Penjelasan Ending Film Hereditary (2018)


* SPOILER ALERT *

Disebut-sebut sebagai salah satu film horror terseram tahun ini (atau bahkan satu dekade ini), feature film pertama dari Ari Aster - sutradara yang masih berusia 31 tahun - berjudul Hereditary ini sukses mencuri perhatian kita semua. Ga cuma seram aja, tapi Hereditary menawarkan pengalaman nonton tidak biasa, terutama untuk orang Indonesia yang terbiasa menonton film-film horror mainstream yang biasa tayang di bioskop Indonesia, seperti The Conjuring universe. Kemungkinan, banyak di antara kalian yang habis nonton ini bengong karena ga nyambung. Jadi saya akan coba bantu menjelaskan berikut ngasih sedikit sudut pandang, from my own perspective. Anyway, berhubung saya baru nonton sekali - jadi kemungkinan besar tulisan saya di bawah ini ga bakalan 100% benar. Mohon koreksinya di kolom comment yes. 

THE PLOT

Hereditary bercerita tentang Annie Leigh (Toni Collette), seorang miniaturist artist. Ia tinggal bersama suaminya Steve (Gabriel Bryne), anak pertamanya Peter (Alex Wolff) dan anak keduanya, Charlie (Milly Saphiro). Film dibuka dengan kematian ibunda Annie, Ellen. Dalam eulogi yang dibacakannya saat pemakaman ibunya, Annie bercerita kalau ia sulit memahami ibunya dan ibunya punya kehidupan privasi yang misterius. Lalu di sebuah forum supporting group, Annie cerita juga kalau ia punya keluarga yang disfungsional: udah ibunya aneh gitu, ayahnya kena gangguan jiwa dan meninggal karena mogok makan, sedangkan kakak lelakinya meninggal bunuh diri saat masih usia 16 tahun karena schizophrenia. Annie sendiri juga cerita kalau ia dan ibunya punya hubungan yang kurang baik, yang bikin pada mulanya ia menjauhkan anak pertamanya Peter dari sang nenek. Namun kemudian ia berusaha menjalin "silaturahmi" lagi sejak kelahiran anak keduanya, Charlie. Hingga si Charlie pun jadi anak kesayangan sang nenek. 

Sejak kematian sang nenek, terjadi kejadian-kejadian aneh dan tragis di keluarga mereka. Sang ayah ditelpon pihak makam yang bilang ada masalah dengan makan neneknya, sang ibu, Annie, melihat penampakan sang nenek di rumah, dan Charlie makin murung dan aneh karena merasa kehilangan sang nenek - ia memotong kepala burung, bikin mainan-mainan ga jelas, dan lihat penampakan nenek di belakang rumah. Puncaknya adalah ketika Peter dipaksa ngajak Charlie ke pesta temannya. Karena sibuk ngeganja, Peter ga sadar kalo Charlie makan coklat yang ada kacangnya dan bikin alerginya kumat. Pas cepet-cepet nganterin ke rumah sakit, di tengah jalan mereka kecelakaan... yang bikin Charlie meninggal dengan cara mengenaskan.

Keluarga mereka pun ga sama lagi setelah terjadi tragedi ini. Satu-satunya yang masih berusaha rasional cuma sang ayah, Steve. Setelah kejadian traumatis itu, Peter depresi dan stress. Sang ibu, Annie membuat set miniatur kejadian kecelakaan yang menimpa anaknya. Peter dan Annie bertengkar di meja makan - dalam sebuah adegan yang juga sama intensnya dengan adegan horrornya. Annie kemudian bertemu dengan Joan (Ann Dowd) yang mengajaknya main jailangkung-jailangkungan. Hal yang terjadi kemudian malah makin parah. Pas proses pemanggilan arwah di rumah, Annie "kesurupan" Charlie dan bikin si Peter ketakutan. Peter kemudian mulai melihat penampakan arwah Charlie di rumah, sleepwalking Annie kambuh lagi, Annie nemu jenazah membusuk ibunya di loteng rumah, Peter kerasukan sampe pingsan di sekolah, dll. Puncaknya adalah ketika Annie ingin membakar buku gambar Charlie (dengan harapan hal ini akan mengakhiri ini semua), tapi malah suaminya yang terbakar. Peter, yang habis pingsan karena kesurupan, lalu menemukan ibunya jadi hantu spiderman dan menggorok lehernya sendiri. Ngerasa ini hanya mimpi, ia malah ngeliat penampakan sosok-sosok seram di loteng rumahnya - yang bikin ia kemudian melompat jatuh dari loteng. Setelah kemasukan seberkas cahaya misterius, Peter kemudian bangun dan mengikuti jenazah ibunya yang melayang menuju rumah pohon di luar rumah mereka. Di dalam rumah pohon mereka itu rupanya sudah ngumpul pengikut sekte sesat (termasuk dua jenazah tanpa kepala) yang merayakan kebangkitan iblis Paimon - yang tampaknya bangkit dengan memasuki tubuh Peter.
Oh, hey, hey, hey. It's alright. Charlie, you're alright, now. You... are Paimon. One of the eight kings of Hell. We have looked to the northwest and called you in. We've collected your first female body and give you now this healthy male host. We reject the trinity and pray devoutly to you, Great Paimon. Give us your knowledge of all secret things, bring us honor, wealth, and good familiars. Bind all men to our will as we have bound ourselves for now and ever to yours. Hail, Paimon!
SO, WHAT THE HELL IS GOING ON?



Pertanyaan pertama yang menggantung di benakmu mungkin adalah: "Apa yang sebenarnya terjadi?". 

Jawaban sederhana yang bisa saya berikan adalah intinya ini semua karena ulah si nenek yang pengabdi setan.

Jadi, sang nenek ternyata adalah pemimpin sekte pemuja setan. Spesifiknya, iblis yang dipuja adalah Paimon - yang dielu-elukan bangkit lewat tubuh Peter di bagian akhir film. Hal ini bisa dilihat dari album foto sang nenek yang dilihat Annie, dimana salah satu fotonya ada sang nenek "disiram koin emas"oleh sejumlah orang - yang kayaknya anggota sekte laknat itu pula. Pas adegan terakhirnya kita juga bisa lihat ada foto sang nenek yang ditulis "Queen" digantung di rumah pohon keluarga mereka, di dekat tubuh manekin aneh dengan kepala Charlie. Lewat album foto si nenek juga kita juga kemudian diperlihatkan kalo ternyata si Joan (Ann Dowd) ini kenalannya si nenek - dan memegang peran besar di sekte itu. Makanya masuk akal ketika kita tahu keset di depan rumah Joan sama dengan keset yang Annie bilang suka dibikinkan ibunya untuk dia (ada adegan yang memperlihatkan si Annie bongkar-bongkar kardus dan ada keset yang mirip dengan keset punya Joan) - karena emang bener si nenek yang bikin! (Ternyata selain sibuk memimpin sekte sesat, si nenek masih punya waktu untuk bikin keset custom yang lucu). 

Iblis Paimon yang dipuja-puja ini adalah iblis yang membutuhkan tubuh untuk bangkit. Awalnya sang nenek mempersiapkan anak pertamanya sendiri, Charles, sebagai tubuh yang dipersembahkan untuk Paimon. Tapi si Annie bercerita kalau kakaknya ini bunuh diri karena merasa ada orang-orang yang berusaha masuk ke kepalanya. Diagnosanya karena schizoprenia, padahal itu karena ulah si nenek yang jahat. Karena Charles keburu bunuh diri, maka kemudian si nenek ganti target ke cucu-cucunya. Paimon kemudian menyusup ke Charlie, yang mana merupakan anak kesayangan sang nenek dan bahkan sang nenek menyusui si Charlie ini pas jaman Charlie masih bayi. Maka wajar jika di scene awal-awal kita melihat beberapa orang asing tampak senang melihat Charlie. Tapi ternyata Paimon ga puas dengan tubuh perempuan, dan menginginkan tubuh lelaki - maka Peter pun "disiapkan" sebagai pengganti. Sebenarnya dari awal si nenek sudah ngincer Peter untuk disusupin Paimon, tapi waktu Peter masih kecil, Annie menjauhkan Peter dari neneknya sehingga akhirnya si nenek pindah haluan dulu ke Charlie.

Tampaknya, yang sebenarnya terjadi adalah konspirasi ngawur sekte pimpinan si nenek untuk mendapatkan tubuh Peter. Kita bisa melihat ada bahwa simbol sekte / setan ini ada pada kalung yang dikenakan si nenek, yang juga dikenakan Annie, yang kemudian terlihat digambarkan dengan darah di dinding loteng rumah tempat Annie menemukan jenazah tanpa kepala ibunya. Simbol ini juga ada pada tiang telepon yang menghantam kepala Charlie dan memutuskannya (which is... ga logic juga sih. Mestinya kepalanya hancur bukan lepas begitu. Tapi namanya iblis ya bisa melakukan apa saja....). Pertemuan Joan dengan Annie juga tampaknya memang direncanakan, hingga akhirnya Annie tertipu membaca mantra-mantra pemanggil arwah di rumahnya sendiri - yang sebenarnya pemanggil iblis dan mengakselerasi kebangkitan Paimon ke tubuh Peter.

APAKAH INI BENERAN TERJADI,
 ATAU CUMA HALUSINASI ANNIE / PETER YANG MEWARISI MENTAL ILLNESS DARI KELUARGA MEREKA?


Hereditary memang sedikit menyinggung soal mental illness, tapi apa yang sebenarnya terjadi ga ada hubungannya dengan mental illness. Nonton Hereditary memang mengingatkan saya dengan saat nonton Rosemary's Baby, terutama dari efek paranoia yang dihasilkan - membuat kita bingung apakah ini beneran terjadi atau cuma mimpi buruk. Apalagi ada nuansa absurd nightmarish yang super depresif dan menyiksa jiwa. Tapi di endingnya kayaknya Ari Aster sudah cukup clear menjelaskan kalo ini semua ulah iblis. Hail Paimon! (Kenapa namanya Paimon ya, apa masih sodaraan sama Paidi dan Paiman?)

MASIH ADA BANYAK PERTANYAAN YANG TIDAK TERJAWAB....

Mungkin ada banyak di antara kalian yang masih punya pertanyaan soal apa yang sebenarnya terjadi. Contohnya: kenapa Annie sleepwalking? Apakah kecelakaan Charlie disebabkan oleh Paimon atau oleh sekte? Gimana cara sekte bisa "berkonspirasi" untuk membuat Charlie "mengeluarkan" kepala sesaat sebelum tertabrak tiang? Apakah kebangkitan Paimon butuh tiga generasi anggota keluarga perempuan yang dimutilasi kepalanya? Apa sebenarnya tujuan sekte ini dan gimana modus operandinya? Dan lain - lain... dan lain-lain...

Well, Ari Aster emang tidak berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu di film ini dengan rinci. Kalau ada yang nanya itu ke saya, maka saya akan memilih untuk menjawab "Tidak tahu" daripada menjawab dengan teori-teori yang bahkan Ari Aster ga menjelaskannya. Jadi, anggap saja itu semua karena kekuatan dan takdir iblis..... (atau mungkin Ari Aster berusaha tidak menjelaskannya dengan rinci karena kalau terlalu rinci bakal muncul plot-hole yang ngerusak mood filmnya). 

FAMILY TRAGEDY

Sekarang mari kita lihat sudut pandang lain selain menganggap Hereditary sekedar film horror.

Dalam salah satu interviewnya, Ari Aster bilang dia ingin membuat film tentang tragedi keluarga yang "suram". Ia pun memilih genre horror karena menurutnya genre ini lebih bisa mewakili dan memberikan ruang bebas mengenai apa yang ingin ia sampaikan. Tragedi ini tampaknya yang hendak disampaikan Ari Aster lewat kematian Charlie dan efeknya terhadap keluarga Graham. Kecelakaan maut yang menewaskan Charlie tentu menimbulkan pengalaman traumatis dan duka mendalam bagi Peter yang terlibat secara langsung pada peristiwa kecelakaan itu. Annie juga merasa kehilangan yang sama (tangisan Annie pagi hari kala ia menemukan jenazah anaknya itu beneran menyayat hati). Sebagai ibu, tentu ini beban yang berat - karena di lain sisi ia juga harus melindungi Peter, namun juga merasakan kemarahan karena Peter yang secara tidak langsung menyebabkan kematian Charlie (Sebelum kita tau kalo ini semua ulah si nenek). Satu-satunya yang masih rasional dan berusaha melindungi keluarga mereka adalah sang ayah, Steve. Oh yes, dan puncaknya tentu aja ada pada dialog saat makan malam ketika Annie menumpahkan perasaannya. 
All I do is worry and slave and defend you, and all I get back is that fucking face on your face! So full of disdain and resentment and always so annoyed! Well, now your sister is dead! And I know you miss her and I know it was an accident and I know you're in pain and I wish could take that away for you. I WISH I could shield you from the knowledge that you did what you did, but you're sister is dead! She's gone forever! And what a waste... if it could've maybe brought us together, or something, if you could've just said "I'm sorry" or faced up to what happened, maybe then we could do something with this, but you can't take responsibility for anything! So, now I can't accept. And I can't forgive. Because... because NOBODY admits anything they've done!
Di interviewnya yang saya baca, Ari Aster juga ingin mengeksplor bahwa terkadang tragedi yang terjadi di keluarga menyebabkan keluarga tersebut hancur berantakan. There is no back up, yang hancur tidak bisa kembali lagi. Ini mungkin kebalikan dari film-film American Drama, dimana biasanya tragedi yang menimpa sebuah keluarga justru menyatukan keluarga dan film macam begini akan punya ending yang sweet dan happy. Saya jadi inget film indie lain, Krisha (yang directornya bikin film horror juga berjudul It Comes at Night - didistribusikan juga oleh A24). Film itu menceritakan seorang perempuan yang pernah meninggalkan keluarga besarnya, lalu berusaha kembali dan merekonsiliasi hubungannya dengan keluarganya. Tapi ternyata endingnya ga seindah itu. Hereditary mengambil pendekatan yang sama - dengan ending yang jauh lebih ngawur. Sesuai judulnya (Hereditary berarti turun temurun), Annie harus menerima kenyataan bahwa ia dan keluarganya mewarisi "kutukan" sang ibu. Tragedi yang terjadi di keluarganya berakhir semakin tragis, depressing dan disturbing.



Annie diceritakan sebagai seorang seniman miniatur, ia membuat miniatur rumah dan kehidupan keluarganya sendiri. Hereditary juga dibuka dengan rumah-rumah miniatur yang berubah jadi adegan real (menyorot kamar Peter). Nah, ini melambangkan bahwa kehidupan Annie dan keluarganya serupa dengan miniatur-miniatur ciptaan Annie: tidak punya kendali. Kehidupannya dikendalikan oleh "tangan-tangan" tidak kelihatan, hidupnya serupa miniatur yang sedang dikerjakan "makhluk" yang lebih berkuasa (dalam hal ini, ibunya dan Paimon). Apa yang terjadi adalah takdir, dalam hal ini takdir Iblis (duh, kok jadi serem). Sebagai seorang ibu, Annie mati-matian berusaha mengendalikan dan menyelamatkan keluarganya - namun ia tidak kuasa ketika keluarganya menanggung "warisan" sang nenek. Ia pikir ia tahu gimana cara dunia hitam ini bekerja - dengan membakar buku Charlie, dan berharap ia yang terbakar akan menyelamatkan keluarganya. Namun ternyata malah suaminya - the love of her life - yang terbakar. Rupanya Annie ga tau apa-apa dan ga bisa berbuat apa-apa. Just like her miniature.

Komentar

  1. Koreksi nama keluarganya ya mbak Niken, nama keluarga Annie sekarang Graham kan dia udah nikah ama Steve, nama keluarga neneknya itu baru Leigh

    BalasHapus
  2. adegan annie di sebuah sesi club "curhat... hehhe.... sory gk tahu istilahnya" ketika annie bercerita ttg kehidupan keluarga (ibunya, kakaknya & ayahnya).. sempat ada scene annie terpaku (pandangan kosong) pada sebuah kursi kosong.. yg mungkin punya salah 1 anggota yg tdk hadir?? & keesokan harinya ketika annie hendak menghindari pertemuan selanjutnya tiba2 ia dikejutkan dg seoarng ibu2 (joane kalo gk salah nama karakternya) yg menghadang mobilnya & annie pun mulai akrab dg (joane) yg ternyata bagian dari sekte pemuja paimon.., "KURSI KOSONG" apakah itu kebetulan, atau bagian dari teka-teki dari sutradara dlm keseluruhan film ini???.... atau club yg annie hadiri juga merupakan dari teka-teki film yg membingungkan ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joan ada kok pas sesi club. Dia disebelah kiri.

      Hapus
    2. @emerex trim koreksinya bro.., mungkin q kurang teliti pd scene tsb.. q memang ada rencana utk nonton lagi film ini, film sprti ini terlalu sayang kalo ditonton cuman 1 atau 2 kali

      Hapus
    3. Ingat gak pas sesi therapi itu annie bilang klo ibunya pernah maksa dia ikut sesi itu atau prnah membicarakannya tp dia g mau dan Akhirnya dia ikut pasca meninggal ellen. Aku jd berpikir bahwa orang2 di grup tsb adalah hantu2 yg dilihat oleh peter saat dirumahnya dan mereka adalah pengikut sekte seperti joan

      Hapus
  3. Alhamdulillah, ini yang saya cari selama ini, penjelasan tentang film ini, penuh misteri.

    Agak sedih sang Bapak yang yang tidak tau apa-apa harus menanggung resiko akibat ulah si nenek laknat, dalam hal ini marilah sama-sama kita kutuk si Nenek dengan sifat iblisnya yang merelakan seluruh anggota keluarganya mungkin kalau Indonesia pesugihan semacam tumbal ya? Gila nih si Nenek dalam pikiran saya, ini Nenek pas mati langsung masuk neraka, hahaha

    Oia hal yang masih mengganjal apa yang sudah diberikan Paimon ke keluarga ini? Harta berlimpah tujuh turunan kah? Perasaan ngga dijelaskan ya di film, Paimon saya jadi teringat Palmon salah satu ( karakter Digimon)

    Bakal review film Kafir atau Sebelum Iblis Menjemput kah?

    BalasHapus
  4. Ada yg tau gak sblm nya si paimon ini siapa sbg manusia pas jamanan nenek nya hidup ? Kan butuu tubuh manusia tuh barti bisa mati kyk org biasa ya ?
    Dan klo gak salah di film itu menyinggung ttg TRINITY, maksudnya apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit cerita ttg PAIMON: PAIMON TDK PERNAH JADI/ BUKAN MANUSIA - dalam mitologi sumeria kuno & kepercayaan2 kuno jauh sblm muncul agama yahudi, nasrani & islam ada (turun), paimon dikenal sebagai salah 1 raja neraka selain abandon & abalam, tapi beberapa mitologi kuno meyakini abalam adalah nama lain dari paimon, makanya dl film tsb si nenek selalu menyebut dg istilah "king paimon" - dan paimon adalah pengikut paling setia (abdi setia) dari lucifer (the fallen angel/si malaikat pemberontak), paimon digambarkan sebagai sosok pria gagah bertubuh tegap tapi berwajah feminim (flamboyan gitu kira2 hehe..) serta menunggangi unta arab yg kokoh (sebagian bilang kuda)- makanya gk heran jika pd ending film tsb digambarkan piter (anak laki2) adalah host (tubuh yg di diami) paimon & ada scene kepala (saja) charlie (anak cewek) yg ditempel pd tembok (itu artinya ritual telah sempurna - badan cowok berwajah cewek) , paimon adalah iblis murni yg menguasai ilmu pengetahuan & seni itu sebanya ia menjadi raja neraka (makanya jgn percaya sama yg namanya dukun & ramalannya ya.. itu paimon lagi kasih bocoran kpd kita melalui perantara/media host (tubuh si dukun) nah lohhh siapa yg undang paimon.. :-) hehe.., kira2 itu yg bisa q bagi -kalo pingin tahu lebih googling aja si paimon (abalam) ini bahkan dlm literatur dg bhs indonesia juga buanyakkk.. - btw kalo q bicara panjang lebar ttg si paiomon (abalam) ini bkn brarti q pengikut itu iblis ya :-), q cuma suka nonton film horror yg bergenre "atmospheric horror" seperti hereditary ini.. oh ya nama paimon juga bbrp kali muncul dlm film horror hollywood : the last exorcist (paimon /abalam), last shift (paimon), the exorcism of emily rose (paimon + 6 iblis penguasa neraka) film ini recomended coba nonton deh.. mungkin yg mau koreksi + kasih tambahan ttg paimon/abalam silahkan.. maaf kalo ada yg salah/kurang

      Hapus
    2. Trinity atau trinitas itu sebutan untuk keprcayaan dr orang nasrani. Bapa putra roh kudus ( 3 bentuk dalam 1 roh..Roh Tuhan)
      Bapa itu Allah
      putra itu Yesus
      roh kudus kekuatan /spirit Allah pengganti Yesus saat Yesus naik k surga.

      dan semua itu bagian dr 1 Roh..yaitu Tuhan/Allah itu sendiri.

      dan Sekte itu.mereka ga mau percya pada Tuhan

      Hapus
  5. yang gua pertanyakan disini, kenapa jasad Peter yang sudah dianggap terasuki Paimon oleh para sekte2nya masih bisa berpikir layaknya Peter? seperti tidak terjadi perubahan apapun pada raut wajahnya, malah Peter kebingungan. Akankah ada suatu hal yang membuat Peter jadi seolah diberi suatu pertahanan atau semacamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau mungkin ini bisa disangkutpautkan sama sleepwalking nya Annie atau dirasa Peter masih blum bisa keluar dari pikiran fananya yang pas kabur dari Annie pas di loteng? Entah ini film tergabisa di selesaikan dengan akal sehat..wkwk

      Hapus
  6. paling serem waktu badan annie terbang ke rumah pohon wkwk

    BalasHapus
  7. Kalo aku sih mikirnya ini cuma penyakit kejiwaan yang turun menurun, satu2nya yang sehat disini cuma suaminya annie, makanya dia ga dihantui dan mengalami halusinasi sama sekali, trus menurut aku pas dia disuruh membakar buku, dia nolak karena sebenrnya dia disuruh membakar diri sendiri, makanya dia pengen langsung nelpon polisi bukan rumah sakit, cuma kita sebagai penonton di suguhkan dari sudut pandang si pengidap skizofernia aja makanya banyak adegan2 yang aneh dan ga jelas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus yang bapa nya main jelangkung apaan dong?,jelas2 bapa nya juga kaget

      Hapus
  8. Blog dg review paling niat dan komplit. Puas bacanya. Smangat terus kak,

    BalasHapus
  9. bikin review "the killing of a sacred deer" dong

    BalasHapus
  10. Setelah nonton aku benar benar kebingungan.. dan menurutku ini lebih berat dri the shining untuk menerjemahkan sbenarnya apa yg terjadi. Mengapa ann harus motong kepalanya diatap,, pake apa dia motong kepalanya kok gampang bgt motong tulang,, ada sedikit rasa dibodohi pd scene ini.. ada banyak pertanyaan yg muncul yg jdi horror sendiri klo dipikirin.

    BalasHapus
  11. Wah, aku baru nonton film nya, telat aku yak :v,
    Pendapat ku tentang film ini adalah terlalu sedikit penjelasan terhadap nenek itu, sehingga menimbulkan fitnah kalu roh jahat yg mengganggu keluarga adalah roh nya charlie,
    Dan buat penjelasan TS, saya membantah,
    Kebenaran nya adalah si iblis paimon baru akan muncul setelah ritual selesai, and ritual baru selesai di akhir filem,
    Dan pertanyaan nya adalah, jadi roh apa yg menghantui keluarga,
    Dan jawaban nya, roh charlie, dan itu udah terjelaskan saat dia memotong kepala burung,
    Mengapa dia lakukan itu ?
    Jawaban nya simpel, karna yg merawat dan menyusui dia adalah sang nenek ( sekte )
    Tak perlu saya jelaskan cara nenek itu mendidik charlie sampe charlie memiliki sifat2 pemuja satanic

    Okeh clear
    Semoga bermanfaat walau cuma di kolom komentar ya 😂

    BalasHapus
  12. pagi ini direkomendasiin nntn Hereditary sm adek, brosing sana sini sampai dehhh k blog ini. A very nice review n xplanation, jd punya gambaran

    BalasHapus
  13. Awal awal liat filmnya ngebosenin bgt, gt gt aja. Ehh semakin kebelakang semakin makjlep. Bener bener dah ini film disturbing bgt. Takut sama hantu mah biasa ya, ini tu kaya takut mencekam gt. Huhu nonton nya padahal siang siang tp ttp aja takut. Wkwk

    BalasHapus
  14. huhhh baca nya bikin tambah bingung

    BalasHapus
  15. Telat banget ga sih baru nontonnya sekarang?baru kelar nonton tadi sekali. Kayanya butuh 2x deh. Anyway ane masih bingung juga soal mayat yg ketemu di loteng gimana caranya dia ada disitu. Klopun itu jasad neneknya kan pas diawal scene di peti matinya masih utuh. Trus si tony bisa kerasukan sampe bisa
    motong kepala kerasukan apa/siapa? Trus cahaya yg dilihat charlie dia jalan ke kebon dan yg dilihat peter diruang kelas sampe akhirnya dia ngejedorin kepalanya kemeja itu dari mana. Masi blm mudeng ane.. oiya btw terimakasih ulasannya walo panjang ga bosen ane bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klopun itu jasad neneknya kan pas diawal scene di peti matinya masih utuh --> Kan ada scene pas si Bapak ditelpon kalo ada yang ngebongkar kuburan neneknya.

      Untuk pertanyaan yang lain, ga perlu direka-reka jawabannya karena akan merusak "kemisteriusan" filmnya. Intinya sih semuanya pekerjaan iblis. :)

      Hapus
  16. Makasih ulasannya..lengkap banget dan memberi gambaran secara jelas..keep up the good work hehe

    BalasHapus
  17. Saya kagum dengan ke-Antusiasan pembaca di blog ini, sampai komentar - komentarnya tidak ada yang negatif (Y) Mbak Niken banyak penggemarnya yah :d

    BalasHapus
  18. Kalau tidak baca ini, saya tidak akan tahu kalau Charlie alergi kacang. Maksih mbak, sangat membantu👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya difilm juga ada scene waktu charlie di jemput ortunya charlie makan coklat dan ditanya sama ibunya, apakah ada kacangnya atau nggk soalnya lagi nggk bawa epipen penawar

      Hapus
  19. Menurut gw king paimon itu sdh ada di dlm tubuh si nenek dari semasa anie kecil, king paimon dari dulu sudah pengen bangkit dgn rasukin anak laki2nya nenek, tapi gagal krn anak laki2nya ga tahan dan bunuh diri, alhasil king paimon harus nunggu lama di dlm tubuh si nenek. Dan di buku nenek sudah dijelaskan bagi tubuh yg dirasuki oleh king paimon akan memiliki kekayaan, dan di foto sang nenek pun dia sedang mandi koin2 emas. Serta anie sempat menjelaskan kalo neneknya berubah sifatnya wktu anie masih kecil, itu krn king paimon baru merasuki si nenek. Jadi king paimon itu udah ada di dlm tubuh nenek dari dulu, lalu sewaktu anie melahirkan peter, si nenek pengen ngerawat peter krn mau dirasuki sm king paimon yg di dlm tubuh nenek, tp ayahnya ngelarang kontak fisik dan bertemu dgn peter, nah setelah charlie lahir barulah peraturan dr ayahnya itu agak melunak sampai si nenek jadiin charlie cucu kesayangan walaupun bukan laki2, tapi sebenarnya king paimon berharap kalo charlie itu laki2. Lalu kenapa paimon ga ngincer peter lagi? Itu karena tubuh anak kecil lebih disukai oleh iblis2/paimon makanya paimon lebih pilih charlie. Tapi setelah masuk ke tubuh charlie, si paimon ternyata ga suka dgn tubuh perempuan lagi, alhasil peter yg dia incar lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, tp bukan krn ga suka sama charlie tp karna tubuhnya rusak krn kecelakaan itu, kan ada di endibgnya disebut sama yang naro mahkota ke peter klo mereka mengganti tubuh yg rusak dgn tubuh pria sehat seperti yg dibuku yg dibaca anie

      Hapus
  20. Jujur film ini menarik banget. Sedari awal gue coba menghubung-hubungkan film ini dengan sekte satanisme maupun illuminati. Pada saat Annie berjalan di lorong setelah pemakaman, dia melihat pintu kamar nenek (Ellen) terbuka. Annie mau menutupnya, teman-teman pasti lihat logo segitiga(salah satu lambang iluminati) dilantai dekat tempat tidur Ellen(nenek Charlie). Cuma agak disamar-samarkan. Selanjutnya, waktu Annie ikut ritual di rumah Joanie mirip seperti ritual illuminati.

    BalasHapus
  21. Waduh thx buat info nya y gan, bermanfaat sekali, n btw semoga gw bisa tidur mlm ini 😅

    BalasHapus
  22. Jd ngebayangin, bgmn klo ide film ini d kembangin pake dongeng2 mistis se-nusantara. Bakalan bnyk yg jadikan 'pemuja setan' versi daerah2. Apalagi formula 'sekte sesat' lg booming di film horor indo skrg.

    BalasHapus
  23. Penjelasannya bagus.

    Pertanyaan yang selau mengiang ngiang di kepala saya adalah kenapa jika paimon memberi keluarga graham kekayaan dan keluarga graham seperti hidup biasa saja.

    BalasHapus
  24. Terima kasih untuk penjelasannya. Memang cukup membingungkan film ini sampai butuh penjelasan. Biar lebih lengkap sampai baca reviewnya di sini saya https://jurnalfilm.com/review-film-hereditary/

    BalasHapus
  25. Pertanyaannya, siapa yg nyembah2 Paimin di rumah pohon tu, orang hidup atau udah mati, kalau yg masangin mahkota ke Peter tu pasti Joana.. terus mungkin kelanjutannya gimana, polis datang kah atau apa. Harusnya film ini gak pake ending penyembahan itu, biar gak jadi plot hole yg sangat menggangu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu film fiksi jagi gausah diperdebatkan logic nya. jadi di ending yang nyembah paimon itu semua garus keturunan neneknya, yess garis keturunan jadi suaminya ga ikut di angkat ke rumah pohon. terus jadad yg di rumah pohon itu udh mati semua terus jadi arwah yang di kendalikan oleh paimon kaya (edo tensei nya kabuto di anime naruto). jadi ending nya peter tu ga mati tapi jadi raja paimon.

      Hapus
  26. Aku baru nonton ini jam 2 pagi �� gila sih sampe lupa napas saking mencekam bgt

    BalasHapus
  27. hai.. saya orang malaysia.. tapi diharapkan bahasa saya ni boleh difahami semua ye.. sebenarnya kenapa mula2 scene filem.. ada scene muniatur.. yang anak lelaki tu tidur.. dan ayah dia datang bangunkan untuk pergi ke majlis kebumi nenek dia.. dan diakhir filem, peter yang dah jadi paiton n lastly semua jd patung kecil2.. so nk tanya.. itu mmg kisah sebenar atau imaginasi je..?? kemudian masa mak dia kejar.. kemudian peter lari naik atas loteng.. kemudian nampak mak dia potong leher .. mcm mn dia boleh masuk .. padahal tadi x boleh masuk dlm loteng.. soalan lagi.. siapa dan darimana pula datang yg ramai pengikut2 bolgel tu? boleh sekejap je datang dan masuk kat atas rumah tu.. mayat nenek tu mcm mn boleh ada dalam loteng? siapa gali dan bawa?

    BalasHapus
  28. Baru selesai nonton. Aku bingung kenaikan ekspresi annie dari takut menangis malah jadi kaya senyum pas suaminya kebakar. Annie nya kenapa. Apakah dia senang karena bukan dia yang terbakar

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!