Seven Something (2012)



NikenBicaraFilm : 3,5/5
Genre: Romance, Drama

Directed by Jira Maligool, Adisorn Tresirikasem, Paween Parijtipanya ; Starring Jirayu La-ongmanee, Suthatta Udomslip, Nichkhun, Suquan Bulakul, Sunny Suwanmethanont, Sirin Horwang ; Music by GMM Gramm ; Studio GTH ; Release date(s) July 26, 2012 (Thailand) ; Country Thailand ; Language Thai ; Box office US$2,194,362

Story / Cerita / Sinopsis:
Berdasarkan angka 7 yang memiliki makna yang cukup mendalam bagi masyarakat Thailand, Seven Something dibagi menjadi 3 bagian yakni 14, 21/28, dan 42.195 yang menunjukkan usia dari para tokoh dalam masing-masing ceritanya. 


14
Bercerita mengenai kehidupan romansa dua ABG, Puan (Jirayu La-ongmanee) dan Milk (Suthatta Udomsilp). Puan yang merupakan social-media-addicted merekam dan menceritakan setiap kisah cintanya dan kemudian menguploadnya ke youtube, berharap bisa membagi perasaan bahagianya dengan netizen lainnya. Dan hal inilah yang kemudian membuat hubungan mereka yang masih polos menjadi bermasalah.



21/28
Hadir dalam kisah yang lebih serius, 21/28 menceritakan dua orang aktor Jon (Sunny Suwanmethanont) dan aktris Mam (Cris Horwang) yang sebelumnya terlibat cinta lokasi dalam sebuah film “Sea You”.  Namun kemudian jalinan cinta mereka berakhir buruk, dan membuat karir akting mereka berakhir sama buruknya. Tujuh tahun kemudian, film Sea You hendak dibuatkan sekuelnya, hal ini mendorong Mam mendekati Jon untuk mau mengikuti casting sekuel film tersebut.



42.195
Memiliki pendekatan yang berbeda dalam membawakan tokoh-tokohnya, segmen terakhir ini melibatkan percintaan dua orang yang usianya terlampau jauh. Seorang wanita berusia 42 tahun (Suquan Bulakul) tidak sengaja tertabrak seorang pelari marathon (Nickhun 2PM). Pertemuan kecil ini pada akhirnya membuat sang wanita menantang dirinya untuk bisa mengikuti perlombaan lari marathon melalui bantuan si pemuda, dengan harapan proses itu bisa membuatnya melangkah maju dari masalah yang dideritanya.
Review / Resensi :
Belakangan film Thailand tidak hanya terkenal berkat film-film horornya, tapi juga dengan film-film romantisnya yang ringan namun tetap mengena di hati. Seven Something sendiri sebenarnya menandai ulang tahun ketujuh rumah produksi GMM Thai Hub yang sebelumnya terkenat berkat film-film seperti Hello Stranger, Phobia 2 dan Bangkok Traffic Love Story. Setiap segmen film ini disutradarai oleh 3 sutradara yang berbeda, yang masing-masing mendirect dengan gayanya masing-masing.

Segmen pertama, 14, memang tampaknya menjadi bagian yang paling pas di hati-hati kita semua yang setiap harinya ngecek status facebook dan twitter. 14 menjadi segmen yang paling ringan, komedik dan segar. Kisahnya sangat sederhana, dan bolehjadi segmen ini mewakili  generasi ABG jaman sekarang yang selalu ingin “menggalau” di sosial media. Jirayu La-ongmanee dan Suthatta Udomsilp, para pemeran di kedua film tersebut mampu membawakan aktingnya dengan sangat khas remaja – dengan segala kepolosannya, kenaifannya dan kekanak-kanakannya. Disutradai oleh Paween Parijtipanya, 14 dibawakan dengan gaya penyutradaraan yang sedikit komikal, mengingatkanmu pada film “komik” lain seperti Scott Pilgrim, dengan menyelipkan icon-icon khas social media populer. Saya menemukan 14 sebagai segmen pertama yang menyegarkan dan menggelitik.

Segmen berikutnya, 21/28 hadir dalam kisah yang jauh lebih dewasa, sesuai dengan usia yang memang sedang diwakilinya (21 & 28 tahun). Adisorn Tresirikasem sang sutradara membawakan ceritanya dengan alur maju mundur. Agak sedikit membingungkan di awal bagi saya, tapi perlahan alurnya dengan mudah bisa diikuti. 21/28 memang terasa sedikit mendayu-dayu (terutama bagi kamu pria-pria yang terjebak nonton film ini bersama pacarmu), dan sedikit lebih emosional. Namun entahlah, saya paling suka dengan segmen ini. Apakah karena konfilknya yang tampak begitu dramatis, atau karena saya di lain sisi terpesona dengan Sunny Suwanmethanont, dengan ekspresinya yang datar tapi cool (dan dia cukup ganteng pula :D). Yang saya suka, tidak hanya terjebak pada kisah cinta yang klise dengan romansa-romansanya yang terasa gombal, Adisorn mampu menyelipkan sedikit humor di beberapa bagiannya. Apalagi karakter Mam yang dibawakan Cris Horwang yang tampak manja dan menyebalkan, namun di lain sisi menjadi daya tarik tersendiri. 21/28 bagi saya merupakan segmen paling romantis, dan sekarang seharusnya kamu paham kenapa saya paling suka bagian ini. Yeah, every woman want a romance story in her real life.

Segmen terakhir, tampaknya adalah segmen yang paling ditunggu-tunggu, terutama oleh para pecinta K-pop di seluruh dunia (termasuk saya). Segmen ini menjadi debut pertama akting Nickhun yang sebelumnya terkenal sebagai member boyband 2PM dari Korea. 42.195 hadir dengan makna yang lebih dalam dan sedikit lebih filosofis. Berkisah mengenai seorang wanita berusia 42 tahun yang berusaha bangkit dari kesedihan yang menimpanya (I won’t tell you what her problem, karena kesedihan apa yang dideritanya menjadi sedikit twist yang tidak akan seru kalau saya katakan sekarang). Marathon, dijadikannya sebagai hal yang membuatnya menantang diri melewati segala hambatan, dan memulai awal yang baru – dan ia melatih dirinya bersama seorang pemuda 24 tahun yang tidak sengaja ditemuinya di taman, lantas bisa ditebak benih-benih cintapun tumbuh. 42.195 ternyata merupakan film pertama bagi kedua pemeran utamanya Suquan Bulakul dan Nickhun. Chemistry keduanya memang terasa sedikit “awkward”, namun menurut saya akting Suquan Bulakul dan Nickhun sudah cukup baik. Yaaaaa... Nickhun memang berakting agak sedikit kaku– tapi ya sudahlah, dia tetap lucu, innocent dan cakep :3

Overview:
Seven Something is a perfect movie to accompany your holiday. Tiga segmen filmnya berkisah sama baiknya, mampu membuat tertawa terbahak-bahak sekaligus mampu membuat mata berkaca-kaca. Filmnya terasa cukup ringan, namun menyentuh. Konfliknya boleh jadi sedikit dramatis, namun dibawakan dengan lembut sehingga terasa manusiawi. Kalau kamu jenuh dengan film-film Hollywood yang kadang terasa berlebihan, maka Seven Something adalah film yang tepat.


Komentar

  1. Penggemarnya Nichkhun ya? Hehe, saya juga kok (?)

    Anyway, boleh tukeran link gak? Link ini udah saya taruh di blog saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ngefans-ngefans banget sih ama Nickhun, tapi hiburan banget buat dilihat.:)
      Yap, sudah aku taruh ya link-nya..

      Hapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!