Quick Review: Friend with Benefits, Contagion, American Reunion & Crazy Stupid Love


Well, this blog really need a breakthrough. I must admit it, bahkan untuk rutin melakukan hal yang jadi hobimu terkadang cukup sulit. Agak susah buat saya untuk secara kontinyu mengisi blog, ditambah dengan makin jarangnya saya nonton film akhir-akhir ini. Padahal sudah hampir dua tahun saya memulai blog review film ini lho, tapi reviewnya masih sangat sedikit dibandingkan para movie blogger lain. Hmm.. and also now i have tought to change the name of my blog. Nikenbicarafilm, nama ini terdengar cool dua tahun lalu, tapi sounds really cheesy now, rite? :D Ah, sayang sudah terlambat untuk bisa mengganti alamat blog. Saya juga berfikir untuk membuat tampilan baru, dan konsep baru pula. But i think I’m gonna do it slowly. And first of all, i try to make a quick review of 4 movies that i’ve seen recently. Quick review sebenarnya adalah cara curang untuk mereview film. Hehe. Ini menandakan bahwa saya tidak mampu mereview sebuah film dalam banyak paragraf, dan memilihnya untuk menyingkatnya saja. And i really sorry if these movies i’m gonna review are a last year movie. Ini DVD film saya dari tahun lalu masih menumpuk dan baru nonton sekarang, jadi ya akhirnya baru nulis review-nya sekarang.

FRIENDS WITH BENEFITS (2011)


Directed by Will Gluck. Starring Justin Timberlake, Mila Kunis, Woody Harrelson, Patricia Clarkson, and Richard Jenkins. Studio Castle Rock Entertainment. Release Dates 22 July 2011. Running Time 109 minutes. Country United States.

Genre: Comedy, Romance. Rated: R (Restricted).
RottenTomatoes: 71% ; Metacritic: 63/100; 
NikenBicaraFilm: 3.5/5

Tema ‘witing tresno jalaran saka kulino’ – artinya cinta tumbuh karena kebiasaan, yang divisualisasikan dalam persahabatan cowok dan cewek antara Dylan (Justin Timberlake) dan Jamie (Mila Kunis) tampaknya bukan hal baru dalam genre romantic comedy. Malah, kisah meaningless sex antara 2 sahabat ini digarap di No Strings Attached, yang dirilis beberapa bulan sebelumnya dan dibintangi oleh Ashton Kutcher dan Natalie Portman, bahkan kemudian bahkan ada pula TV series serupa dengan judul yang sama. Yang menjadi roh dalam film ini tidak lain tidak bukan adalah chemistry yang dihadirkan antara Mila Kunis dan Justin Timberlake. Timberlake nampaknya makin menunjukkan talentanya di bidang akting, setelah sebelumnya juga cukup menarik perhatian sebagai Sean Parker pada the Social Network garapan David Fincher, begitu pula akting modern dan enerjik dari Mila Kunis yang sebenarnya begitu mirip dengan karakter Olive yang diperankan Emma Stone di Easy A (2010). Hal itu bukan suatu kebetulan, karena kedua film tersebut memang disutradarai oleh orang yang sama, Will Gluck. Tidak ada hal baru sebenarnya pada Friend with Benefits, namun berkat chemistry yang begitu kuat antara para pemeran utamanya, plus akting yang cukup menghibur dari cast figuran lainnya (Richard Jenkins, Woody Harrelson dan Patricia Clarkson), serta dialog yang smart, kisah klise itu berubah menjadi sangat entertaining untuk ditonton. But yeah, pada akhirnya sih film ini menunjukkan bahwa tidak ada persahabatan yang benar-benar murni antara cowok dan cewek. Well, at least in Hollywood.

CONTAGION (2011)


Directed by Aaron Soderberg. Starring Matt Damon, Laurence Fishburne, Kate Winslet, Marion Cottilard, Gwyneth Paltrow, Jude Law. Written by Scott Z. Burns. Warner Bros. Duration 107 minutes.  

Genre: Mystery & Suspense. Rated: PG-13. 
RottenTomatoes: 85%  
NikenBicaraFilm: 3.5/5

Untuk menunjukkan kengerian yang bisa terjadi pada umat manusia, Contagion tidak menawarkan bencana dengan efek super canggih ala Ronald Emerich. Film yang naskahnya ditulis oleh Scott Z. Burns ini berkisah bagaimana sebuah epidemi mematikan yang dibawa virus dapat menyebar begitu cepat, dan membuat korban-korban satu persatu berjatuhan di seluruh dunia. Yang bisa dilakukan manusia adalah menemukan vaksin penangkal dan obatnya, dalam waktu yang harus lebih cepat dari penyebaran virus itu sendiri. Banyaknya berita-berita akan wabah HIV/AIDS, atau H1N1, membuat Contagion dengan meyakinkan bisa membuatmu berhati-hati ketika bersalaman dengan seseorang, atau menyentuh benda-benda di sekitarmu.  Soderbergh berusaha merangkum itu semua: what will really happened jika sebuah virus tidak kasat mata yang belum teridentifikasi bisa menjadi wabah berbahaya bagi umat manusia di seluruh dunia. I can tell you: chaos. Sordebregh, kembali membawa ensemble cast seperti yang sering dilakukannya, mulai dari Matt Damon hingga gadis kesayangan Nolan, Marion Cottilard. But yeah, dengan banyaknya plot, banyaknya tokoh, film ini terkesan kurang karakterisasi. Which is still okay, actually, berkat akting prima dari para pemerannya. Namun IMHO, Contagion sendiri tidak terlalu meninggalkan kesan, terutama karena Soderbergh hanya menampilkannya menyerupai sebuah dokumenter apa yang bisa terjadi pada sebuah bencana epidemi virus. It still great, but not a really ‘that’ great. Namun dengan smart twist pada bagian akhirnya, Contagion hendak menyampaikan pesan yang sudah sangat klise hingga kerapkali mudah dilupakan, how to love this planet.

AMERICAN REUNION (2012)


Directed by Jon Hurwitz, Hayden Schlossberg. Starring Jason Bigg, Alyson Hannigan, Chris Klein, Tara Reid, Sean William Scott. Written by Adam Herz, Jon Hurwitz, Hayden Schlossberg. Duration 110 minutes. Universal Studios.

Genre: Comedy, Romance. Rated: R (Restricted) 
Rotten Tomatoes: 44%
NikenBicaraFilm: 2.5/5

If u miss American Pie, than u should watch American Reunion. Pada film yang disutradarai oleh Jon Hurwitz dan Hayden Schlossberg ini, kita kembali bertemu dengan high-school boy yang dulu pernah membuat kita tertawa akan curiosity kepolosan mereka pada sex. American Reunion mempertemukan kembali para bintang American Pie, mulai dari Jason Bigg, Chris Klein, Sean William Scott hingga Tara Reid dan Alyson Hannigan. American Reunion menceritakan ketika Jim, Kevin, Finch, Oz dan Stiffler berkumpul kembali pada acara reuni masa SMA mereka, membawa masalah mereka masing-masing sambil mengingat memori indah di masa lalu. And then what can I say? American reunion tak ubahnya sekedar ajang reuni bagi para pemerannya. Bagi kita sebagai audiens, American Reunion hanya sekedar nostalgia yang membuat kita tersenyum akan memori kelucuan (*or should I call it “kebodohan”?) di masa lalu, namun tidak pernah ada truly joke yang membuat kita terpingkal. Slapstick joke selalu predictable, sex jokes sometimes made me incovenience dan dengan minimnya joke yang ada di film ini, American Reunion memang telah kehilangan momentumnya. Joke yang muncul terlalu dipaksakan, dan jujur, saya agak bosan. Bahkan Stiffler seolah tidak terlalu annoying. Tapi apa mau dikata, our boys have been grown up. They shouldn’t do that silly stuffs again rite?

CRAZY STUPID LOVE (2011)


Directed by Glenn Ficarra , John Requa. Written by Dan Fogelman. Starring Steve Carrel, Julianne Moore, Ryan Gosling, Emma Stone, Analeigh Tipton, Jonah Bobo, Kevin Bacon. Duration 118 minutes.

Genre: Romance, Comedy, Drama. Rated: PG-13.
Rotten Tomatoes: 78%.
NikenBicara Film: 4/5

Review:
Crazy Stupid Love menceritakan hancurnya Cal (Steve Carrel) ketika pernikahannya selama 25 tahun terpaksa kandas setelah istrinya (Julianne Moore) meminta cerai dan mengaku telah berselingkuh. Lalu kemudian Cal bertemu dengan Jacob (Ryan Gosling), seorang womanizer yang kemudian membantunya merubah diri dari loser menjadi player.
Tidak banyak film romantic comedy yang bisa menyentuh, dan untunglah Crazy Stupid Love bukan merupakan salah satunya. Film yang disutradarai dua orang sekaligus Glenn Ficarra dan John Requa yang telah sebelumnya menyutradarai I Love You Phillip Morris ini tidak hanya membuatmu tertawa lepas dengan lelucon-leluconnya, tapi sekaligus juga cukup menyentuh dari sisi dramanya. Steve Carrel sekali lagi menunjukkan kapabilitasnya sebagai aktor loser yang kocak, I mean, dia benar-benar lucu di sini, dan Ryan Gosling yang memang sudah keren dari sononya membuat film ini menjadi sangat menyenangkan untuk ditonton. Dengan cast lain yang cukup familiar, seperti Julianne Moore, Kevin Bacon (once again, Bacon bermain sebagai si Jahat), Emma Stone hingga Maria Tomei, Crazy Stupid Love mampu tampil begitu maksimal. Namun daya tarik tentu saja tetap berasal dari script dari Dan Fogelman yang begitu fun dan menghibur, tanpa perlu disertai dengan dialog yang ‘kelewat pintar’.  It was so easy to understand, tapi Crazy Stupid Love bukan merupakan film yang gampang dilupakan. Jelas Crazy Stupid Love mewakili genre romantic-comedy yang layak kamu tonton. Dan alasan apa lagi yang perlu saya berikan? Faktor Ryan Gosling sudah cukup membuat film ini menarik! :D

Komentar

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!