Pulp Fiction (1994)



"Yes you did. Yes you did! You tried to fuck him. And Marcellus Wallace don't like to be fucked by anybody except Mrs. Wallace,"

RottenTomatoes: 94% | IMDb: 9/10 | Metascore: 94/100 | NikenBicaraFilm: 4,5/5

Rated: R | Genre: Action, Drama

Directed by Quentin Tarantino ; Produced by Lawrence Bender ; Screenplay by Quentin Tarantino ; Story by Roger Avary, Quentin Tarantino ; Starring John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Harvey Keitel, Tim Roth, Amanda Plummer, Maria de Medeiros, Ving Rhames. Eric Stoltz, Rosanna Arquette, Christopher Walken, Bruce Willis ; Cinematography Andrzej Sekuła ; Edited by Sally Menke ; Distributed by Miramax Films ; Release dates May 1994 (Cannes), October 14, 1994 (US) ; Running time 154 min. (Theatrical), 168 min. (Special Edition) ; CountryUnited States ; Language English ; Budget $8.5 million ; Box office $213,928,762

Story / Cerita / Sinopsis :
Pulp Fiction adalah cerita tentang 2 orang pembunuh bayaran (John Travolta & Samuel L. Jackson), bos mafia (Ving Rhames) serta istrinya (Uma Thurman), seorang petinju (Bruce Willis), dan dua orang perampok kelas teri (Tim Roth & Amanda Plummer).

Review / Resensi:
As a movie newbie, saya harus mengakui bahwa sejauh ini saya baru mengalami Tarantino experience lewat Inglorious Basterds (2009), Death Proof (2007) dan The Django Unchained (2012). Saya belum sempat nonton Kill Bill (2003) dan Reservoir Dogs (1992). Pulp Fiction (1994) menjadi film keempat Quentin Tarantino yang saya tonton, dan entahlah, menulis review-nya agak sulit buat saya. Kenapa sulit? Karena kalo boleh jujur, setelah nonton saya merasa bahwa Pulp Fiction adalah sebuah film yang cool dan entertaining, tapi lebih dari itu? - saya tidak terlalu yakin. Saya tahu ada yang salah sama saya, karena itulah sebelum nulis review ini butuh semacam riset mengenai mengapa film ini lebih dari sekedar keren dan menghibur, tapi juga diakui menjadi salah satu film terbaik era 90-an dan menjadi salah satu film paling berpengaruh di dunia perfilman. Pulp Fiction bahkan memenangkan Palm d'Or di ajang Cannes, mendapatkan nominasi Best Film (kalah sama Forrest Gump, and many people was mad about that fact) dan memenangkan Best Original Screenplay di piala Oscar. Tampaknya alasan utama kenapa saya kesulitan memahami betapa hebatnya film ini adalah karena saya menontonnya telat 20 tahun. Agak sulit menilai Pulp Fiction dengan kacamata kekinian, plus apalagi pengetahuan film saya terbilang masih minim. Tapi jika menyadari bahwa film ini dirilis dua dekade yang lalu dan setelah membaca banyak artikel, saya sedikit lebih paham. And I totally get it why Pulp Fiction is one of the greatest postmodern film.

The Plot

Salah satu hal paling khas dari Pulp Fiction adalah alur filmnya yang berjalan secara paralel dan non-linear. Alur film Pulp Fiction yang terbagi menjadi beberapa bagian ini berjalan secara tidak berurutan. Tidak usah takut film ini akan jadi membingungkanmu sebagaimana Memento (Christoper Nolan, 2000), secara umum Pulp Fiction hanya terbagi menjadi 3 part besar - dan mengikuti alurnya yang maju mundur ga sampe bikin bingung. It also brings a lot of fun and little twist at the end.

Selain itu, plot kisah Pulp Fiction seakan-akan menjungkir balikkan seluruh prasangka yang ada, seperti mendobrak keklisean film-film yang mungkin sering kamu lihat. Hal-hal yang kamu kira akan predictable, ternyata malah berjalan berbeda dengan sedikit sentuhan ironi ala black comedy. Sebagai contoh (agak spoiler) : ketika si Vincent Vega (John Travolta) mengajak makan malam istri bosnya, Mia (Uma Thurman) kamu mungkin menyangka mereka berdua akan terlibat cinta terlarang - namun yang terduga sungguh jauh dari itu.

The Character

Yang juga menarik untuk dicermati adalah betapa menariknya karakter-karakter yang ada di Pulp Fiction. Sekilas karakter-karakternya terlihat biasa saja: pembunuh bayaran, bos mafia, dan petinju. Namun kemudian naskah yang dikerjakan oleh Roger Avary dan Quentin Tarantino ini memasukkan unsur black-comedy dan ironi lain ke dalam karakter-karakternya, meramunya menjadi karakter yang terasa berbeda dengan jalinan cerita yang tidak disangka: seorang pembunuh bayaran yang ceroboh, pembunuh bayaran yang suka mengutip ayat injil, bos mafia yang disodomi, istri bos mafia yang hobi menari twist dan petinju sangar yang sayang pacar.

Ada cukup banyak karakter di sini, namun yang paling fenomenal adalah karakter Vincent Vega (John Travolta), Julie Winnfield (Samuel L. Jackson), Mia Wallace (Uma Thurman) dan Butch Collidge (Bruce Willis). Boleh dikatakan Pulp Fiction merevitalisasi karir John Travolta, Uma Thurman dan Bruce Willis. Bruce Willis, yang walaupun merupakan salah satu aktor besar namun film-filmnya selain Die Hard flop di pasar, setelah sukses bermain di Pulp Fiction akhirnya bermain di film-film macam The Fifth Element, 12 Monkeys dan The Sixth Senses. Begitu pula John Travolta yang sempat pudar setelah terkenal berkat film Grease dan Saturday Night Fever kemudian bermain di Get Shorty dan Face/Off. 

The Comedy & The Dialogues

Pulp Fiction bagaikan film yang memporakporandakan bayanganmu tentang film gangster sebelumnya. Ini sih kata artikel yang saya baca, soalnya saya sendiri sampai detik menulis ini belum sempat dan belum terlalu tertarik untuk nonton film-film gangster macam The Godfather, Goodfellas, Scarface, dan sebagainya. Adegan kekerasannya sendiri tidak dominan, padahal ini film tentang gangster. Sebaliknya, sebenarnya Pulp Fiction agak membosankan karena dipenuhi oleh banyak dialog. Seluruh karakternya tampaknya orang-orang yang doyan bicara. Tapi inilah kekuatan utamanya - ada pada dialog-dialognya yang smart dan kick-ass yang dibawakan oleh karakter-karakternya yang unik. Okelah, dialognya juga kelewat vulgar, dengan seringnya penggunaan kata nigger, motherfucker dan fuck - tapi filmnya sendiri konyol. Pulp Fiction is also a dark-comedy about gangster movie, siapa yang akan menyangka dua orang pembunuh bayaran akan ngobrol tentang "memijat-kaki" sesaat sebelum membunuh? Siapa juga yang menyangka bahwa Butch, petinju yang garang - ternyata lemah terhadap pacarnya sendiri? Ada banyak kebetulan-kebetulan aneh juga yang memancing tawa. And the best comedy part for me: ketika dua orang pembunuh yang sebelumnya tampak necis dengan jas harus berganti pakaian dengan kaos dan celana pendek, mirip turis yang jalan di pinggir pantai - they became look like two morons.




The Homage & Pop Culture

Seperti yang telah saya katakan di awal, yang membuat saya sedikit kesulitan memahami film ini adalah akibat pengetahuan film saya yang minim, terutama film-film yang dirilis sebelum tahun 2000 (tahun 90-an saya masih SD dan hobi nonton Doraemon, iya kalik saya SD udah nonton Pulp Fiction). Padahal, Pulp Fiction sendiri bagaikan homage untuk film-film klasik sebelumnya. Quentin Tarantino seperti plagiator yang seenaknya mencomot bagian dari banyak film-film klasik serta pop culture lalu merangkainya menjadi sebuah film yang epik. Pulp Fiction bak pesta nostalgia bagi moviegoers, dengan film-film yang turut menginspirasinya: The Good, the Bad and the Ugly (1966), A Clockwork Orange (1971), Deliverance (1972), Taxi Driver (1976) hingga Apocalypse Now (1979). Sayang saya masih belum nonton film-film itu semua sehingga sedikit kagak nyambung.

Overview:

Kalo kamu mencari film gangster yang dipenuhi adegan-adegan action yang keren, Pulp Fiction tidak menawarkan itu. Sebaliknya Pulp Fiction adalah karya cerdas yang memperlihatkan dunia gangster dengan perspektif yang "aneh". The characters are iconic and hilarious, and the script is brilliant.  Pulp Fiction tidak hanya diakui sebagai karya terbaik dari Quentin Tarantino, namun juga menjadi salah satu film postmodern paling berpengaruh di dunia perfilman. It is not easy for me to really appreciate this movie in the first place, however after read a lots of article about this movie, then gradually I figure out why this movie is so fcking cool!

Komentar

  1. alurnya memungkinkan kita buat bingung sish, tp disitu serunya. aku baru tahu kalau ada beberapa 'dark comedy' didalamnya, jadi pengen nonton lagi deh.
    mbak saya rekomendasikan Leon : The professional

    BalasHapus
  2. Anda menyebutkan belum terlalu tertarik nonton the godfather? Jika dibenak anda hanya ada kekerasan dalam film gangster.. Sebaiknya anda pertimbangkan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup sampai Godfather 2. Godfather 3 kurang menggigit, mungkin karena ekspektasi setelah menonton godfather 1

      Hapus
  3. Setuju sama Robby coba dulu nonton the Godfather,saya jamin anda bakal menontonnya berkali kali

    BalasHapus
  4. Setuju sama Robby coba dulu nonton the Godfather,saya jamin anda bakal menontonnya berkali kali

    BalasHapus
  5. Pada nyangka nggak saat scene Vincent beli "barang haram" di rumah temannya, perawakan hingga style temannya Vincent mirip bgt sama vokalisnya Nirvana. Kurt Cobain. Nggak kepikiran gue :D

    BalasHapus
  6. Agak bingung sih sama film ini, setelah saya tonton perasaan saya biasa aja, gak ada yg istimewa film dengan rating 8,9 atau mungkin saya yg kurang paham.

    Scene fav: pas bosnya disodomi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya nggak paham kok. Tapi nonton Pulp Fiction harus dilihat dari konteks kapan film ini dibuat: tahun 1994. Pulp Fiction ini pionir dan inovatif. Cult.

      Hapus
  7. Aku penggemar berat film film nya Quentin Tarantino. Aku merekomendasikan film reservoir dog. Dan sudah menjadi karakteristik karya karya nya beliau ini dengan alur cerita yang non linear tapi di situ epic nya. Di tambah dialog-dialog yang smart. recommended until film reservoir dogs.

    BalasHapus
  8. The Hateful Eight jg mantap plot twist banget khas Quentin Tarantino meskipun awalnya agak boring

    BalasHapus
  9. yups setuju dg anonim, bagi penggemar film2 quenting lebih mengedepankan dialog yg kuat di setiap film2nya rekomen "reservoir dog" saya tambahin 1 "inglorious basterd", & hanya di film2 quentin seoarang actor ternama bisa jadi cameo atau dpt peran antagonis.. bahkan Robert de niro sekali pun.... 2 thumbs for Mr.tarantino... hell yeah... Mr.Tarantino says : " F "word for CGI "penonton membeli tiket mahal & datang ke bioskop bukan untuk menonton nitendo game"

    BalasHapus
  10. Menurut sy itu sama sekali bukan perspektif yg aneh, justru sebaliknya. Film ini realistis, salah 1 contoh dr adegan nya, seandainya ada org jadi gangster yg ditembak 4 peluru sm bocah burger yg sembunyi di wc, pasti org tsb jg akan mikir itu miracle. Sebaliknya aneh nya di film2 kebanyakan "keajaiban" itu sprti tdk dianggap, film2 gangster biasanya yg pemeran nya trkesan punya banyak nyawa dan trkesan sok keren dan wibawa

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Saya hampir menyukai setiap adegan dri film ini. Tpi yang paling meninggalkan kesan adalah part dimana vincent and jules mendapat kan masalah karena kecerobohan vincent (john travolta) saat mendaratkan timah panas tepat di kepala korbannya dalam mobil, sehingga dalam mobil mereka berlumur penuh tomato juice dan membuat jules berangberang dan tak berhenti melemparkan umpatan. Hehehe, point-nya adalah ketika winston wolf (harvey keitel) datang untuk menyelesaikan kegaduhan itu. Karakternya yang sangat tenang membuat saya kagum. Terlebih karena dia juga sosok legendaris dikancah gangster bawah tanah L.A. sehingga dapat dengan tenang dan sangat terorganisir dalam membalik keadaan buruk. Great Mr. Wolf!!!!

    BalasHapus
  13. Adegan john menari dgn uma,paling saya ingat,dan saya ulang2....
    ini film keren banget,aku suka semuanya,haha

    BalasHapus
  14. Ralat,itu john disuruh bosnya buat nemenin uma(istri bosnya),bukan johm yg ngajak kencan

    BalasHapus
  15. Bagaimana saat alur butch menembak vega sampai mati di kamar mandi? Saya masih bingung pada alur itu. Bisa dijelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vincent vega di suruh membunuh butch oleh bos mavia calon korban sodomi, simple???

      Hapus
    2. Tiadanya keberadaan Julie Winnfield saat vincent vega terbunuh, maka dipastikan kejadiannya berada di alur setelah Julie Winnfield memutuskan berhenti sebagai gangster (jgn lupa alur film ini maju mundur). Yg menjadi ironi, vincent vega yg tidak mempercayai bahwa selamatnya mereka dari tembakan bocah yg sembunyi di wc sbg keajaiban, akhirnya harus mati oleh Butch. Sedangkan Julie Winnfield yg mempercayai itu sbg keajaiban, menganggap sbg pertanda sudah saatnya dia berhenti menjadi ganster, dan tentu saja berarti dia selamat.

      Hapus
    3. Vincent disuruh Pak Wallace buat ngebunuh si Butch, cuma dia teledor dan ninggalin pistolnya di luar waktu mau ke toilet. Harusnya dibawa aja kan, ya. Tapi dianya enggak. Ceroboh gitu, lah. Dia juga udah sendiri soalnya si Jules udah resign, juga. Jadi ya, gitu. Kemungkinan dia habis ngegeledah rumahnya Butch but he couldn't find him and before leaving dia mampir dulu ke toilet tanpa memikirkan kemungkinan si Butch bisa datang ke sana kapan aja. And, yeah, Butch datengnya waktu si Vince lagi ke toilet, mana pistolnya ditinggalin di dekat toaster! After some uncomfortable-shock silence, dibunuh deh Vincent Vega pakai pistolnya dia sendiri. Wkwkwkwkwkwk.

      Hapus
  16. Saya hanya berfikir kenapa film pulp fiction ini bisa mendapat rating tinggi,, mungkin karena transisi di tahun 90an yang notabene film ber tema gangster terlihat garang tapi di film ini memberikan konsep yang berbeda. Melahirkan film seperti Men in black, suicide squad, dope dll yang bertema gangster comedy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya karena era 90-an itu era kebangkitan film dark-comedy, nah Pulp Fiction adalah salah satu pionirnya.

      Hapus
  17. film ini gagal membuat saya melek pas nonton malem malem,
    sepertinya saya kurang cocok sama genre ini

    BalasHapus
  18. my favorite movie from quentin tarantino

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!