinya bisa dapet. Saya sangat senang dengan filmnya. Menjebak dan dalam maknanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. lebih ke thriller daripada action. Sedikit kejutan memang buat penonton awam :)

      Hapus
  91. Yang masih bikin saya bingung knp louise kayak vision ttg masa depan itu malah yg mmbntu dia di present/masa skrg dan malah pas yg adegan sama general zhang di masa depan dia malah keliatan bingung & gak ingat masa laluny prnah nelpon jendralny?? Jd di film ini bkn masa skrg yg menetukan masa dpn tp kebalikannya ya?

    BalasHapus
  92. Yang masih bikin saya bingung knp louise kayak vision ttg masa depan itu malah yg mmbntu dia di present/masa skrg dan malah pas yg adegan sama general zhang di masa depan dia malah keliatan bingung & gak ingat masa laluny prnah nelpon jendralny?? Jd di film ini bkn masa skrg yg menetukan masa dpn tp kebalikannya ya?

    BalasHapus
  93. Barusan nonton, tapi karena di split mulu u/hemat waktu jadi agak bingung alurnya. Habis baca disini jadi mudeng. Terimakasih juga.... Baru kali ini nonton film kayak maen puzzle.hehehehe...

    BalasHapus
  94. persis sama seperti dugaan gua, gua termasuk telat.. baru nonton barusan :))
    yang menarik sebenarnya masalah waktu, hampir mirip dengan interstellar, kedua film sebenernya nunjukin kalo waktu itu bisa jadi berupa "dimensi" lain, susah ngejelasinnya secara bahasa gue yg terbatas hehe... intinya waktu bisa jadi dilihat, diraba dan diterawang (kyk duit :D).
    jadi sebenernya bisa menjelaskan hal lain.. misalnya takdir. karena sebenernya menurut kedua film itu, waktu itu lebih kyk buku/novel, sudah tertulis (takdir), tapi bagi yg menulis novel/menguasai waktu (karena gue beragama; tuhan), waktu bukan misteri karena semua kejadian itu sudah tertulis,cuman bagi kita, tokoh2 dalam novel, kita belum tau halaman berikutnya kita jadi apa..
    haha ngelantur bgt gue.. bye

    BalasHapus
  95. Suka sekali film ini, terimakasih penjelasannya:)

    BalasHapus
  96. Aku ko berpikir gini ya.. tu sutradara lagi dapat hidayah dan bikin film ini.

    "Syndrome Sapir-Whorf : kemampuan berpikir manusia dipengaruhi oleh bahasa. "

    Dia ingin warga sono mempelajari bahasa arab sehingga mereka dapat membaca dan menggali ilmu dari Alquran yang berguna bagi alam semesta sekarang bahkan hingga 3000 tahun lagi.
    Sutradara ingin warga sono jangan langsung menghakimi islam dari kabar media saja,,tp coba di dekati dan pelajari bahasa dan ilmu mereka.

    itu pikir ku sih.

    BalasHapus
  97. Mohon pencerahannya, ada satu hal yang ingin saya pertanyakan. Apakah penglihatan masa depan (vision) yang didapat Louise adalah sebuah anugerah atau gift(pemberian) dari alien. Jika itu merupakan sebuah pemberian (gift) mengapa jauh hari sebelum bertemu dengan alien Loise sudah melihat masa depannya (vision) seolah-olah waktu bersifat non-linier paradoks seperti film Predestination. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adegan di awalnya cuma sekedar "penipuan" dan merupakan semacam narasi Louise bercerita tentang hidup doi.. adegan awal merupakan penipuan supaya kita mikir bahwa itu masa lalu Louise. Tapi plot ceritanya mulai start pas Louise ngajar di universitas..

      Hapus
  98. Btw makasih ya. Gara2 liat ulasane ini aku jadi ngeh sama filmnya. Tapi aku masih bingung apa maksut si aliennya ngajarin mereka bahasa mereka. (Sebagai hadiah katanya) tapi itu artinya kalok semua atau orang2 yg memahami bahasa mereka itu artinya semua bisa liat masa depan mereka juga? (Soalnya ada adegan luise itu ngasih kuliah tentang bahasa universalnya)
    Sebenernya iya sih ini bukan inti ceritanya. Kkkk tapi sumpah keren bgt penulisnya. Suka banget sama filmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si alien bakal minta pertolongan sama manusia di masa depan. Pertolongan apa? nggak dijelaskan, and that's not the point.

      Hapus
  99. Ternyata pemikiran kita sama :D . Ngliat anak kecil ngmbar ayah & ibunya sama burung, lgsg kepikiran bahwa itu masa depan, bukan masa lalu.

    BalasHapus
  100. Ternyata pemikiran kita sama :D . Ngliat anak kecil ngmbar ayah & ibunya sama burung, lgsg kepikiran bahwa itu masa depan, bukan masa lalu.

    BalasHapus
  101. sekarang udah mengerti deh film ini , THANKS

    BalasHapus
  102. Sankyu baru ngeh ceritanya, dan baru tw arti dari yg ngemeng pake bahasa cina itu, tuh paling ganjel karna subnya gx ada wkwkw

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  104. Minta bantuan apa?jgn jgn ada part 2 nih buat nungkapin maksud si costello(alien)

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's not the main point from this movie.. saya sangsi bakal dibikin sekuelnya :)

      Hapus
  105. Film ini ada makna terselubung dimana menjelaskan konsep agama tertentu. Tiada awal dan tiada akhir. Coba googling sendiri aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga sempat berpikir ke arah sana. Menarik bahwa manusia punya konsep mengenai waktu yang berbeda-beda...

      Hapus
  106. menurut saya: di scene awal itu si ibu guru dah liat masa depan n bingung n tubuhnya masih belum kuat (belum terbiasa) makin hari makin banyak liat penglihatan dia (makin drop juga) sering scene geter2 tgn dia, dia itu belum menikah n punya anak....ada scene bialng suami? si ian bingung;"suami?" so waktu di sini dijelaskan sama kaya di interstellar. bukan linear kita bisa dr ujung sana ntar pelan ke ujung satunya lagi yg harus kita ikutin pelan (kita tunduk ma waktu). tpi waktu disini sangat pendek dan bisa dilrasain sekejab ma bu guru (karena dah nguasai bahasa alien yg mengandung rumus waktu) jadi sekejab dia bisa merasa di masa depan sekejab balik lagi. kompleks sih tpi ya gitu deh.... sesudah itu mereka nikah punya anak ..hidup dijalanin biasa saja ma ian dan anaknya tpi engga ma si bu guru, dia tau dia bakal nulis buku dia tau dia bakal punya anak, sakit, dll dr awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scene awal cuma merupakan bagian dari narasi Louise bercerita tentang hidupnya. Plot cerita dimulai dari saat Louise ngajar di kelas.. setelah itu kalo ada adegan masa-depan baru itu merupakan "penglihatan" mimpi si Louise..

      Hapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!