Vicky Cristina Barcelona (2008)


Directed by Woody Allen ; Produced by Letty Aronson, Jaume Roures, Stephen Tenenbaum, Gareth Wiley ; Written by Woody Allen ; Narrated by Christopher Evan Welch ; Starring Javier Bardem, Penélope Cruz, Scarlett Johansson, Rebecca Hall ; Cinematography Javier Aguirresarobe ; Editing by Alisa Lepselter ; Studio MediaPro, Wild Bunch ; Distributed by Metro-Goldwyn-Mayer, The Weinstein Company. Optimum Releasing ; Release date(s) August 15, 2008 ; Running time 96 minutes

Rotten Tomatoes: 82% (6.9/10)
Metacritic: 70/100
Imdb: 7.3/10
NikenBicaraFilm:

Sinopsis:
Menceritakan tentang dua turis AS yang berkunjung ke Barcelona, Spanyol yaitu Vicky (Rebecca Hall) yang berkepribadian konservatif dan Cristina (Scarlett Johansson) yang berkepribadian lebih dinamis dan terbuka. Spanyol adalah negara yang sangat eksotis dan romantis, bisa ditebak keduanya kemudian kemudian terlibat hubungan romantis dengan Juan Antonio (Javier Bardem), seorang pelukis yang baru saja bercerai dengan istrinya, Mary Elena yang sedikit mengalami ‘gangguan jiwa’ (Penelope Cruz).


Review:
Jujur ya, berhubung saya baru sekedar penikmat film, tapi masih belum masuk katagori freak-freak banget hingga sudah pernah nontonin semua film Woody Allen, Vicky Cristina Barcelona adalah film karya Woody Allen pertama yang saya tonton. Dengan gaya tutur melalui narasi yang menyenangkan (sehingga saya mendapatkan kesan seperti didongengin) dan suguhan pemandangan menakjubkan dari tanah airnya Cesc Fabregas cs, film ini menurut pendapat saya adalah film yang berkualitas tapi ringan dan cukup menghibur. Plus, dengan dibintangi aktor aktris yang sudah tiada perlu dipertanyakan lagi (kecuali Rebecca Hall mungkin yang memang masih asing bagi saya walaupun dia sempat main di filmnya Christoper Nolan – The Prestige), film ini adalah tayangan yang cukup sempurna. Cruz, yang berperan sebagai istri ‘gila’ tampaknya menunjukkan performa paling menonjol di film ini. Karakter, naskah dan plot film ini adalah hasil kejeniusan seorang Woody Allen, yang FYI adalah peraih nominasi best original screenplay terbanyak di ajang Academy Award. Vicky Cristina Barcelona kebetulan juga merupakan film Allen yang mendapatkan review positif dari pada kritikus setelah era film Matchpoint pada tahun 2005.

Well, menonton ini mungkin Anda akan mendapatkan hubungan cinta yang tidak logis, irasional atau bolehlah dikatakan unik. Kalau selama ini cinta adalah untuk dua orang, justru di dilm ini Allen menyuguhkan hubungan saling melengkapi antara tiga orang : satu pria, dua wanita. Belum lagi ada wanita lain yang diam-diam menaruh harapan pada satu pria itu... (Argh,, beruntunglah Juan Antonio!!). Ketika satu pria dan satu wanita dalam pernikahan tidak cukup, walaupun keduanya saling mencintai tapi juga tidak pernah bisa bersatu, dan tidak tahu apa sebenarnya yang ‘salah’ dalam hubungan itu, maka rupanya hadirnya satu wanita lain bisa jadi adalah pelengkap kedua orang sebelumnya. Orang ketiga, ternyata adalah pelekatnya. Memang tidak logis, dan saya sendiri sejujurnya tidak bakalan menaruh diri saya pada hubungan yang seperti itu (kecuali kalo hubungan tiga orang dengan dua pria dan satu wanita mungkin.. haha.. LOL). Mungkin melalui film ini Allen sekedar mempertanyakan makna cinta sesungguhnya, mengingat hubungan kontroversinya dengan istrinya saat ini: Soon-Yi Previn (*aduh saya gag pengen ngegosip jadi cari sendiri ya gimana ceritanya...)

Direkomendasikan Untuk:
Pecinta film; Orang-orang yang pengen ke spanyol; Lelaki wanita yang tengah melibatkan diri dalam hubungan cinta yang aneh (tapi nyata!).

Tidak direkomendasikan untuk:
Orang-orang yang anti poligami; orang2 FPI...


Facts That (Maybe) You (Don’t) Want To Know:
1. Vicky Cristina Barcelona adalah film ketiga kerjasama Allen dan Johansson setelah Matchpoint (2005) dan Scoop (2006).
2. Dengan penghasilan kotor sebesar 96.408.652 dollar US, film ini menjadi salah satu film paling menguntungkan bagi Woody Allen.
3. Film ini meraih best motion picture – musical comedy pada Golden Globe 2009, dan di ajang yang sama Penelope Cruz dinominasikan pada katagori best supporting actress. Walaupun cuma masuk nominasi Golden Globe, tapi Penelope Cruz malah berhasil memenangkan penghargaan di katagori yang sama pada Academy Award.
4. FYG (For Your Gossip), Penelope Cruz dan Javier Bardem jadi suami istri beneran pada tahun 2010 dan sampe detik postingan ini dibuat tengah menanti kelahiran anak pertama mereka.. Saya gag tahu apakah mereka sebelumnya telah berpacaran sebelum main film ini atau tidak...

Komentar

  1. owwh gitu, thanks ya, jadi pengen nonton. Btw reviewnya belum ke explore sepenuhnya nih

    BalasHapus

Posting Komentar

You could agree or disagree. Share your thought!