Top 10: My Favorite Romantic Scene in Movies


Saya berpendapat bahwa film romantis itu sama berbahayanya dengan film-film kekerasan, karena berkat film-film romantis, standar perempuan dalam mencari pria idaman jadi terlalu tinggi. Saya juga berpendapat bahwa film romantis terkadang lebih tidak masuk akal daripada film-film science-fiction, karena menemukan pria ganteng, kaya, setia, dan rela melakukan apa saja untukmu jauh lebih tidak masuk akal daripada, misalkan, dunia ini dikuasai oleh robot. Ah, tapi sebagaimana kebanyakan lelaki menyukai film-film superhero, bagi perempuan film romantis tetaplah sebuah eskapisme dari dunianya yang menjemukan. Termasuk saya.

Berikut ini saya merangkum beberapa scene romantis favorit saya. Kebanyakan adalah film-film yang relatif baru, karena referensi film saya memang masih terbatas, dan saya emang ga terlalu suka nonton film-film lama. Semua scene romantis di sini adalah yang mengesankan saya dan membuat saya terbawa perasaan (disusun secara tidak berurutan). 

#1
Up (Pete Docter, 2009)
Scene: Married life


Entah sudah berapa kali saya menonton cuplikan ini, dan selalu menangis setiap menontonnya. Selalu. Saya merasa bahwa barang siapa yang tidak menangis menonton adegan ini (atau setidaknya matanya berkaca-kaca), maka kemungkinan besar dia adalah seorang psikopat. Saya yakin bahkan seorang Joker atau Mr. Blonde aja kalo nonton ini pasti akan meneteskan air mata! Adegan empat menit yang memperlihatkan kehidupan Carl dan Ellie dari awal pernikahan mereka adalah seluruhnya tentang kehidupan pernikahan yang kita inginkan: melewati masa suka maupun duka, dengan tetap bersama dan saling mencintai. Adegan ini juga menghadirkan momen-momen romantis sederhana semacam bersentuhan tangan saat membaca buku, atau melihat awan-awan sambil berkhayal. Iringan musik dari Michael Giacchino juga mampu menjadi soundtrack yang menjadikan adegan ini begitu mengharukan. Ah, Pixar emang ahlinya bikin nangis.

#2
Romeo + Juliet (Baz Luhrman, 1999)
Scene: Love at First Sight



Saya sih nggak pernah percaya cinta pada pandangan pertama, tapi adegan ini menjadikan hal itu terasa masuk akal. Perhatikan bagaimana Baz Luhrman, didukung dengan performa dan chemistry yang real dari Claire Danes dan Leonardo di Caprio (keduanya masih sangat muda di film ini), ditambah suara unik dari Des'ree menyanyikan lagu ballad Kissing You sebagai soundtrack adegan ini, menjadikan scene ini terasa sangat sangat sangat romantis. Kamu sedang melihat ikan-ikan cantik dalam aquarium, lalu matamu tidak sengaja bertatapan dengan orang lain di balik aquarium.... Tidak pernah ada proses bertatap mata dengan orang asing yang lebih romantis dari adegan ini (dan ini menjadikan adegan si Dilan menatap tajam Milea dari depan lapangan upacara terasa sangat creepy).

#3
Her (Spike Jonze, 2013)
Scene: The Beach Scene


Sebenarnya, keseluruhan kisah cinta antara Theodore (Joaquin Phoenix) dan Samantha (Scarlett Johansson) lebih tepat dikatakan sebagai sebuah kisah cinta yang menakutkan. Bayangkan, jatuh cinta pada sebuah operating system! Tapi adegan ini, ketika Theodore sedang menikmati waktunya di pantai sambil ngobrol bersama OS dalam saku bajunya (and this OS said something sweet: "I'm trying to write a piece of music that's about what it feels like to be on the beach with you right now."), dengan sinematografi yang luar biasa menawan: color grading yang cantik, bias-bias cahaya yang indah, dan akting jatuh cinta dari Joaquin Phoenix (ia tampak luar biasa damai sambil senyum-senyum sendiri), menjadikan scene ini terasa indah dan memabukkan. Dan saat saya sedang jatuh cinta dengan kekasih saya, entah bagaimana saya juga selalu terngiang-ngiang musik instrumental Song on The Beach dari Arcade Fire yang menjadi background music adegan ini. I want this song for my wedding day. 

#4
Big Fish (Tim Burton, 2003)
Scene: Time Stand Stills


"They say, when you meet the love of your life, time stops, and that's true". Ketika kamu bertemu dengan cinta dalam hidupmu, kamu merasa dadamu berdegup kencang, pandanganmu hanya tertuju kepadanya, dan mendadak dunia seolah-olah mengabur dan berhenti berputar. Hanya ada kamu dan dirinya. Perjumpaan romantis ini divisualisasikan dengan menawan oleh Tim Burton lewat dongeng modern-nya Big Fish (2003) dalam adegan ini, ketika Edward (Ewan McGregor) melihat seorang perempuan yang menawan di tengah pertunjukan sirkus. Yaaaaaaaa, saya tahu bahwa pertemuan semacam ini adalah mitos berlebihan yang tidak pernah terjadi di dunia nyata. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kamu tidak pernah benar-benar tahu itu jodohmu atau bukan hanya dari pertemuan pertama, but still..... this scene is so romantic! 

#5
You've Got Mail (Nora Ephron, 1998)
Scene: Ending Scene

Jika diminta menyebutkan salah satu film romantis favorit saya tahun 90an, maka saya akan menyebut You've Got Mail sebagai salah satunya. Duo Meg Ryan dan Tom Hanks adalah pasangan paling relatable dan favorit bagi kita semua. Meg Ryan yang tipe girl-next-door dengan kecantikan sederhana dan tidak membosankan, dan Tom Hanks yang hampir selalu jadi Mr. Nice Guy yang akan membuat perempuan jatuh sayang dengan mudah.... Adegan akhirnya ini sama picisannya dengan adegan ending film romantis manapun, tapi tetap aja sangat-sangat romantis dan membuat saya senyum-senyum baper setiap menontonnya. Oh ya, dan background song Somewhere Over The Rainbow, yang muncul seiring dengan kemunculan Tom Hanks dalam adegan ini, juga menjadikan adegan ini terasa sangat manis.

#6
When Harry Met Sally (Rob Reiner, 1988)
Scene: New Year's Eve / Ending Scene


Salah satu alasan yang membuat When Harry Met Sally menjadi salah satu film romantis favorit saya tentu saja karena karakter Harry Burns! Sumpah deh, Harry Burns - yang diperankan oleh Billy Crystal - adalah lelaki idaman saya: emang ga terlalu ganteng, tapi charming, smart, dengan sedikit selera humor yang sarkastik dan dark. Sedikit sok tahu dan menyebalkan, tapi sekaligus juga menggemaskan. Karena itulah, ketika Harry akhirnya menyadari perasaannya kepada Sally (Meg Ryan), yang akhirnya menuju pada salah quote ter-romantis yang pernah saya tahu dalam adegan ini: "When you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible", otomatis saya ikutan baper ~ 

#7
10 Things I Hate About You (Gil Junger, 1999)
Scene: "Can't Take my Eyes of You"


Bagaimana cara memenangkan hati perempuan atau merayu perempuan yang lagi marah? Kamu mungkin bisa contoh cara Patrick (Heath Ledger) merayu Kat (Julia Stiles) di film 10 Things I Hate About You: menyanyikan lagu romantis di tengah lapangan (Can't Take My Eyes of You adalah salah satu pilihan lagu yang tepat), dan tidak lupa bekerjasama dengan anak drumband agar pertunjukanmu semakin menarik. Tidak ada yang lebih romantis dari seorang lelaki rela berbuat konyol dan menyatakan perasaannya di depan umum (dengan catatan, si perempuan menyukai lelaki itu juga. Karena jika tidak suka, maka apa yang laki-laki lakukan itu akan terasa sangat mengganggu). 

#8
Lalaland (Damien Chazelle, 2016)
Scene: Dancing In The Stars



Lalaland adalah salah film paling indah dan magical yang pernah saya tonton, dan adegan ini - kala Sebastian (Ryan Gosling) dan Mia (Emma Stone) berkencan (secara ilegal) di planetarium, lalu tiba-tiba tubuh mereka melayang dan kemudian mereka berdansa di tengah bintang-bintang, adalah salah satu adegan tercantik yang pernah saya tonton di bioskop. Saya bahkan masih teringat perasaan kala menontonnya di layar bioskop (padahal kondisi saya saat itu masih tidak berpasangan): begitu gembira dan tidak bisa tidak untuk tidak terbawa perasaan. Lantas saya mendambakan bisa dapat kencan yang serupa: berkencan di planetarium, menari di luar angkasa (atau bercinta tengah bintang-bintang), dan kalau bisa lelaki dalam khayalan saya ini Ryan Gosling... 

#9
Blue Valentine (Derek Ciafrance, 2010)
Scene: "You always Hurt The One You Love"


Terlepas dari betapa depresifnya Blue Valentine, adegan ini adalah salah satu adegan romantis yang sangat memorable di kepala saya. Ah, entahlah apakah adegan ini sejatinya memang sungguh romantis, atau karena adegan ini mengandung Ryan Gosling bernyanyi sambil bermain ukulele. Maksud saya, seluruh adegan yang mengandung Ryan Gosling tersenyum di depan kamera bisa bikin saya baper dan akan bilang bahwa adegan itu romantis buat saya. Haha. Tapi adegan sederhana ini, ketika Cindy (Michelle Williams) menari tap, sambil Dean (Ryan Gosling) mengiringi dengan bernyanyi secara goofy, adalah sebuah adegan sederhana yang menunjukkan keduanya saling jatuh cinta. Saya mungkin juga ingin melakukan ini suatu saat dengan kekasih saya, ia memainkan gitar (alhamdulillah saya punya kekasih yang bisa main gitar), dan saya akan menari. Tapi saya berharap tidak ada yang melihat adegan ini, karena semua orang akan menertawakan tarian saya.  

#10
About Time (Richard Curtis, 2013)
Scene : Wedding 


About Time mungkin bukanlah film rom-com yang dianggap baik oleh para kritikus, tapi About Time adalah tipikal film yang mudah disukai oleh banyak orang. Adegan pernikahan ini spesial buat saya karena ga cuma saya mendambakan bahwa saya bisa secantik Rachel McAdams saat pesta pernikahan saya, tapi makna yang tersirat dari adegan momen pernikahan ini menjadi tolak ukur saya dalam merencanakan pernikahan saya kelak. Tim (Domhnall Gleeson), ceritanya adalah seorang pria yang bisa mengulang waktu. Saat pernikahannya dengan Mary (Rachel McAdams), terjadi hujan angin badai yang membuat pesta pernikahan mereka menjadi sedikit chaos. Tapi ketika Tim menanyakan kepada Mary apakah Mary ingin mengubah momen pernikahan mereka, Mary menjawab singkat: tidak. Buat saya pribadi, wajar jika kita menginginkan momen sempurna dalam pesta pernikahan, namun hal ini kemudian membuat kita fokus dan kecewa pada hal-hal tidak sempurna yang terjadi: mungkin katering yang kurang, fotografer yang kurang sigap mengambil foto, atau dalam film ini: hujan badai yang menghancurkan tenda pernikahan mereka. Hal ini kemudian membuat kita lupa satu hal yang lebih penting: akhirnya kita menikahi orang yang kita cintai. Kalaupun ada hal-hal tidak sempurna dalam pesta pernikahan kita, kelak akan jadi cerita yang seru yang bisa kita ceritakan ke anak-anak kita. 

...
Ngomong-ngomong, sebenarnya masih banyak adegan romantis yang ingin saya tambahkan di sini. Tapi saya ga berhasil nemu potongan adegannya di youtube :(
Yang belum ada di atas mungkin juga akan saya tuliskan di artikel berikutnya (bagaimana mungkin saya belum memasukkan adegan cium-ciuman di tengah hujan dari film The Notebook?). Kamu sendiri, punya adegan romantis favorit? Silakan share di comment siapa tahu saya belum kepikiran :) 

Komentar

  1. Kalau saya suka banget dengan scene dancing antara Luke dan Rebecca di Confession of shopaholic, masih suka senyum senyum sendiri plus malu ngeliat ketika kipasnya tepat mengenai wajah Luke hahaha mungkin bukan romantis tapi seneeeeng gitu liatnya.
    Btw akhirnya niken nulis lagiiii... saya ngfans loh sama analisis filmnya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha pasti baper yaa nonton itu Confession of Shopaholic. Tapi gimana ga baper kalo cowoknya charming kayak begitu.. haha.

      Iya akhirnya saya nulis lagi. Doakan semoga konsisten :D

      Hapus
  2. Your name 2016,
    adegan ketika akhirnya Taki dan Mitsuha bertemu..
    It's so romantic, sy sampe dibuat baper berminggu2 setelah menontonnya

    BalasHapus
  3. aku juga suka banget sama scene di no. 1, 2, 10. scene romantis lain yang aku suka ada banyak kayaknya hahaha soalnya aku suka rom-com :p
    1. 500 days of summer scene fotokopi (tapi endingnya malesin huhu yaa walaupun realistis)
    2. a simple favor scene sean megang pergelangan tangan stephanie setelah istrinya meninggal (ini bukan film rom-com sih)
    3. before midnight scene ngambek di depan kolam renang atau pantai ya lupa, endingnya kalau nggak salah
    4. jurassic world scene claire nembakin dinosaurus terbang yang lagi ngeroyok owen
    5. no strings attached scene ceweknya dibuatin playlist pas period cramps
    6. roman holiday scene jalan-jalan di kota roma sambil naik motor
    7. sierra burgess is a loser scene veronica dan jamie ngobrol di cap mobil
    8. the kissing booth scene ngobrol malem-malem di tulisan hollywood
    9. the princess diaries 2 scene mia diajarin memanah sama nicholas

    BalasHapus
  4. melihat chemistry dri Claire Daines dan DiCaprio di Romeo+Juliet, susah dipercaya kalo keduanya bener-bener ga suka satu sama lain di real life. Mengenai adegan romantis, mungkin favorit saya adalah adegan elevator di Drive :D

    BalasHapus
  5. coba tambahin adegan romantis si Jack Twist & Ennis di Brokeback Mountain (terlepas klo film ini adalah film g..), ini link fotonya :
    https://springout.com.au/festival/events/nfsa-summer-series-brokeback-mountain/

    BalasHapus
  6. 1. Adegan pernikahan di Crazy Rich Asian
    2. Ending AADC yg pertama
    3. Bruce Willis memaafkan istrinya di Last Boy Scout
    4. Ciuman Batman dan Catwoman di Dark Knight Rises
    5. Dan masih banyak lagi

    BalasHapus
  7. Manchester by the sea, very painful

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!