Adam (2009)



Directed by Max Mayer ; Produced by Miranda De Pencier, Leslie Urdang, Dean Vanech ; Written by Max Mayer ; Starring Hugh Dancy, Rose Byrne, Peter Gallagher, Amy Irving, Frankie Faison ; Music by Christopher Lennertz ; Cinematography Seamus Tierney ; Editing by Grant Myers ; Studio Olympus Pictures ; Distributed by Fox Searchlight Pictures ; Release date(s) July 29, 2009 ; Country United States ; Language English ; Budget $3,200,000 ; Gross revenue $2,549,609

Rottentomatoes: 64%
Kendinanti:

Sinopsis :
Beth (Rose Byrine) baru putus dari pacar yang menyelingkuhinya, pindah ke sebuah apartemen dan bertemu dengan tetangga barunya Adam (Hugh Dancy), seorang penderita Asperger Syndrome yang baru saja ditinggal mati ayahnya.

My Review :
Hehe... bolehlah dibilang saya menyukai film yang pemerannya berkarakter aneh – aneh (sebut saja Forrest Gump, A Beautiful Mind dan Hannibal trilogy...). Adam, termasuk salah satunya. Kalau pengen tahu bagaimana seorang penderita asperger syndrome menjalani masa dewasanya, u can see it in this movie...

Karakter Adam memang unik, Asperger Syndrome boleh dibilang salah satu bagian dari penyakit autis. Penderitanya biasanya tidak bisa merasakan empati terhadap orang lain, susah bergaul, dan menyukai hal – hal tertentu secara obsesif. Adam tidak bisa mengobrol dengan orang lain sambil melihat mata lawan bicaranya, selalu mengucapkan sesuatu secara harfiah alias eksplisit, jika membicarakan hal – hal tertentu yang ia sukai ia tidak bisa berhenti bicara, maniak terhadap hal – hal yang berbau luar angkasa (ia menyimpan baju astronot di dalam kamarnya), tapi juga hebatnya ia luar biasa cerdas. Kabarnya, Mayer terinspirasi membuat film ini setelah mendengar interview dengan penderita Asperger di sebuah radio. And well, absolutely, Hugh Dancy played so well in this movie, and also Byrine. They such a great couple here!!!


See? Ini memang kisah romantis yang unik. And i think this is one of a sweetest romantic movie i’ve ever seen! Bahkan, adegan first kiss mereka saya repeat beberapa kali karena saya sangat menyukai scene romantis itu..... hehehe... Tapi emang sih, endingnya buat saya agak menyesakkan karena nggak sesuai ama yang saya pengenkan... huhu... Film ini sendiri meraih penghargaan Alfred P. Sloan di ajang Sundance Film Festival tahun 2009. IMHO, Alfred P. Sloan Prize adalah semacam penghargaan untuk film yang menampilkan sisi science dan teknologi sebagai salah satu fokus temanya, atau karakter scientist / engineer / matematikawan sebagai major rolenya.

Direkomendasikan untuk :
Anda yang menyukai film romantis atau Anda yang mengaku berjiwa romantis...

Komentar