Final Destination 5 (2011)


Alohaaa.. lama lagi tidak mengupdate blog ini. Bagi saya memang agak susah untuk menjaga mood untuk rajin mengupdate blog ini. Apalagi akhir-akhir ini kesibukan juga menyita waktu saya untuk meluangkan waktu menonton film. Ahhh.. but okailah, saya mulai lagi dengan film berikut ini. Mudah-mudahan berikutnya saya bisa makin rajin ngisi, dan rencana memperbaharui blog ini bisa segera terlaksana. Amin. *yuk ikut doain juga biar dapet pahala*


Directed by Steven Quale ; Produced by Craig Perry, Warren Zide ; Written by Eric Heisserer ; Based on Characters by Jeffrey Reddick ; Starring Nicholas D'Agosto, Emma Bell, Miles Fisher, Arlen Escarpeta, David Koechner, Tony Todd ; Music by Brian Tyler ; Cinematography Brian Pearson ; Editing by Eric Sears ; Studio New Line Cinema, Practical Pictures, Zide/Perry Productions ; Distributed by Warner Bros. Pictures ; Release date(s) August 12, 2011 ; Running time 92 minutes ; Country United States ; Language English ; Budget $40 million ; Box office $157,887,643

Rated: R
Genre: Horror
RottenTomatoes: 61% (5.8/10)
Metacritic: 50/100
NikenBicaraFilm:
Sinopsis:
Dalam sebuah acara retreat perusahaan, ketika tengah berada di dalam sebuah bus yang tengah berada di atas sebuah jembatan yang sedang dilakukan perbaikan, Sam mendadak melihat ‘penampakan’ akan robohnya jembatan itu yang menyebabkan kematian teman-temannya, dan termasuk kematiannya sendiri. Sama seperti cerita sebelumnya, Sam pun mendadak turun dan membuat beberapa teman-temannya turun dan selamat dari kecelakaan itu. Namun, setelah selamat, kematian pun satu persatu mendatangi mereka yang selamat karena perbuatan Sam. Dan petualangan menuju kematian pun dimulai...



Review:
Kalo boleh jujur, dengan formula yang luar biasa hampir sama dengan franchise Final Destination sebelumnya, maka Final Destination 5 menjadi sesuatu yang sama sekali tidak baru dan menyegarkan. Bahkan skenarionya begitu miripnya dengan film-film sebelumnya: seseorang mendapatkan penglihatan, membawa teman-temannya yang tidak percaya dan secara kebetulan ikut selamat, kemudian satu persatu malaikat maut datang dengan aneka ‘kecelakaan’ misterius sesuai urutan kematian yang dilihat oleh si tokoh utama. Tentu saja, akan ada pihak-pihak yang tidak percaya dan kemudian mati, lalu si tokoh utama yang luckily selalu mati hampir terakhir (ya iyalah.. masa mati pertama sendiri, kalo mati pertama ya gag bakal jadi tokoh utama) berusaha mencari cara untuk menipu kematian bersama kekasihnya... Serius, gag ada yang baru di film ini. Mungkin film ini akan cukup menyenangkan sebagai sajian ringan, dan menjadi tontonan yang SANGAT mengasyikkan buat yang baru pertama kali nonton franchise Final Destination, tapi lebih dari itu saya rasa sebaiknya kamu menonton yang lain.

Setelah kritikan buruk pada seri sebelumnya, yang sebenarnya digadang-gadang menjadi akhir dari seri Final Destination (that’s why Final Destination 4 juga diberi judul The Final Destination), kali ini New Line Cinema juga memberikan efek 3D yang pastinya bakal dramatis (*sayang saya nontonnya di DVD) jikalau kamu menyaksikannya di layar bioskop. Adegan awalnya memang cukup spektakuler, menampilkan jembatan roboh dengan kematian-kematian yang sangat mengenaskan (*saat jembatan rubuh, kematian yang bisa menimpamu ternyata bukan hanya sekedar tercebur di air, tapi jatuh ke tiang layar kapal, tertabrak mobil yang jatuh, atau tersiram minyak panas – ya intinya dengan cara-cara yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan). Kamu pun tentu akan senang dengan banyaknya adegan berdarah dan level kesadisan yang melebihi seri sebelumnya. Namun, tampaknya skenario yang digarap oleh Eric Heisserer tidak lebih dari rangkaian adegan – adegan kematian yang terjadi.

Tidak ada kedalaman karakterisasi, bahkan tidak ada bangkitan emosional yang bisa membuat penonton ikut cemas (*atau itu karena faktor saya sudah mengira film ini bakal seperti apa?). Jajaran aktor dan aktrisnya juga bermain dengan sangat buruk, termasuk para pemeran utamanya yang beradegan dengan sangat datar. Tapi ya sudahlah, toh tidak perlu akting yang sebegitunya untuk film horror seperti ini. Eh btw, tapi saya cukup geli dengan pemeran Peter yang mukanya soooo Tom Cruise terutama dengan alisnya yang tebal ituuu.. (*dan Miles Fisher, sang aktor juga pernah bermain sebagai tiruan Tom Cruise di Superhero Movie).

Tapi untunglah, hal baik yang dilakukan agar Final Destination 5 cukup punya arti untuk tidak sekedar menjadi ‘satu seri’ dari rangkaian franchise Final Destination adalah twist yang brilian pada akhirnya. Dan sebenarnya, kalo kamu cukup teliti, kamu bisa melihat banyak clue-clue kecil bertebaran sepanjang film yang seharusnya bisa membuatmu menduga-duga.

Overview:
Ya, saya tidak tahu apakah akan ada Final Destination 6, 7, 8... dan seterusnya. Yang jelas, saya pikir seluruh pihak yang menggarap franchise Final Destination harus punya nilai tambah yang ‘fresh’ jika ingin melanjutkan franchise ini. Bahkan Final Destination 5 ini begitu miripnya dengan film-film sebelumnya. Tapi, dengan level kesadisan yang lebih dari sebelumnya, begitu banyaknya darah, dan tentu saja twist di ending yang membuatmu ternganga, saya pikir Final Destination 5 tidak seburuk itu. Cukup fun lah sebagai tontonan kalau kamu sedang tidak punya kerjaan.

Tonton atau Tidak?
Saya sih rekomendasikan untuk tidak usah menontonnya, tapi kalau kamu penasaran dengan twist di bagian endingnya, ya boleh deh kamu tonton.

Komentar

  1. Wah, ane juga udah nonton ini gan, n ane lebih suka yg The Final Destination sich... Tapi 3D-nya lumayan, Hehe...

    Kapan2 monggo mampir di Blog ane gan, Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Holaa.. makasih ya uda main ke blog saya.. Sy mah malah belon nonton tuh yang The Final Destination.. hhehee.. #parah

      oke uda mampir kok, malah uda ane link juga dengan blog anee.. :)

      Hapus
  2. final destinantion 5... ini film saya tonton seminggu sebelum jembatan kutai-kertanegara, kalimantan timur roboh -___-

    mnrut saya film ini sudah memasuki tahap boring, alur cerita udah ketebak, dan efek2 darah yang membuat saya mual...

    Rating: 3/10 dari saya.

    nice post btw... :)

    http://rizkygmahdi.com/

    BalasHapus

  3. Keren nih rating dari filmnya :o Sinopsisnya juga keren sip lah

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!