Road To Oscar 2017: Prediksi Nominasi Best Picture

Emang sih perhelatan Oscar 2017 masih lama, tapi antusias menuju ajang penghargaan film yang dianggap paling tinggi dan prestis itu sudah ramai. Sedihnya, film-film yang diprediksi masuk Oscar ini kayaknya nggak bakal tayang di bioskop Indonesia. Ya gimana lagi, film yang dianggap bagus belum tentu disukai oleh penonton (terutama penonton Indonesia) dan bandarnya jelas nggak mau rugi. So, film apa saja yang kira-kira diprediksi masuk nominasi Best Picture pada Oscar tahun depan? Berikut ini adalah daftar film favorit yang saya kumpulkan dari situs film terkemuka (in alphabetical order):

#1
ARRIVAL
Rotten Tomatoes: 93% | 8.4/10


I'm always attracted to space adventure or a movie about Alien. Jadi kalau ada film tentang alien misterius yang datang ke bumi (ini seperti versi keren dari Independence Day), dan sutradaranya adalah Dennis Villeneuve yang masuk ke radar sutradara favorit saya semenjak Enemy (2013), absolutely this movie is sold to me! Sayang beribu sayang Arrival kayaknya nggak tayang di Indonesia (mungkin tayang sih, tapi baru Januari atau Februari kayaknya... padahal di US udah main November), dan ini menjadi kekecewaan besar buat saya. Dari trailernya bisa terlihat bahwa film ini kelam dan misterius (khas Villeneuve banget deh) dengan scoring music menakjubkan dari Jonas Jonasson yang juga nggarap Sicario (2015), dan performa akting juara dari Amy Adams. 

#2
FENCES
Rotten Tomatoes: 83% | 7.5/10


Butuh waktu lama bagi August Wilson untuk akhirnya mengijinkan naskah drama Fences-nya diangkat ke layar lebar, terutama karena alasan bahwa sutradaranya harus sutradara African-American. Denzel Washington bertindak sebagai sutradara, sekaligus menjadi lead actor bersama dengan Viola Davis yang berperan sebagai sang istri. Fences adalah sebuah drama bersetting waktu 1950-an di Pittsburgh, tentang seorang pria bernama Troy Maxson yang tinggal bersama keluarganya dan harus menghadapi sejumlah permasalahan dalam hidupnya. 

#3
JACKIE
Rotten Tomatoes: 88% | 8.1/10


Melalui Jackie, saya cukup positif bahwa Natalie Portman akan memenangkan Oscar keduanya setelah Black Swan (2010). Jackie adalah sebuah kisah mengenai kematian JFK dari sisi the first-lady, Jackie Kennedy - bagaimana ia mengatasi kehilangan sang suami dan harus menjaga diri dan legacy suaminya di depan publik. Trailernya cukup emosional, akting Natalie Portman - termasuk bagaimana ia menirukan aksen unik Jackie O begitu menawan, dan yang bikin saya lebih excited adalah scoring music dari Mica Levi (Under The Skin) yang bikin nuance Jackie terasa whimsical dan melankolis. 

#4
LA LA LAND
Rotten Tomatoes: 97% | 8.8/10


Awalnya saya sempat males ketika Ryan Gosling dan Emma Stone dipasangkan lagi melalui La La Land. Tapi kemalesan itu hilang waktu liat teaser trailer-nya - yang menampilkan Ryan Gosling nyanyi City of Stars (Ryan Gosling? On a suit? Singing and playing piano? OHMYGOD!). Keduanya tampil menawan dan Tuhan seharusnya menakdirkan mereka bersatu (eh tapi tetap saja saya prefer Emma Stone sama Andrew Garfield dan Ryan Gosling sama.... Rachel McAdams! - Am I too old to playing pairing celebrity like this?). Damien Chazelle (Whiplash) kembali mengangkat isu bagaimana mengejar mimpi, kali ini dalam sebuah drama musikal yang cantik, indah, dan..... romantis (adegan kissing di bioskop, menari di planetarium dan jalan.... that's so romantic!). 

#5
LOVING
Rotten Tomatoes: 89% | 7.6/10


Kebayang nggak sih bagaimana dua orang bisa saling mencintai namun harus dipaksa dipisahkan oleh negara karena perkara perbedaan ras? Amerika punya sejarah kelam dalam menghadapi perkara rasisme, dan Loving yang diangkat dari kisah nyata kasus Loving v Virginia adalah salah satunya. Disutradarai dan naskahnya dikerjakan oleh Jeff Nichols (Midnight Special), Loving merupakan sebuah heart-breaking drama tentang Richard (Joel Edgerton) dan Mildred Loving (Ruth Negga) yang pernikahannya dianggap melanggar peraturan yang melarang interracial marriage. "Tell the judge, I love my wife..." - when Edgerton said that in the end of trailer, I just feel so deeply emotional!

#6
MANCHESTER BY THE SEA
Rotten Tomatoes: 98% | 8,9/10 


Manchester By The Sea menjadi salah satu indie-contender paling kuat di bursa Oscar tahun depan. Disutradarai dan naskahnya dikerjakan oleh Kenneth Lonargan, Manchester By The Sea bercerita tentang seorang Lee Chandlers (Casey Affleck) yang harus kembali ke kota asalnya demi merawat keponakannya setelah kakak laki-lakinya meninggal. Disebut-sebut Manchester By The Sea adalah sebuah film drama mengenai arti kehilangan dan kehidupan, dengan karakterisasi kuat, moral-story yang dalam, dan dukungan kuat dari cast Casey Affleck, Lucas Hedges dan Michelle Williams. Tampaknya ini waktu yang tepat bagi Casey Affleck untuk akhirnya mendapat pengakuan sendiri terlepas dari bayang-bayang Batman.. eh Ben Affleck. 

#7
MOONLIGHT
Rotten Tomatoes: 98% | 9/10 


Ahh... Moonlight ini udah jadi favorit sejak nonton trailernya yang incredibly beautiful, salah satu indie-contender terkuat (selain Manchester By The Sea) di bursa Oscar. Sinematografinya juara (I really love that "neon" vibe), scoring music-nya menyayat hati, dan muatan dramanya tampaknya bisa bikin hati ini teriris-iris. Moonlight disutradarai dan naskahnya dikerjakan oleh Barry Jenkins (terbilang bukan nama besar dan relatively new), ceritanya mengikuti kisah seorang pria dalam tiga chapter kehidupannya dalam usahanya menghadapi kepedihan hidup di tengah ekstasi, seksualitas dan cinta. Dibintangi oleh Mahershara Ali, Alex Hibbert, Ashton Sanders dan Andre Holland. 

#8
SILENCE
Rotten Tomatoes: -


Terbilang minim informasi dan baru rilis akhir tahun ini, Silence diprediksi akan menjadi salah satu pesaing kuat di ajang Oscar tahun depan. Kabarnya Silence yang diangkat dari sebuah novel Shusaku Endo ini telah menjadi passion project Martin Scorsese selama 20 tahun sebelum akhirnya dikerjakan dan dirilis akhir tahun ini. Bercerita tenga dua misionaris (Andrew Garfield dan Adam Driver) yang menghadapi ujian keimanan saat harus pergi ke Jepang untuk mencari sang mentor (Liam Neeson). Film ini tampaknya akan menjadi sebuah perjalanan spiritual yang kelam, depresif dan emosional. "I pray but I am lost. Am I just praying to silence?". 

Dan berikut ini adalah kandidat lain yang juga berpeluang untuk masuk nominasi Best Picture piala Oscar tahun depan:
1. Hacksaw Ridge
2. Hell or High Water
3. Lion
4. Sully
5. The Jungle Book
6. 20th Century Women
7. Hidden Figures
8. Florence Foster Jenkins
9. A Monster Calls
10. Live By Night
11. Nocturnal Animals
12. Passengers
13. Billy Lynn's Long Halftime Walk
14. Patriots Day. 

Sejauh ini para kritikus memfavoritkan Moonlight, Manchester By The Sea dan La La Land sebagai kandidat kuat di ajang Oscar. Silence baru dirilis akhir tahun, dan beberapa orang mengatakan Silence akan menjadi kandidat kuat melawan tiga film lainnya yang telah screening lebih dulu di berbagai festival. Biarpun ada Ryan Gosling yang tampan di La La Land, saya sendiri tidak terlalu suka musical-drama (that kind of music is not my type), jadi saya memfavoritkan Moonlight dan Silence sebagai juaranya. Terutama karena kedua film itu punya nilai moral yang kuat dan jelas itu menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi juri Oscar. 

Komentar

  1. prediksi kita sama.. tos dulu dong mbak :D

    Silence diprediksi paling kuat sama Manchester By The Sea,

    Arrival rencananya tayang di XXI antara 02 sd 08 January 2017 (dpt bocoran list dr anak kaskus) *hiks lama banget yak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss!

      Desember kalah saing sama film akhir tahun sebangsa Rogue One dan Assassin's Creed :( Yang penting gpp lah masih main di indo :)

      Hapus
  2. Yang ada di prediksi belum ditonton semua sama saya. Tapi kayaknya saya pengin nonton Arrival sama La La Land. Hehehe. Betul banget kalo Emma Stone itu cocoknya sama Andrew Garfield. Tapi sayang Spidermannya udah abis masa jabatannya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Best picture di ajang oscar biasa nya di yang menang tentang true story jadi prediksi saya yg bakalan menang best picture di ajang oscar yaitu film moonlight atau hidden figures

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!