[Quick Review] Ant-Man (2015), You're Next (2011), The Guest (2014), and Jeff Who Lives At Home (2011)

Ketika terlalu malas untuk nulis resensi secara penuh satu persatu, maka inilah yang terjadi. Quick Review. Resensi lengkap yang terangkum dalam satu paragraf. Film-film yang tidak terlalu wow, namun cukup asyik dan menghibur untuk ditonton. All scored 4/5!

Ant-Man (2015)
RottenTomatoes: 79% | NikenBicaraFilm: 4/5 


Starring: Paul Rudd, Michael Douglas, Evangeline Lily
Directed by: Peyton Reed
Genre: Action & Adventure, Drama, Comedy

Satu hal yang jelas, Marvel adalah yang terdepan dalam menyajikan film-film superhero, apalagi dengan proyek besar mereka yang disebut Marvel Cinematic Universe (MCU). Sejauh ini Marvel tidak pernah gagal dalam memberikan kita hiburan mainstream jagoan di layar bioskop, membuat siapapun yang sebelumnya tidak menggemari komik-komik Marvel kemudian jadi mengidolakan Iron Man hingga Guardian of the Galaxy. Selain itu, setiap film Marvel juga punya pesona dan keunikan tersendiri, tak terkecuali Ant-Man yang menjadi heist-movie dengan sentuhan drama keluarga. Kisahnya tentang Scott Lang (Paul Rudd), narapidana 'tobat' yang kemudian harus menjadi Ant-Man baru dengan misi membantu Ant-Man sebelumnya Hank Pym (Michael Douglas) untuk - emh, katakan saja - menyelamatkan dunia. Ant-Man bukanlah sebuah film yang benar-benar saya sukai secara personal, namun secara obyektif Ant-Man adalah perkenalan yang cukup baik bagi penonton untuk mengenali sejarah Scott Lang hingga bisa menjadi manusia semut. Dengan disutradarai oleh Peyton Reed yang sebelumnya spesialis komedi, dibintangi pula oleh Paul Rudd yang somehow makin tua makin ganteng, Ant-Man adalah film komedi superhero yang cukup kocak, tidak lupa dengan sentuhan drama keluarga yang tidak dimiliki film-film Marvel sebelumnya. Nama Ant-Man memang mungkin terdengar tidak meyakinkan, kurang keren kalau dibandingkan superhero lain macam Captain America atau Hulk, tapi Ant-Man adalah bukti bahwa ternyata falsafah 'size doesn't matter' mungkin ada benarnya.  


You're Next (2011)
RottenTomatoes: 75% | NikenBicaraFilm: 4/5 


Starring: Sharni Vinson, Nicholas Tucci, Wendy Glenn, A. J. Bowen
Directed by: Adam Wingard 
Genre: Horror

Film indie You're Next adalah film yang melambungkan nama Adam Wingard sebagai sutradara, serta rekannya Simon Barret sebagai penulis naskahnya. You're Next sebenarnya tidak jauh berbeda dari film slasher yang mungkin sudah sering kamu tonton. Ceritanya tentang pertemuan keluarga dalam rangka merayakan anniversary perkawinan sang ayah dan sang ibu di sebuah villa terpencil, yang kemudian berubah menjadi malapetaka ketika tiga orang bertopeng binatang mulai memburu dan membunuh mereka satu persatu. Sounds familiar? yeah, tapi duet Wingard dan Berret berusaha menyajikan sebuah thriller slasher yang jauh lebih berkelas, dengan tokoh utama jagoan perempuan yang sangat badass. You're Next memang bukanlah sebuah film slasher yang revolusioner, namun sebagai sebuah film thriller dengan tujuan menghibur, maka film ini berhasil menjadi representasi genre slasher modern yang baik. Seru, menghibur, dengan sedikit twist yang sangat menyenangkan. Jangan lupakan juga soundtrack music-nya yang catchy dari Dwight Twilley dengan Lookin For The Magic - yang menjadi semacam theme-song pembunuhan sadisnya, dan pada akhir film dijamin kamu akan tahu fungsi lain dari blender!

The Guest (2014)
RottenTomatoes: 90% | NikenBicaraFilm: 4/5 


Starring: Dan Stevens, Maika Monroe
Directed by: Adam Wingard 
Genre: Action, Mystery & Suspense

Duet Adam Wingard dan Simon Barret kembali lagi setelah kesuksesan film You're Next. Bercerita tentang keluarga Peterson yang kedatangan seorang lelaki misterius bernama David (Dan Stevens) yang mengaku sebagai teman putra mereka yang sudah meninggal, dan kemudian menumpang selama beberapa hari di rumah keluarga Peterson. Tentu saja, David menyimpan rahasia misterius, dan ia bukan sekedar tamu biasa. Premisnya terdengar sederhana, dan sebenarnya The Guest adalah film yang sederhana - semacam premis untuk film-film kelas B. Plotnya juga terbilang biasa, namun Adam Wingard berhasil mengeksekusi The Guest menjadi sebuah film yang lebih dari itu. Dimulai dengan cukup lambat, namun perlahan tapi pasti tabir misterius yang menjelaskan siapakah David sebenarnya kemudian terkuak, semakin jelas dan semakin seru - seiring dengan tokoh David yang ternyata bisa berkelahi dengan cool dan penuh gaya. Ada juga sisipan action-nya yang tidak disangka, serta adegan akhir yang tampaknya semacam homage untuk film thriller tahun 80-an, lengkap dengan musik retronya. Dan Stevens berperan dengan sangat baik (dan sangat menggoda) sebagai David, semacam mengingatkan saya pada aura Ryan Gosling di film Drive. Hot, hot, hot!

Jeff, Who Lives at Home (2011)
RottenTomatoes: 78% | NikenBicaraFilm: 4/5 


Starring: Jason Segel, Ed Helms, Susan Sarandon
Directed by: Jay and Mark Duplass
Genre: Drama, Comedy

Jeff, Who Lives at Homes bercerita tentang satu hari yang aneh - dimulai dari Jeff (Jason Segel), sang anak bungsu yang pemalas dan kekanak-kanakan, yang percaya akan takdir. Suatu hari ia percaya bahwa takdirnya berhubungan dengan telepon salah sambung yang menanyakan 'Kevin', yang kemudian menuntunnya pada serangkaian kejadian acak yang melibatkan kakak laki-lakinya Pat (Ed Helms) yang sedang ada masalah dengan istrinya, serta sang ibu (Susan Sarandon) yang menemukan seorang penggemar rahasia di kantornya. Ceritanya sebenarnya sepele dengan sedikit sentuhan quirky - namun Jay dan Mark Duplass yang bertindak sebagai sutradara sekaligus penulis naskahnya bisa menghadirkan sebuah drama yang tidak hanya kocak, namun juga menyentuh. Fokus utamanya ada pada hubungan persaudaraan antara sang kakak dan sang adik, yang tentu saja diwarnai dengan pertengkaran dan kejadian - kejadian random yang aneh - namun pada akhirnya sangat mengharukan. Didukung dengan akting yang cukup baik dari ketiga tokoh utama, Jeff, Who Lives at Homes adalah sebuah drama keluarga yang agak sayang untuk dilewatkan.

Komentar

  1. Ant-Man film yang terlalu memaksakan, dari sisi penjahatnya terlalu fokus akan balas dendam dan terlalu klise bgt, apa karena harus mengejar film Avengers sehingga jagoan marvel yg baru seperti dikejar-kejar untuk gabung nanti di Avengers part 1 dan 2, overall gw suka banget aktingnya Michael Douglas sudah lama tidak melihat dia, film kesukaan gw dari dia The Game dan Falling Down. #niken kapan2 kita nonton bareng yuk supaya diskusi live hehehe ig: @frappuccino_frozen

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!