Top 5 : Film Untuk Ditonton di Halloween (Part-1)

Yes, October is a perfect month to watch some horror movies. Kali ini saya mau rekomendasikan beberapa film horror lawas yang cocok untuk ditonton di Halloween kali ini. Forget the Annabelle, saya sendiri sih belum nonton sih sampai sekarang – dan menilik kecewanya orang-orang dengan film boneka hantu itu meyakinkan saya untuk tidak membuang uang saya nonton Annabelle di bioskop. Jadi sebaiknya kamu juga begitu. Saya menyusun kelima film ini dalam urutan, jadi sebaiknya kamu memulai nonton dari film kelima (yang paling enteng) menuju ke film pertama (yang paling serem).

So, are you ready? 
Here are the list: 
5. SCREAM 
 (US, 1996) 


Directed by Wes Craven
Written by Kevin Williamson
Starring David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox 

This movie might be too mainstream to you. Siapa sih anak era 90-an yang belum pernah nonton Scream? Tapi tidak ada salahnya kalo kamu memulai malam serammu dengan nonton Scream (untuk kesekian kalinya, mungkin). Cukup horror, tapi masih ringan, baik untuk pemanasan. Ceritanya cukup klise: seorang pembunuh bertopeng meneror sebuah kota bernama Woodsboro. Alur kisah ini terbilang sudah basi – mirip-mirip film Halloween dan Friday the 13th, dengan fokus pada misteri “whodunit” alias siapa sih sebenarnya pembunuhnya dan apa motifnya. Nah disinilah, kalo kamu mencermati, betapa film yang disutradarai oleh Wes Craven dan penulis naskah Kevin Williamson ini seolah-olah menjadi film horor satir tentang genre horor slasher itu sendiri. Terutama dengan trivia-trivia yang di-“kuis”-kan oleh Ghosftace. And that’s a brilliant move, which is sooo much entertaining! 

4. SHUTTER
 (Thailand, 2004)


Directed by Banjong Pisanthanakun, Parkpoom Wongpoom
Written by Banjong Pisanthanakun, Sopon Sukdapisit, Parkpoom Wongpoom
Starring Ananda Everingham, Natthaweeranuch Thongmee, Achita Sikamana

Kalau bicara masalah film horror paling terkenal dari Thailand, Shutter adalah salah satunya (dan menjadi salah satu film horror Asia yang diremake oleh Hollywood, di tahun 2008 - tapi gagal, cuma dapet 7% fresh di Rotten Tomatoes). Kisahnya bermula dari pasangan Tun dan Jane yang suatu hari tidak sengaja menabrak seorang perempuan di jalan dan kabur tanpa bertanggung jawab. Sejak saat itulah muncul bayangan hantu misterius di foto yang dihasilkan oleh Tun yang bekerja sebagai fotografer. Ceritanya sih standar, alur plotnya ga lancar alias ga nyambung, dan editingnya kurang baik. Twistnya sendiri juga agak mudah ketebak. Tapi filmnya sendiri secara umum masih cukup menarik untuk ditonton, apalagi rame-rame. Momen kemunculan hantunya masih cukup sialan (baca: mengagetkan), hantunya sendiri nakutin banget, dan tokoh utamanya yang cowok (ehem..) ganteng banget.

3. SINISTER
(US, 2012)


Directed by Scott Derrickson
Written by Scott Derrickson, C. Robert Cargill
Starring Ethan Hawke, Juliet Rylance

Berada di genre dan kisah yang hampir-hampir mirip dengan Insidious, Paranormal Activity dan The Conjuring, Sinister semacam kalah tenar. But in my opinion, this movie is more frightening! Kisahnya tentang seorang penulis kriminal Ellison Oswalt (Ethan Hawke) yang menemukan sebuah kotak berisi kaset rekaman misterius di loteng rumah barunya, yang isinya ternyata pembunuhan - pembunuhan aneh yang menakutkan. Opening scene Sinister sudah semacam bikin bulu kuduk merinding, menampilkan footage misterius tentang satu keluarga yang digantung di pohon. Footage-footage ini lah yang memang menjadi kekuatan film Sinister - so damn creepy, mungkin karena terasa sangar realistis. Twistnya juga lumayan seru, walaupun not very surprising. Satu-satunya masalah adalah Sinister tidak menawarkan konklusi yang memuaskan tentang si hantu misterius, semacam ending yang sedikit menggantung (perhaps for the next sequel?). But it is still worth to watch!

2. AUDITION
(Japan, 1999)


Directed by Takashi Miike
Screenplay by Daisuke Tengan
Based on Audition, by Ryu Murakami
Starring Ryo Ishibashi, Eihi Shiina

Film horror Jepang yang paling banyak dikenal orang biasanya hanya Ring dan Ju-On. Tapi Jepang juga punya film horror thriller psikologis yang seiring waktu diakui sebagai salah satu film cult-classic di genre horror, yaitu Audition yang disutradarai oleh sutradara kontroversial Takashi Miike. Audition bercerita tentang seorang duda Shigeharu Aoyama (Ryo Ishibashi) yang hendak mencari istri lagi. Kemudian sahabatnya menyarankannya untuk mengadakan audisi bohong-bohongan untuk casting film, yang maksud sebenarnya adalah mencari kandidat istri baru. Di sinilah kemudian Shigeharu bertemu perempuan muda misterius (berambut panjang, tentu saja) Asami Yamazaki (Eihi Shiina). Paruh pertama Audition terasa berkepanjangan, namun dengan cerdik Auditon memberikan clue-clue dan horror-trick yang memancing perhatian penonton. Jika paruh pertama terasa membosankan, maka paruh kedua berjalan bagaikan mimpi buruk. Di bagian akhir inilah Audition bak pesta pora pecinta film slasher dalam versi yang lebih surealis. Ini bukan film tersadis yang pernah ada sebenarnya, but still.. I found myself feeling uncomfortable. Eihi Shiina yang sebelumnya tampak culun kemudian bertranformasi jadi psycho, and I'm haunted by her voice! Akan tetapi Audition memang sedikit terasa ambigu alias gag jelas, dan saya agak terganggu dengan betapa skinny - nya si Eihi Shiina.

1. THE EXORCIST
(US, 1973)


Directed by William Friedkin
Screenplay by William Peter Blatty
Based on The Exorcist by William Peter Blatty
Starring Ellen Burstyn, Max von Sydow, Jason Miller, Linda Blair

Film apa lagi yang paling sempurna untuk ditonton di Halloween jika bukan The Excorcist? Film fenomenal ini gag hanya menjadi film Warner Bros paling laris, menjadi film horror pertama yang masuk nominasi Best Film di piala Oscar, tapi juga diakui menjadi salah satu film horror terseram yang pernah ada. Kisahnya konon terinspirasi dari kisah nyata, tentang iblis yang merasuki seorang gadis perempuan bernama Regan (dimainkan dengan sangat brilian oleh Linda Blair). Actually I'm not a big fans of movie about supernatural, demons and stuff like that, but this movie is so damn classic and scary! Tiga puluh menit awalnya memang membuat ngantuk (sumpah saya udah nyaris ketiduran), tapi sepanjang sisa filmnya saya dihantui oleh betapa menakutkannya si Regan saat kerasukan. Ada banyak momen scene yang legendaris, sebut saja spider-walk dan bagaimana si Regan memutar kepalanya 180 derajat. Ada banyak disturbing-scene, yang saya maksud adalah ketika Regan yang masih berusia 12 tahun berkata kotor dan bermasturbasi dengan crucifix. William Friedkin juga membawakan The Exorcist menjadi tontonan yang menegangkan, terutama karena film ini minim dialog, minim backsound, dan memunculkan banyak adegan yang mengagetkan. Spesial efek dan make-up The Exorcist juga sangat mengagumkan.Yes, I'm sure The Exorcist will be a perfect movie choice to end this Halloween.

Demikian 5 daftar film horror rekomendasi dari saya untuk kamu tonton di Halloween kali ini. Semoga berikutnya saya bisa bikin  feature article lagi semacam ini - yang artinya saya harus makin sering nonton, dan bisa semakin produktif nulis. Oke, selamat menonton, selamat bermimpi buruk, dan happy Halloween!

Komentar

  1. Pilihaku jatuh pada Audition.

    Bakal jadi tontonan bareng temen di hari halloween :D

    BalasHapus
  2. I vote Exorcist! Bukunya sampe sekarang belum aku baca hahaha

    BalasHapus
  3. i've watch it all... except, the audition and shutter.
    i love your blog btw.. and your reviews!

    http://www.creepycreezpi.blogpsot.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!