The Big Lebowski (1998)



RottenTomatoes: 80% 
NikenBicaraFilm: (4/5)

Rated: R
Genre: Comedy

Directed by  Joel Coen, Ethan Coen (Uncredited) ; Produced by Ethan Coen, Joel Coen (Uncredited), Tim Bevan, Eric Fellner ; Written by Ethan Coen, Joel Coen ; Narrated by Sam Elliott ; Starring Jeff Bridges, John Goodman, Julianne Moore, Steve Buscemi, John Turturro ; Music by Carter Burwell ; Cinematography Roger Deakins ; Editing by Tricia Cooke, Roderick Jaynes ; Studio Working Title Films, Bitter Creek Productions Inc, Polygram Filmed Entertainment ; Distributed by Gramercy Pictures ; Release date(s) March 6, 1998 ; Running time 119 minutes ; Country United States, United Kingdom ; Language English ; Budget US$15 million ; Box office US$46,189,568


Kalau kamu tidak terbiasa dengan selera humor Coen Brothers  Ethan dan Joel Coen, penulis naskah dan sutradara dalam film ini), maka tidak ada jalan lain selain kamu harus belajar membiasakannya. Coen Brothers memiliki selera humor yang unik, boleh dibilang sedikit eksentrik, namun tidak lantas membuatmu tidak bisa tertawa. Kamu mungkin pernah menonton film-film mereka macam Fargo (1996) yang berhasil melambungkan nama mereka berdua sebagai sutradara, atau film komedi komersil mereka yang dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama dari John Malkovich, Brad Pitt hingga Tilda Swinton, Burn After Reading (2008). Ada pula A Serious Man (2009), yang bernuansa sedikit satir dan mengenaskan akan kesialan bertubi-tubi seorang pria Yahudi. Coen Brothers memiliki banyak karya komedik, namun bukan berarti mereka tidak pernah membuat film yang sedikit serius, seperti True Grit (2010 – nominasi piala Oscar), atau No Country For Old Men (2007 – film terbaik piala Oscar).

The Big Lebowski boleh dibilang adalah salah satu karya Coen Brothers yang benar-benar komedi, saya benar-benar dibuat tertawa oleh film ini. Dirilis pada tahun 1998 dan bersetting di LA, The Big Lebowski berkisah mengenai Jeff “The Dude” Lebowski (Jeff Bridges, Crazy Hearts), seorang penganggur pemalas yang kerjaannya hanya main Bowling bersama dua sahabatnya, Walter (John Goodman, TV series Roseanne), seorang veteran perang yang kacau dan Donny (Steve Buschemi, TV Series Boardwalk Empire), pria bloon yang sering tidak nyambung kalo teman-temannya berbicara. Suatu saat Dude didatangi dua orang pria penagih hutang, yang rupanya salah menuduh Dude dengan Jeffrey Lebowski (The Big Lebowski) lain, milyuner kaya yang memiliki nama yang sama dengannya. Salah satu pria penagih hutang itu mengencingi karpet Dude, membuat Dude tidak terima dan memutuskan untuk meminta ganti rugi pada Jeff Lebowski yang asli. Namun ternyata hal ini membuatnya harus terlibat pada peristiwa lain, ketika istri Lebowski yang kaya diculik dan Dude diminta menjadi kurir pengantar uang yang diminta penculik. Boleh ditebak, hal ini kemudian berlanjut pada peristiwa-peristiwa yang jauh lebih aneh.

Coen Brothers sering memasukkan perjalanan seorang tokoh dengan berbagai benturan kebetulan pada cerita-ceritanya. Kamu mungkin sudah pernah menonton Fargo, atau Burn After Reading, dan tahu apa yang saya maksud. Hal itulah yang mendasari penceritaan pada The Big Lebowski. Coen Brothers juga sangat baik dalam membentuk karakter-karakter yang menjadi sentral cerita, dan salah satunya ada pada karakter yang dengan luar biasa dimainkan oleh Jeff Bridges ini. Dengan pakaian berantakan, dan gaya duduk seenaknya, Jeff Bridges membuat kita begitu yakin akan perannya sebagai the Dude. Karakter Dude yang begitu kuat inilah yang menjadi kekuatan film ini. Kamu juga pasti akan dibuat tertawa terbahak akan akting Steve Buscemi, walau dia cukup bertampang bloon sepanjang film tanpa perlu mengucapkan dialog. Dan kalau memang benar karakter Walter Sobchak harus sesoktahu itu, maka John Goodman melakukan tugasnya dengan baik.

The Big Lebowski boleh dibilang menjadi salah satu American comedy cult movie saat ini, walaupun tidak terlalu sukses secara Box Office saat pertama kali dirilis. Ada banyak momen yang akan membuatmu tertawa, tentu saja karena the Big Lebowski dipenuhi barisan tokoh-tokoh pria paruh-baya yang bodoh. Ada pula scene-scene unik dan absurd dengan musik soundtrack classic country rock ketika Dude tengah bermimpi.  Jeff Bridges boleh saja tidak menerima penghargaan apapun di film ini (ia baru menerima Oscar pertamanya 2009 tahun kemudian lewat film Crazy Hearts), namun sekali lagi saya harus katakan bahwa aktingnya benar-benar meyakinkan dan komikal, ia malah kelihatan tidak seperti berakting -  bahkan kru tidak perlu menyiapkan wardrobe untuk perannya di sini, karena sebagian besar pakaian berantakan Dude adalah pakaian Jeff Bridges sendiri. Kamu juga bisa menikmati beberapa cast lain yang cukup terkenal, seperti Phillip Seymour Hoffman, Tara Reid dan Julianne Moore. Karakter mereka mungkin memang tidak berperan terlalu banyak, namun cukup signifikan.

Overview:
Well, Coen Brothers adalah salah satu sutradara favorit saya. No Country for Old Men akan menjadi salah satu film favorit saya sepanjang masa, dan jika kamu menginginkan taste lain dari Coen Brothers, sedikit selera humor mereka, maka The Big Lebowski dijamin akan benar-benar mampu mengocok perutmu. Karakter Dude benar-benar seru, dan akting Bridges benar-benar kocak.


Komentar