The Prestige (2006)



Directed by Christopher Nolan ; Produced by Christopher Nolan, Aaron Ryder, Emma Thomas ; Screenplay by Jonathan Nolan, Christopher Nolan ; Based on The Prestige by Christopher Priest ; Starring Hugh Jackman, Christian Bale, Michael Caine, Scarlett Johansson, David Bowie, Piper Perabo, Andy Serkis, Rebecca Hall ; Music by David Julyan ; Cinematography Wally Pfister ; Editing by Lee Smith ; Studio Newmarket Films, Syncopy Films ; Distributed by Touchstone Pictures, Warner Bros. ; Release date(s) October 20, 2006 (2006-10-20) ; Running time 130 minutes ; Country United States ; Language English ; Budget $40 million ; Gross revenue $109,676,311 ;

Rated PG-13
Genre Drama, Mystery and Suspense

Rottentomatoes : 75% (7.1/10)
Metacritic : 66/100
NikenBicaraFilm

Story / Cerita / Sinopsis:
Menceritakan rivalitas antara dua pesulap, The Great Danton / Robert Angier (Hugh Jackman) dan The Professor / Alfred Borden (Christian Bale). Angier dibantu oleh seorang insinyur John Cutter (Michael Caine) dan asistennya Olivia Wenscombe (Scarlett Johansson), sedangkan Borden hanya dibantu oleh asistennya Mr. Fallon. Dipenuhi ambisi untuk saling mengalahkan, rivalitas tidak sehat itu kemudian berujung pada tragedi yang menyedihkan.

Review / Resensi :

Film kelima Christoper Nolan ini ditulisnya bersama saudaranya, Jonathan Nolan (yang juga menulis screenplay film Memento) dan merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Christoper Priest tahun 1995. Prestige, merujuk pada tiga tahapan dalam sulap. Tahap pertama, The Pledge : pesulap menunjukkan suatu benda yang kelihatannya biasa-biasa saja, dan menyuruh penonton untuk memastikan bahwa benda itu tidak menyimpan trik. Tahap kedua, The Turn : pesulap menghilangkan sesuatu dengan benda yang biasa-biasa itu. Namun dua tahap ini belum cukup, sesuatu yang hilang tersebut harus dimunculkan kembali. Makanya kemudian ada The Prestige, ketika benda yang hilang tersebut muncul dan membuat para penonton bertepuk tangan sambil bertanya-tanya bagaimana hal itu bisa terjadi.

Sejauh yang saya baca nih dari plot The Prestige novel di wikipedia, tampaknya Nolan bersaudara melakukan beberapa perubahan pada filmnya (kamu bisa baca plot novelnya di wikipedia. Tapi ini cuma berlaku bagi yang uda nonton lho, yang belum nonton SAYA SARANKAN jangan baca dulu karena kenikmatan nontonmu akan SANGAT JAUH BERKURANG karena udah bisa tahu endingnya). Bagi saya, adaptasi tersebut dilakukan dengan jauh lebih baik dari novelnya. Nolan melakukan beberapa dramatisasi pada filmnya, contohnya adegan kecelakaan istri Angier yang kayaknya gag ada di novelnya. Selain itu endingnya juga dilakukan beberapa perubahan. Tapi menurut saya sih emang lebih asyik filmnya daripada novelnya (*berdasarkan plot yang saya baca di wikipedia lho yaaa... saya sih belum baca buku aslinya). Nolan juga menyajikan plot yang maju mundur, dan plot berjalan ketika masing-masing pesulap saling membaca jurnal lawannya masing-masing. Twisted endingnya pun baru dibuka pada lima menit terakhir, bersamaan dengan Borden digantung di tali gantung setelah sebelumnya bilang, “Abracadabra...”. Sungguh, setelah bersenang-senang dengan twist dari Memento, jujur The Prestige juga punya twist yang sama baiknya. Saya kira itu berkat adaptasi yang sangat baik dan Nolan juga menggarap naskahnya dengan cukup baik. Walaupun ya memang, agak kesulitan juga sih untuk mengikuti alur yang maju mundur itu.

Salah satu surprise lain yang istimewa mungkin juga hadirnya tokoh Nicolas Tesla, seorang scientist sungguhan - yang diperankan oleh musisi 80-an David Bowie. Jadi kesannya seolah-olah film ini bukan rekaan. Pemeran asistennya, Mr.Alley juga cukup mengejutkan : Andy Serkis. Kalo kamu pernah nonton LOTR, Serkis memerankan Gollum, monster aneh botak berkaki kurus dengan mata lebar dan suka bilang, “Masterrr... Masterrr...” dengan suaranya yang serak-serak gimana gitu. Nonton ini saya pun langsung manggut-manggut sambil mbatin, “Ohh.. ini to tampang aslinya..."

Selain itu, tentu saja yang patut diperhatikan adalah jajaran pemain utamanya. Christian Bale (Empire of The Sun, The Fighter, Nolan's Batman), Michael Caine (aktor gaek yang baru2 ini main sebagai Alfred di Nolan's Batman), Hugh Jackman (Wolverine), dan Scarlett Johansson (Lost in Translation). Jackman dan Bale cukup baik lah memerankan karakter yang penuh obsesi dan ambisi yang tidak jelas. Tapi emang sih, sedikit kritik juga, bahwa karakter keduanya terasa minim sekali. Hilangkan perasaan obsesi dan ambisi itu, maka akan terlihat bahwa keduanya tidak punya karakterisasi yang kuat. Btw, kalo ditanya di film ini saya mihak yang mana, saya jawab saya ada di tim Batman, bukan tim Wolverine. Habis Bale di sini ganteng bangettt... #pleaseabaikan ^^ Caine, mungkin bermain tanpa beban, mukanya sendiri udah cocok banget untuk jadi Bapak-Bapak bijaksana yang harus sabar melihat kelakuan anak-anaknya yang ancur.

Anyway, film ini memang bukanlah masterpiece dari seorang Christoper Nolan, namun dengan dipenuhi oleh aktor-aktris terkenal dan jalan cerita yang cukup keren dan mengejutkan, saya pikir The Prestige menjadi sebuah pilihan film yang baik untuk ditonton. Lagipula, film ini juga cukup memanjakan mata melalui art direction dan sinematografinya yang menawan (FYI: The Prestige dinominasikan di ajang Oscar untuk kedua katagori itu). O ya, ending film ini benar-benar semakin sempurna karena ada lagu pacar saya (*iya, kali ini saya ngakunya pacar saya*=D). Analyse, by Thom Yorke – frontmannya band terbaik sepanjang masa – Radiohead.

Direkomendasikan untuk:
Semua penggemar film yang pada belum nonton...

Best Moment :
Of course, ketika semuanya dibuka pada ending...

Komentar

  1. one of my favorites of nolan. menurut saya malah karakter keduanya bagus banget, dari yang awalnya temenan, jadi musuhan gitu. apalagi pas #sedikitspoiler adegan angier nembak borden pas abis kecelakaan itu, bener2 bikin bingung nentuin apa si borden emang sengaja make simpul yg beda atau enggak buat istrinya angier. karakter angier juga bener2 ngebiarin obsesinya nguasain diri dia sendiri, pada akhirnya kan maksud balas dendam angier jadi gak jelas, apakah emang dendam gara2 istrinya atau cuman mau bikin malu si borden doang hehe

    BalasHapus
  2. secara konflik emang seru banget, terutama ketika pertanyaan apakah Borden emang sengaja memberikan ikatan yang susah atau gag ke istrinya angier gag dikasih tau sampai akhir... hehe...

    tapi menurut saya ya emang karakternya keduanya gag nampak perbedaan yang mencolok, soalnya sama-sama dipenuhi obsesi saling mengalahkan aja.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. >terutama ketika pertanyaan apakah Borden emang sengaja memberikan ikatan yang susah atau gag ke istrinya angier gag dikasih tau sampai akhir

      dikasih tau kok sis. borden kan punya saudara kembar, dan saudara kembarnya itulah yg iket tali istrinya angier, dan waktu angier nanya ke borden apa dia tau soal itu, ya jelas borden gak tau, karena yg ngiket tali itu bukan dia tapi kembarannya. (atau sebaliknya)

      Hapus
  3. Borden memang mulax mau gagalin aksi si Angier (Hugh Jackman) dengan sengaja meminta kembarannya menggantikannya mengikat simpul tali itu, tapi ia engga nyangka kalau hal itu berakibat fatal alias istri si Angier terbunuh.... he he he cuman sekedar opini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw br minggu kmrn nnton tu film (telat y,pdahal tu film ud rilis dr 2006)..gw seneng nnton film walopung g trlalu maniak,pi jujur bis nnton film tu,tu salah satu film drama fiksi yg plg bagus yg prnah gw tonton..
      recomended bgt pkoknya wat d tonton..
      seminguu kmrn gw nnton film itu trs wat mahamin plot&karakternya..
      lok mnurut gw c adegan trbunuhnya julia (istri angier) tu murni karna ulah borden (ingat,saat itu fallon (kembaran borden)blum kluar & mengingat sifat borden yg merasa lok simpul langford ganda tu trlalu mudah) dan julia-pun mrasa dia bs mmbebaskan diri dr simpul itu (dperlihatkan saat borden hndak mengikatkan simpul,dia smpet ngasi isyarat k julia & julia tw itu)...
      Yg plg bikin gw interes bgt m film ini justru munculnya tesla dan mesin yg d buatnya..tesla,ilmuwan yg plg visioner pd jamannya (gw g ngakuin edison soalnya) membuat mesin peng-copy materi & mkhluk hidup, d film itu untuk angier..
      gw malah penasaran gmana nasib tu mesin...he,seandainya mesin itu bs dbuat jaman skrg...

      Hapus
    2. mesin kloning itu sudah sudah ada dalam bentuk tentu tdk spt di film itu

      Hapus
  4. thanks ya uda banyak opini di blog saya, padahal yang punya akhir-akhir ini jarang mampir.. hehe..

    kalo menurut aku pribadi ya, si Borden emang beneran gag inget simpul apa yang dia gunakan. Dan dia sebenarnya juga gag berniat membunuh istri Angier...

    BalasHapus
  5. menurut pendapat saya yg menali simpul itu adalah si fallon, kenapa saya bisa bilang begitu?
    karena ga mungkin borden sengaja membunuh istri angier, dan ga mungkin banget sampai dia bisa lupa simpul itu? Inget ngga waktu si angier dateng pertama kali ke tesla? dan tesla menjawab, "dulu sahabat kamu juga pernah datang kesini"
    itu artinya borden sudah lama bikin duplikatnya ditempat tesla.
    pas angier minta trik transported man di borden juga memberi kata kunci TESLA kan? berarti fallon itu makhluk buatan tesla.
    IMHO :)
    dan maaf kalau ada salah kata,


    the pledge, the turn, and the prestige :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh mala tambah bingung baca coment dari agan2 ini...
      yang ini bilang Borden yang bunuh istrinya Angier, yang lain bilang si Fallon...
      terus yang mana ni yang bner ??
      ahahha

      Hapus
    2. setuju ma comment Dr. Martin Harris, karena mereka berdua bukan saudara kembar, melainkan satu tubuh yang menjadi dua. jadi mereka borden dan mereka fallon..

      Hapus
  6. yg nali simpul sama istrinya angier itu kembaranya BORDEN, alias fallon.
    coba deh liat lagi filmnya,
    ane dah nton 4x tuh film buatan Christoper Nolan.
    baru nton ini aja dah pada bingung, belum nton inception, memento, :D
    wkwkwkw..

    BalasHapus
  7. Menurutku fallon tetap misterius...
    Fallon pertama kali muncul pas borden ditembak, sebelum itu dia gak muncul...
    Trus, pesulap china yang dilihat angier dan borden itu bukannya setelah instri angier tenggelam? kalo iya, maka ide "pengorbanan" baru muncul setelah mereka nonton pesulap china dan setelah istri angier tenggelam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. fallon itu borden dan borden itu fallon, mereka sama tapi berbeda dalam hal perasaan, coba nonton filmnya lagi deh.
      dan scene pesulap china itu sebelum julia meninggal.
      tenkyu

      Hapus
  8. Yang paling menarik ketika bardon itu ternyata kembar dan kembaran nya itu bernama fallon. Nah yang bikin aku interest banget ketika bardon memberikan rahasia transported man kepada argie "Tesla" salah satu creator mesin duplikat yang seharus nya tidak boleh digunakan. Ingat ketika tesla selalu saja gagal dalam percobaan nya untuk menghilangkan fitur duplikatnya, sehingga argie menjadi marah padahal tesla bermaksud agar argie tidak mengulangi hal yang sama seperti bardon yakni kesalahan duplikat diri. sehingga tesla memberitahu kepada argie bahwa gunakan sekali saja dan buanglah mesin ini ke laut.

    Satu lagi quote yang keren menurut aku, penonton tidak memperhatikan apa isi dalam kotak tersebut namun apa yang muncul yaitu "The Prestige" Nice movie ! 9,3:10 :D

    BalasHapus
  9. Bukankah jauh lebih asyik ceritanya jika siapa saja yang membuat simpul tali pada istri Angier (entah si Borden or Fallon) benar-benar tidak ingat simpul tali apa yang digunakan? so it means kejadian itu benar-benar bentuk "kealfaan"...

    BalasHapus
  10. Film paling Top walaupun ada film2 yang hampir mirip ( Now you see me )...

    Sekedar berkunjung ke blog kawanku ini, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukankah Now You See Me yang mengikuti film The Prestige? Aneh-aneh saja kamu :)

      Hapus
    2. Now You See Me sama The Prestige duaduanya yang bikin Christopher Nolan so gak ada yang ikut mengikuti

      Hapus
    3. Now You See Me bukan bikinan Nolan, btw.. :)

      Hapus
  11. Banyak yang bilang jika orang yang membunuh istri Angier itu si Borden atau si Fallon. Yang saya bingung kan apa di dalam cerita itu si Borden memiliki kepribadian ganda? Karena kenapa. Karena yang saya tahu dan yang paling misterius di dalam film ini kenapa tiba-tiba saja Alfred Borden tidak mengetahui simpulnya. Inilah yang menjadi pertanyaan. Padahal Borden sudah berlatih untuk hal itu. Jika menurut saya Alfred Borden itu memiliki kepribadian ganda. Pernah menonton film 'Fight Club'? Nah, sama halnya seperti film Fight Club.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ngikat talinya itu Fallon. Wajar aja pas Borden ditanya, dia gak tau simpulnya.

      Hapus
  12. Jika fallon diciptakan tesla, maka kondisi fisik dan ingatannya harusnya sama persis dengan duplikatnya... Jadi harusnya fallon maupun border ingat simpul mana yg dibuat...

    Tapi mnurut segi pandang saya, seseorg akan slalu brusaha membela diri meskipun dalm hati ia mengaku bersalah

    BalasHapus
  13. Menceritakan mesin penduplikat apa saja, bukti topi, kucingnya, dsb termasuk angier dan bardon. Lembaran angier mati di kotak air dan lembaran bardon mati di gantungan. Klo benar si angier lebih dari sekali make "alat" itu brarti udah bunuh angier yg lainnya juga...

    Apakah kalian sudah melihat dengan baik-baik? Itu ptunjuk di awal...hehe

    Sekedar komen pribadi ya gaes...

    BalasHapus
  14. menurutku sih, borden sama fallon udah kembar sejak lair toh udah diceritain di endingnya. cara ngebedain mereka itu sikap, satu nya kalem(anggap aja ini borden) & satu nya tempramen(anggap ini fallon)

    BalasHapus
  15. Tapi fallon muncul rada telat? wujudnya sih emang telat tapi mereka udah tukar peran dr dulu. buktinya si sarah yg meragukan perasaan suaminya yg plinplan & jawaban trik orang cina itu (si borden nyindir dirinya sendiri ttg ide perngorbanan penuh)
    Tentang tesla, dia itu ga sadar bikin alat clonning karena sebelumnya dia diminta bikin alat teleport sm angier. masalah sandi yg ditulis borden itu cm boongan. si borden emang bilang sandi&metodenya sama tapi sebenernya metodenya itu ya sodara kembarnya sendiri. di sini angier digobloki biar dia minggat ke amerika
    tapi ternyata di luar dugaan, si angier malah pulang dan berhasil bikin borden&fallon kelimpungan. nah di sini si kalem, nguntit di akhir pertunjukannya angier. dan dia memutuskan mengaku kalah. tapi si tempramen masih ngotot pengen tau rahasianya angier jadi dia turun ke panggung dan bumm, terperangkap jebakan dan masuklah ke sel
    Soal si julia, yg ganti simpulnya itu si tempramen (tapi sebenernya mereka udah sepakat kok). nah tapi kebetulan pas angier menuntut dendam 2x dia ketemunya si kalem mulu. jadilah si kalem cuma bilang aiu gtau apa"

    liat lagi enaknya'D
    ada tambahan?^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!