Top 5 : My Favorite High School Movie

Saya nggak bilang masa sekolah saya buruk, tapi dibilang menyenangkan sekali.... enggak juga. I'm a type of person that out of radar in school, tipe duduk depan, rajin ngerjain tugas di sekolah, dan nggak berani nyontek. Saya cuma bersyukur jaman dulu nggak ada sosmed, sehingga ke-alay-an saya naksir cowok ala komik serial cantik nggak terekam di internet. Saya sering membayangkan kalo masa SMA saya seperti masa SMA dalam film-film Amrik, saya mungkin tipe yang makan siang di toilet pas jam makan siang. Hahaha.. 

But anyway, terlepas usia kita udah berapa, film bertemakan masa sekolah selalu terasa fun dan menyenangkan untuk ditonton. Mungkin karena ada efek nostalgianya, seperti mengingat kembali masa-masa cinta pertama dan masa-masa pencarian jati diri (*tapi sampai sekarang pun saya masih "mencari jati diri" sih, and I think most adult people still don't know what to do with their life!). Menariknya, hampir sebagian besar film-film SMA selalu punya tokoh utama anak-anak "loser" yang nggak populer di sekolahnya... So it means, it's okay if you have a bad time in high school. Kamu sudah punya bahan cerita layak jual buat dibikin cerita! 

Memilih 5 dari sekian banyak film-film high school juga agak susah, karena ada banyak film-film high school yang bagus, Saya bisa kasih daftar rekomendasinya Easy A (2010), Clueless (1995), Rushmore (1998), 10 Things I Hate About You (1999), The Spectacular Now (2013), The Breakfast Club (1985), The Perks of Being Wallflower (2012), Me, Earl and The Dying Girl (2015), Sing Street (2016), dan Dazed and Confused (1993). Oh dan juga jangan lupakan yang paling legendaris dari tanah air : Ada Apa Dengan Cinta (2002).

So, berikut ini (sampai sejauh ini) adalah 5 film high school terbaik dan favorit versi saya :

#5
ELECTION 
(Alexander Payne, 1999)


Election adalah drama komedi yang bercerita tentang proses pemilihan presiden sekolah di Omaha, Nebraska. Sebuah satir yang kocak tentang drama politik di kehidupan sekolah suburban yang diangkat dari novel karangan Tom Perotta (yang juga nulis novel Little Children dan The Leftovers). Election menyoroti seorang gadis ambisius menyebalkan bernama Tracy Flick (Reese Whiterspoon), yang terobsesi untuk menjadi presiden di sekolahnya. Kamu pasti mempunyai teman macam begini di sekolah, yang teratur, sempurna, dan merasa harus memiliki prestasi segalanya di sekolah. Jim McAllister (Matthew Broderick) adalah guru yang bertanggung jawab terhadap proses pemilihan itu. Ia kemudian terpaksa "melibatkan diri" dalam skenario politik untuk menjatuhkan Tracy yang dibencinya karena menjatuhkan karir sahabatnya sesama guru setelah ketauan terlibat skandal seks dengan Tracy. Dari sini, maka lalu kemudian semuanya pun menjadi kacau... Election is clever and hilarious, tipikal film-film komedi ala Alexander Payne. Reese Whiterspoon bermain dengan gemilang menjadi Tracy yang asli nyebelinnya luar biasa. Probably this is her best role. 

#4
NAPOLEON DYNAMITE
(Jared Hess, 2004)


Roger Ebert boleh saja memberi rating cuma 1,5/5 dan mengatakan bahwa karakter Napoleon tidak likeable, tapi Napoleon Dynamite adalah salah satu film yang punya cult followers. Napoleon mengisahkan kehidupan Napoleon (Jon Heder), seorang geeky nerd dan socially awkward yang tinggal di kota Preston, Idaho. Ia tinggal dengan kakaknya (yang loser juga dan punya pacar kulit hitam lewat online dating), Kip dan sang nenek yang eksentrik. Ia kemudian menjalin persahabatan dengan siswi pemalu bernama Deb dan seorang siswa pertukaran pelajar dari Juarez, Meksiko, Pedro. I know this movie is ridiculous, weird, and stupid, dan kadang kebodohan yang ada terasa seperti kebodohan yang tidak seharusnya ditertawakan, tapi tetap saja bagi saya film ini kocak abis! Ada aura retro dengan warna-warna ceria yang menjadikan film ini juga terasa sangat menghibur. And I love every silly character in here :)

#3
THE EDGE OF SEVENTEEN
(Kelly Fremon Craig, 2016)


Barusan nonton ini minggu lalu dan langsung suka! Malah karena habis nonton film ini saya langsung kepikiran untuk bikin daftar 5 film high-school favorit / terbaik ini. The Edge of Seventeen bercerita tentang Nadine (Hailee Steinfeld), remaja labil yang pesimis dan membenci dirinya sendiri. Satu-satunya sahabatnya cuma Krista (Haley Lu Richardson). Tapi persahabatan itu rusak ketika kemudian sang sahabat justru "mengkhianatinya" karena terlibat asmara dengan orang yang paling dibencinya: kakaknya Darian (Blake Jenner). Film ini kocak dari awal sampai akhir. Tokoh utamanya memang masih remaja, namun entah kenapa bagi saya tema filmnya masih "ngena" banget buat saya, probably because I am drama queen and also have a self-loathing issue too. The Edge of Seventeen nggak cuma sekedar bikin ketawa dari segi komedinya, namun ada unsur drama tentang eksistensi diri, persahabatan, cinta, hubungan orangtua dan anak, serta hubungan murid dan gurunya yang "gila" (Woody Harrelson). Hailee Steinfeld mungkin sangat annoying di Pitch Perfect 2 (that movie sucks, by the way...) tapi di sini aktingnya seru!

#2 
(Jason Reitman, 2007)


Duet Jason Reitman sebagai sutradara dan Diablo Cody sebagai penulis naskah menghasilkan salah satu film kesukaan saya. Juno menyoroti kehidupan Juno (diperankan dengan brillian oleh Ellen Page), seorang siswi 16 tahun di Minnesota yang hidupnya berubah ketika ia tahu dirinya hamil setelah berhubungan seks dengan teman sekolahnya yang cupu, Paulie (Michael Cera). Juno adalah salah satu drama coming of age favorit saya sepanjang masa,. Melalui filmnya kita kayak diajak mempertanyakan apa itu cinta lewat sudut pandang anak 16 tahun yang sok tahu dan merasa "sudah dewasa" (bukankah kita semua dulu begitu?). Kisahnya sederhana, namun sisi humornya dapet dan naskahnya juga cerdas dan heartwarming. Ada sentuhan hipster yang artsy dan soundtrack music-nya dari The Moldy Peaches hingga Sonic Youth juga sangat asyik.  

#1
MEAN GIRLS
(Mark Waters, 2004)


Of course this will be my number one! Saya udah nonton berkali-kali, tapi tetep aja nggak pernah bosan. Mean Girls menyoroti impian para cewek-cewek ABG di sekolah yang mungkin kita-kita para perempuan ini mengalaminya: betapa kita semua ingin jadi cewek paling populer di sekolah. Semua keklisean itu terangkum dalam drama komedi yang naskahnya digarap Tina Fey dan berdasarkan dari salah satu bagian self-help book Queen Bees and Wannabees karangan Rosalind Wiseman ini. Cady Heron (Lindsay Lohan) adalah siswi pindahan baru di Evanston, Illinois. Ia kemudian terlibat persekongkolan dengan dua teman barunya Janis dan Damian untuk mendekati genk cewek paling populer di sekolah yang diketuai oleh sang Queen Bees, Regina George (Rachel McAdams). Ga cuma ceritanya bikin ketawa dari awal sampai akhir, tapi Mean Girls dengan cerdas menyoroti impian konyol para cewek ABG untuk bisa jadi yang tercantik, terpopuler.... sekaligus "palsu". Rachel McAdams bisa saja dikenal sebagai si "nona manis" berkat karakter-karakternya di sebagian besar filmnya, tapi saya rasa perannya sebagai Regina George di sini adalah yang paling fenomenal. 


Anyway, what is your favorite high school movie?

Komentar

  1. Genre nya terbatas buat comedy aja y sis... Dikira film kaya Cruel intentions BS masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga sih. Tapi ternyata kebetulan kok yang jadi favorit saya komedi-komedi gini :D

      Hapus
  2. Komik serial cantik mba niken dulu paporitnya apa ya? hahaha jd inget koleksi2 saya yg sangat tak terlupakan; Lucia, Crispy Hair, Apple, Himeko, Private Lesson, Marine Girls, Mark & Mari, Girs, Okita In Memory, With You, Winter Rose dll dll ....hahaha

    Btw, pasti mba niken ini selalu juara kelas ya disekolah :D

    film tentang jaman sekolah so far paporit saya adalah Dazed and Confused. Gokil abis dah itu kelakuan anak2 sma menjelang liburan, jalan sempoyongan, mata beler, ngomong se-enak jidat, seenaknya ngebully junior, pake celana cutbray, wah jadi iri sama masa sekolah jaman2 mereka yg disebut "flower generation" era 70an itu hahaha, anyway, itu sala 1 film paporitnya Quentin Tarantino mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok saya nggak inget komik-komik itu sih...

      Favorit saya sih komik karangannya Hiromi Mashiba.. isinya melankolis banget nangis-nangisan.. :D Kalo serial misteri harus karangannya Chie Watari. Itu serem abiz!

      Nah... sebenarnya saya belom pernah nonton Dazed and Confused..... Hehe

      Hapus
  3. Review film inception donk kak

    BalasHapus
  4. Easy A gak masuk mbak? :o
    kalo ditanya paling favorit mungkin saya akan jawab Superbad ya.. nginget ada nama "Mclovin" di dalamnya aja udah berhasil bikin saya ketawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nonton superbad uda lama sih.. waktu itu masih ga nyambung ama lawakannya :( jadi ga berkesan kalo buat aku. Entah kalo nonton lagi sekarang...

      mau masukin easy A.. tapi juga suka election... ;D

      Hapus
  5. Reese Witherspoon jadi nyebelin juga di Big Little Lies tapi udah ibu-ibu. Emang dia seruan akting bitchy gitu kayanya hahaha

    BalasHapus
  6. coba suckseed film thailand. dijamin ngakak guling guling

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou.. dicatet rekomendasinya :)

      Hapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!