Coming Soon (Thailand, 2008)


Directed by Sopon Sukdapisit ; Produced by Youngyooth Thongkonthun ; Written by Sopon Sukdapisit ; Starring Vorakan Rojchanawat, Sakulrath Thomas, Chantavit Dhanasevi ; Studio GMM Tai Hub (GTH) Co. Ltd. ; Distributed by Golden Village Pictures, Panasia Films, Vie Vision Pictures ; Release date(s) October 30, 2008 ; Running time 80 minutes ; Country Thailand ; Language Thai, with English and Chinese subtitles

Genre: Horror

NikenBicaraFilm: (3/5)

Story / Cerita / Sinopsis :
Chain merupakan pemutar roll film di sebuah bioskop yang baru saja putus dari kekasihnya akibat kecanduan obat terlarang. Akibat kecanduan ini pulalah, Chain dan Yon, berniat bikin bootleg dari film terbaru yang akan segera tayang untuk bisa bayar utangnya ke bandar. Dipilihlah sebuah film berjudul Hantu Gentayangan. Eh.. di tengah-tengah film, Chain ketiduran. Ketika film berakhir, ternyata Yon ngilang gag jelas. Berdasarkan handycam yang dipake buat ngerekam film, Chain ngeliat kalo Yon di pertengahan film jerit-jerit ketakutan karena ada hantu cewek misterius...

Review / Resensi :
Agak ketinggalan jaman emang karena hari gini saya gag pernah nonton film horror Thailand. Padahal belakangan ini film horror Thailand lagi naik daun - walaupun film rom-com mereka juga sedang naik daun. Sebutlah beberapa film horror Thailand yang mungkin banyak dari Anda uda pada nonton, kayak Shutter dan Phobia. Film horror Thailand emang terbukti bisa bikin kita ketakutan, apalagi kalo ditonton malem-malem, bisa jadi sampe bikin ngompol di celana. Agak berbeda mungkin kalo dibandingkan film horror Indonesia yang malah bikin ketawa. *Serius*

Suatu kali saya lagi iseng pengen nonton film horror. Otak lagi jenuh, dan kepengen nonton film yang gag pake mikir. Horror, kan terbukti sebagai salah satu genre yang biasanya gag menitikberatkan pada unsur cerita, cukup adegan menegangkan yang bikin kita ketakutan – yang anehnya menjadi sebuah tontonan fun. Heran ya, kenapa kok kita hobi banget ditakut-takutin. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Coming Soon, sebuah film horror Thailand yang terbilang lawas karena dirilis 3 tahun lalu, dan merupakan karya pertama sutradara Thailand bernama Sopon Sukdapisit yang juga menulis naskah film Shutter.

Adegan pertama, benernya uda cukup menakutkan. Menceritakan bagian film Hantu Gentayangan yang memperlihatkan seorang wanita tua gag waras yang menculik anak-anak kecil untuk kemudian matanya dicongkel. Ketegangan kemudian meningkat akan penampakan wanita misterius yang muncul sekelebatan di dalam bioskop. Hrrrr... udah cukup bikin merinding lah. Sebenarnya masih saja Coming Soon menawarkan formula film hantu yang gag jauh berbeda dengan kebanyakan film bertema serupa. Penampakan-penampakan (kebanyakan wanita berambut panjang - *btw kenapa ya gag ada hantu wanita rambutnya pendek??) yang muncul sekilas bebarengan dengan backsound yang mengagetkan. Tokoh yang begitu lambat berjalan mendekati penampakan tersebut sebelum kemudian akhirnya lari terbirit-birit. Formula semacam itulah, yang emang uda terbukti sukses bikin penonton tegang dan sebagian lebih memilih untuk menutup mata saking ketakutannya.

Tapi, formula lama pada momen-momen itu di Coming Soon masih saja tetap cukup menakutkan buat saya. Untung saya nontonnya siang-siang. Coba kalo malem saya pasti udah gag berani. Hehe. Beberapa adegan cukup bikin tegang, deg-degan, plus menjerit-jerit ketika hantunya muncul tiba-tiba. Contohnya kayak adegan Chain di pelataran parkir yang gag sadar kalo hantunya nemplok numpang digendong di belakangnya. Sumpah saya jerit-jerit sendiri sambil ketawa-tawa. Itu best moment-nya. Belum lagi pas Chain di rumah tua terus ngerasa tangannya ditarik sama pacarnya, padahal ternyata ada suara pacarnya dari lantai atas. Nah lhooo... siapa yang hantu. Itu benernya rumus yang sama yang uda dipake di Dark Water, film Jepang yang menceritakan apartemen berhantu, tapi tetap aja saya masih ketakutan juga.

Anehnya, hantunya sendiri gag terlalu menakutkan. Make-upnya emang cukup baik dan menakutkan, tapi kadang penampakan-penampakan misterius yang cuma sekelebatan jauh lebih menakutkan daripada hantu yang bener-bener kelihatan. Saya sendiri entah kenapa gag begitu takut dengan hantunya. Masih jauh lebih nakutin Sadako yang fenomenal itu – mungkin karena Sadako rambutnya panjang banget plus nutupin seluruh mukanya dan cara jalannya yang aneh ketika keluar dari sumur.

Nah, dari segi cerita mungkin jangan dianggap terlalu serius. Saya sendiri tidak mendapatkan kesan yang begitu kuat dari ceritanya, dan gag terlalu peduli dengan kisah dari Chain sendiri sebagai tokoh utamanya. Agak gag logis di banyak tempat memang, contohnya gimana Chain dan Som nekad datang ke rumah tua yang diduga sebagai lokasi film tersebut untuk menyelesaikan masalah mereka. Seharusnya kan mereka langsung aja datengin yang bikin film berhantu itu, atau minimal ngehubungin distributornya untuk tahu rahasia apa yang ada pada film. Tapi mereka gag ngejalanin itu dan malah pontang-panting ngurus masalah mereka sendiri dengan cara yang saya anggap lebih ke cara bunuh diri daripada nyelesain masalah. Twistnya sendiri juga cukup bisa ditebak, dengan ending yang walaupun masih dalam taraf oke, tapi entah kenapa gag terlalu berkesan. Mungkin karena durasinya yang terbilang pendek. Hal inilah yang menurut saya akhirnya mengurangi kenikmatan menonton film ini sendiri, karena tampaknya film ini lebih sibuk bikin aksi nakut-nakutin aja tanpa nilai lebih.

Overview:
Sebuah film yang cukup recommended buat ditonton *saran saya nonton bareng2 biar rame dan gag ketakutan sendirian* karena banyaknya momen yang ngagetin dan nakutin, tapi dari segi cerita sendiri Coming Soon kurang kuat dan terlalu fokus kepada aksi nakut-nakutin itu.

Tidak Direkomendasikan Untuk:
Yang gag suka dikaget-kagetin dan parno sama film-film hantu seperti ini.

Memorable Scene:
Ketika Chain gag sadar kalo ada hantu yang nemplok di punggungnya.

Komentar

  1. hantu nemplok di punggung itu kayaknya semacam signature, ngambil dari shutter.
    di ladda land juga ada hantu yg muncul tergantung kayak di coming soon,
    tebak siapa penulis script ketiga film itu?

    BalasHapus
  2. yaa.. penulis scriptnya: Sokpon Sukdapisit! *ketauan habis googling*

    dia juga yang bikin naskah untuk ladda land juga, pantesan kalo hampir sama yaa.. masalahnya saya belon nonton tuh ladda land ama shutter, jadi baru tau sekarang deh.. hehe.. mudah-mudahan kalo ada waktu bisa nonton!

    BalasHapus
  3. masih ngeri shutter daripada ni film, hihihi..

    BalasHapus
  4. Wew, saya baru nonton film 'Coming Soon' hari ini. Tadi sore selepas ashar. Asli, saya awalnya kaget dan jantungan. Adegannya nggak kayak film Indonesia yang gampang di tebak. Film ini malah tidak ada adegan ciumannya. Wow! Atau film yang saya tonton disendor kali ya..
    Hahahaha

    BalasHapus
  5. Cerita coming soon ini nyata atau tidak ya? Mohon balass, penasaran... Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crita asli ituu ,, sbner nya hantu nya itu artis yg mti wktu shooting film yg di rekam chain itu.

      Hapus
  6. Kalo coming soon nyata, gw uda mati duluan 3 taon yg lalu.
    Bnyak kok horror thai yg bagus (phobia 1&2, shutter, sick nurses). Horror barat jg bagus (amityvile, haunting in conecticut 1&2, evil dead, conjuring, insidious),

    klo mau horror ringan bs nonton yg judulnya mama, 1408 ato devil

    klo pngen ktawa ntn "the haunted house" tp khusus 17++ ye

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!