11 Favourite Songs At Movies


Sometimes, tanpa sebuah alasan yang jelas saya bisa jatuh cinta pada sebuah film ketika film itu dilengkapi dengan soundtrack yang ciamik dan catchy di telinga saya. Tidak banyak yang bisa saya sebutkan sebenarnya, karena beberapa film biasanya hanya dipenuhi musik instrument yang tidak dalam katagori ‘song’ yang saya bahas di sini. Jadi lupakan nama-nama Alexander Desplat atau Hank Zimmer. Pada kesempatan ini saya ingin sekedar lari dari ‘rutinitas’ ngereview film, dan saya ingin mengulas beberapa lagu dari film-film favorit saya yang membekas di hati ini, hingga akhirnya saya bela-belain cari donlotan gratisnya di internet... hehehe... Nah, nah, setelah menggali ingatan saya hingga yang terdalam, mengorek-ngorek lagu dan scene dari film apa yang paling membekas di kepala saya, saya coba kumpulkan 10 (+1) lagu favorit saya :

# 11
Somewhere Over The RainbowMovie : You’ve Got Mail
Scene : Ketika Meg Ryan akan bertemu partner chattingnya yang membuatnya jatuh cinta – dan ternyata itu adalah mantan musuh bebuyutannya, Tom Hanks. Meg Ryan janji bertemu di taman, kemudian terdengar suara salakan anjing, dan kemudian suara Hanks. Lantunan Somewhere Over The Rainbow kemudian menjadi backsound, ketika akhirnya Ryan dan Hanks bertemu. Bisa ditebak, kemudian keduanya berciuman dan film berakhir. Klise memang, but it was so romantic.

Song Title : Somewhere Over The RainbowMovie : 50 First Dates
Scene : Ending film. Si Drew Barrymore yang pelupa itu terbangun dari tidurnya, lalu memutar videonya yang merekam segala memorinya yang dia lupakan setiap harinya. Ternyata ia telah menikahi si egghead Adam Sandler, punya anak, dan berada di yacht mewah di tengah laut. Somewhere Over The Rainbow versi Israel Kamakawiwo’ole, dengan versi ukulelenya, begitu serasi dengan suasana Hawaii, lautan, dan happy ending yang ada.

# 10
Time is On My Side, The Rolling Stones
Movie : Fallen (1998)

 
Scene : Lagu ini diulang-ulang terus sebenarnya dari awal sampai akhir, tapi adegan yang paling berkesan adalah adegan di awal film. Ketika seorang penjahat memanggil si detektif John Hobbes (Denzel Washington) di dalam penjara sebelum dihukum mati, kemudian bernyanyi sambil berbisik... “Time.. is on my side...yes, it is...”.
Why this is special : Karena kapan lagi ada malaikat jahat jadi penggemar Rolling Stones? Si malaikat jahat – Azazel – turun ke bumi, merasuki tubuh manusia, dan si detektif berusaha mencari manusia yang sedang dirasuki si Azazel. Azazel, si malaikat jahat tapi gaul itu gemar mempermainkan si detektif sambil menyanyikan 1 bait lagu The Rolling Stones ini.
Note : Walaupun versi yang didengarkan di film ini adalah versi The Rolling Stones, tapi lagu ini sendiri gag dikarang ama Mick Jagger dan Keith Richards, melainkan oleh seorang musisi bernama Jerry Ragovoy/Norman Meade. Lagu ini sendiri pertamanya ditampilkan oleh seorang trombonist jazz Kai Winding dan orkestranya pada tahun 1963 sebelum kemudian akhirnya dicover oleh Irma Thomas dan The Rolling Stones pada tahun 1964.


# 9
You Make My Dreams, Hall & Oates
Movie : (500) Days of Summer(2009)
 
Scene : Tom Hansen (Joseph Gordon Levit) merayakan keceriaannya jatuh cinta pada Summer (Zoey Deschanel), dengan menari di taman bersama orang-orang sekitarnya.
Why this is special : Ini adalah scene yang paling melekat di benak saya setelah menonton (500) Days of Summer. Rasakan saja, saat kamu jatuh cinta, ketika kesenangan dari perasaan tidak logis dan irasional itu mengendalikan perasaanmu, kita merasa benar-benar ingin membebaskan tubuh kita : menari, berjoget, berjingkrak, atau terbang kalau bisa. Dan scene ini melukiskan itu. Saya sampai tersenyum ketika menontonnya, dan benar-benar mampu memahami bagaimana rasanya jatuh cinta itu.
Note : Lagu ini aslinya lagu jadul, sempat nangkring di US Billboard Hot 100 urutan 5 pada tahun 1981. Hall & Oates adalah band duo beraliran rock and soul dari Amerika : Daryl Hall & John Oates.


# 8
Anyone Else But You, Michael Cera & Ellen Page
Movie : Juno (2007)
 


Scene : Pada ending film, Juno (Ellen Page) memetik gitar bersama ayah dari bayinya (Michael Cera) sambil bernyanyi.
Why this is special : Saya akui, selera musik Jason Reitman memang sangat baik. Dari dua filmnya yang pernah saya tonton (Juno dan Up in the Air), keduanya punya kualitas soundtrack yang memikat hati saya. Juno sendiri adalah salah satu film dengan soundtrack yang keren-keren. Saya sempat bingung memilih antara The Kinks - A Well Respected Man – adegan ketika si cupu Michael Cera memakai pakaian olahraganya – dengan lagu ini. Tapi tampaknya momen ini yang paling berkesan, soalnya kedua tokohnya menyanyikan lagu ini dalam versi yang kayaknya lebih baik dibandingkan penyanyi aslinya, The Moldy Peaches.
Note : The Moldy Peaches, penyanyi aslinya, sebenarnya sempat hiatus pada tahun 2004, namun sejak lagu ini menjadi ending scene pada film Juno, popularitas band ini jadi naik dan akhirnya memutuskan bersama lagi pada tahun 2007. Moldy Peaches terdiri dari dua anggota, Adam Green dan Kimya Dawson. Kimya Dawson sendiri jadi punya beberapa lagu yang dijadikan soundtrack film Juno.

# 7
When We Go, How We Go (Part I), Rock Plaza Central
Movie : Easier With Practice (2009)



Scene :
Davy (Brian Geraghty) dalam perjalanan bersama adik laki-lakinya, berkeliling Amerika mempublikasikan novelnya. Menempuh jalur lurus di padang rumput, jalur berkelok di hutan, dan tidur di pinggir danau.
Why this is special : Easier with Practice, definetely, bagi saya adalah film dengan soundtrack paling memukau bagi saya. Alvarez seperti membuat sebuah rentetan video klip dengan lagu-lagu yang sangat keren! Sebagai film independen, gag heran kalau musisi yang ngisi juga indie musik. Ini adalah salah satu scene yang paling meletak di saya. Tampaknya, musik band Kanada ini – campuran folk dan rock – begitu match dalam menggambarkan perjalanan berkeliling Amerika, (and since watched this movie I become obsessed to go travellin to USA)
Note : Kalau mau, sebenarnya saya bisa aja memasukkan hampir seluruh lagu dalam film ini ke short list ini. Tapi atas dasar pertimbangan keadilan, saya tidak mungkin memasukkan semuanya. FYI, Rock Plaza Central merilis 2 versi lagu ini (Part I & Part II). Saya cukup kesulitan dalam mencari versi yang Part I, yang dimasukkan dalam film ini, bahkan sampai sekarang saya belum dapat link downloadnya. Ada yang bisa bantu? :D

# 6. 
Goin Home, Dan Auerbach
Movie : Up in the Air (2009)



Scene :
Ryan Bingham (George Clooney) bersama Natalie (Anna Kendrick), menempuh perjalanan udara ke banyak kota melaksanakan pekerjaan mereka yang sebenarnya menimbulkan berbagai kedukaan : memecat orang.
Why this is special : Mungkin tidak ada pekerjaan yang paling buruk selain memecat orang. Natalie, si pegawai baru tampaknya masih harus belajar banyak soal pekerjaanya. Yang paling penting, ia harus belajar menghentikan emosi yang ada. Bagi saya, ini adalah lagu yang paling sesuai yang mampu melukiskan gambaran itu di film Up in the Air. Segala perjalanan – yang kelihatannya menyenangkan dan seru, sebenarnya adalah sebuah kondisi yang menyedihkan. Lagipula, mendengarkan lagu ini sambil melihat kota-kota di AS dari udara seperti benar-benar ingin Goin Home..
Note : Dan Auerbach sebenarnya lebih dikenal sebagai gitaris dari vokalis The Black Keys, band blues-rock dari Ohio, AS.

# 5
On a Neck, On a Spit, Grizzly Bear
Movie : Easier with Practice (2009)



Scene :
Davy (Brian Geraghty) sedang jatuh cinta. Ia tak mampu mengalihkan pikirannya dari partner phone sex-nya sepanjang perjalanannya.
Why this is special : First, of course, it's Grizzly Bear. Johny Greenwood (gitaris Radiohead), bahkan bilang kalau Grizzly Bear adalah salah satu band favoritnya. Kedua, sudah saya bilang, Alvarez seperti membentuk rentetan video klip dalam membalut filmnya. Petikan gitar Grizzly Bear dan nyanyian “Each day spending with you now... All my time spending with you now...” seperti sangat ‘pas’ melukiskan betapa tidak rasionalnya perasaan jatuh cinta yang dialami Davy.
Note : Sekedar informasi soal Grizzly Bear, buat pecinta film Twilight, Anda mungkin gag asing ama lagu “Slow Life” dari Grizzly Bear yang juga jadi soundtrack film percintaan vampir manusia itu – di film kedua, New Moon. Single lain yang juga hit adalah Knife dan Two Weeks. Grizzly Bear juga menjadi pengisi musik di film favorit saya yang lain : Blue Valentine. Albumnya, Yellow House (2006) dan Veckatimest (2008) juga disebut-sebut sebagai salah satu best album pada tahun tersebut oleh beberapa media.

# 4. 
You Always Hurt the One You Love, Ryan Gosling
Movie : Blue Valentine (2010)



Scene : Dean (Ryan Gosling) bernyanyi sambil memetik ukulelenya, sementara Cindy (Michelle Williams) menari tap dance.
Why this is special : Karena ini saya anggap ini sebagai greatest moment antara dua tokoh utama, Dean dan Cindy di film Blue Valentine. Ini jaman mereka masih the happy couple, dan benih-benih cinta itu masih bersemi di hati. Saya pikir scene ini sangat sangat romantis. And come on people, siapa yang tidak meleleh jika yang menyanyi untukmu adalah Ryan Gosling?
Note : You Always Hurt the One You Love, sebenarnya adalah lagu pop yang cukup populer dan telah dibawakan oleh banyak artis, dari The Mills Brothers, Connie Francis, Michael Buble sampai Ringo Starr, sampai kemudian dinyanyikan oleh si cakep Ryan Gosling di film ini. Saya sendiri iseng-iseng mendengarkan versi awalnya, tapi kayaknya versi Ryan Gosling yang paling memukau buat saya (hell, yeah!)

# 3
O Children, Nick Cave and the Black Seeds
Movie : Harry Potter and the Deathly Hollows Part I (2010)



Scene :
Harry dan Hermione, di sebuah tenda kecil mereka, tengah pada titik terendah mereka. Mereka bahkan baru saja kehilangan Ron ditengah mission impossible mengalahkan Voldemort. Akhirnya, Harry berusaha melupakan segala masalah yang ada dengan mengajak dansa Hermione.
Why this is special : Ini adalah episode Harry Potter paling gaul, karena sang sutradara dengan berani mempertaruhkan egonya dengan memasang the cool song ini dalam scene yang sangat cantik antara Harry dan Hermione. Ya.. biarpun Daniel Radcliffe gag mahir berdansa, tapi justru saya melihat ketimpangan ini sebagai sesuatu yang spontan dan berkesan. Bayangin aja, sudah dalam misi berbahaya menghabisi Voldemort, dan ditambah lagi untuk pertama kalinya persahabatan ketiganya benar-benar pecah. Berdansa, walau sejenak, boleh jadi adalah salah satu cara untuk melupakan problem yang ada.
Note : Kabarnya, sang sutradara sendiri yang ingin memasukkan lagu ini ke dalam film dan saya bersyukur telah dikenalkan pada lagu ini. Nick Cave sendiri adalah nama frontmannya, dengan anggota band yang berganti-ganti. Band ini asalnya dari Melbourne, Australia dan usianya udah cukup lama. Terbentuk tahun 1983.

# 2. 
Song Title : By Your Side, Beachwood Sparks
Movie : Scott Pilgrim vs World (2010)



Scene :
Harapan Scott (Michael Cera) benar-benar terjadi, Ramona (Mary Elizabeth Winstead) mengajaknya menuju pintu putih bertanda bintang – pintu rumahnya. Harmonika mengalun, keduanya terbang, dan salju lembut berwarna putih turun di Ontario.
Why this is special : Thanks for Nigel Godrich and Beck Hansen, yang menjadikan musik film ini benar-benar enak untuk didengar. Setelah pertimbangan matang dari adu argumen di dalam kepala apakah sebaiknya saya memasukkan lagu Ramona - Beck atau lagu ini, akhirnya saya memutuskan versi lain dari lagu Sade ini jauh lebih berkesan. Cukup enak untuk didengarkan sambil mata memejam, berharap seseorang akan mengajak saya terbang dan kemudian perlahan salju turun di Surabaya.
Note : By your side versi Sade dari album Lovers Rock sebelumnya dinominasikan pada Grammy Award tahun 2000. Beachwood Sparks kemudian mengcover lagu ini di albumnya Once We Were Trees yang dirilis setahun kemudian. Lagu ini sendiri katanya cukup populer sebagai wedding song sebagai lagu dansa pertama, contohnya pasangan Dave Navarro dan Carmen Electra.

# 1. 
You and Me, Penny and the Quarters
Movie : Blue Valentine (2010)



Scene :
Dean (Ryan Gosling) mencoba membangkitkan masa indah bersama istrinya Cindy (Michelle Williams) dengan memutar kembali lagu kenangan mereka, lantas berdansa intim bersama.
Why this is special : Selain karena lagu yang sangat menyenangkan untuk didengar, saya pikir adegan ini adalah adegan yang membekas. Secara kita tahu bahwa pernikahan keduanya sedang bermasalah, dan Dean mencoba melupakan itu dengan berusaha membangkitkan kemesraan yang sudah lama ditinggalkan pada pernikahannya.
Note : Ketika berselancar di internet, iseng-iseng nge-search Penny and the Quarters di wikipedia, saya dapat info bahwa nama band ini memang baru terkenal sejak lagunya dimasukkan dalam Blue Valentine. Bahkan, lagu yang dimasukkan ini sifatnya juga masih demo. Siapa nama penyanyi dan komposer, tidak ada informasi yang akurat. Lagu ini konon direkam di Harmonic Sounds Studio atau rumah seorang pemilik studio di Colombus bernama Clem Price pada tahun ‘70-’75. Ketika Price meninggal, pada tahun 2006 segala barang simpanannya dibeli orang seorang agen estate, termasuk rekaman berharga ini. Kemudian si agennya menjual ke The Numero Group, hingga suatu saat, Ryan Gosling gag sengaja menemukan lagu ini dan merekomendasikan lagu ini ke Derek Cianfrance (sutradara Blue Valentine) untuk dimasukkan dalam film. Kabarnya, sekarang The Numero Group lagi mencari member maupun saudara dari member band ini, tapi katanya sampai sekarang masih belum menemukan.

Komentar

  1. halo salam kenal, boleh ijin pasang link di blog? hehe nice blog btw. salam movie blogger! ps: blog saya yg vampibots :) btw dari surabaya? skrg saya lagi kuliah di sby haha

    BalasHapus
  2. salam kenal juga... ^^

    jelas bolehh donk... nanti saya pasang link blog kamu.. btw, dipuji sama yang blognya lebih mantap?? *jadi terharu..

    ah iya. saya hidup besar kuliah di surabaya.

    BalasHapus
  3. Iya setuju tuh Juno sama Up In The Air bagus2 lagunya :D

    BalasHapus
  4. Iyaa.. selera musik Reitman emang mantaf.. makanya tuh dua film lagunya keren-keren... ^^

    BalasHapus
  5. halo salam kenal,

    list lagu diatas semua bagus2. Cocok sama scene dan jiwa filmnya, meski buat 50 first date selera saya lebih ke lagunya 311 "Love Song".

    Boleh rekomendasikan beberapa ? Ini rekomendasi saya :

    1) Song title : California Dreamin' - The Mamas and the Papas (dari film Chungking Express)
    2) Song title : I'm Coming Out - Diana Ross (dari film The Last Days of Disco)
    3) Song title : His Name Was King - Luis Bucalov & Edda Dell'Orso (dari film Django Unchained)
    4) Semua lagu Cat Stevens di film Harold and Maude (amazing !!)
    5) Semua lagu Nat King Cole di film In the Mood For Love (fit perfectly) ^^ + Bengawan Solo juga ada lo...

    oya boleh izin tukeran link ? ^^

    Thank you :D

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!