[Quick Review] C.O.G, Silver Lining Playbook, Mama, & The Heat

QUICK REVIEW:
C.O.G, Silver Lining Playbook, Mama & The Heat

C.O.G. (2013)

Starring: Jonathan Groff, Denis O'Hare, Casey Wilson, Dean Stockwell | Screenplay by Kyle Patrick Alvarez | 
Based on C.O.G by David Sedaris | Directed by Kyle Patrick Alvarez
RottenTomatoes: 70% | IMDb : 5,6/10 | NikenBicaraFilm: 3,5/5

Story / Cerita / Sinopsis:
Diangkat dari essay oleh David Sedaris, C.O.G menceritakan tentang perjalanan David / Samuel (Jonathan Groff), seorang lulusan Yale yang ingin mempelajari kehidupan lain di sebuah perkebunan Apel di Oregon.
Review / Resensi:
Disutradarai oleh Kyle Patrick Alvarez, sutradara independen yang film pertamanya Easier with Practice (2009) merupakan film pertama yang saya tulis reviewnya di blog ini, C.O.G adalah sebuah film yang bergerak dengan alur yang cukup lambat. Begitu lambat hingga sampai pertengahan film kamu menyadari bahwa film ini berjalan begitu datar dan tanpa klimaks yang berarti. Saya juga yakin kamu tidak akan menyukai bagaimana film ini berakhir. C.O.G menyisakan begitu banyak pertanyaan mengenai karakter & kisah hidup David ~ dan Alvarez tidak pernah repot-repot untuk memberikan penjelasan. Ini jelas membuat penonton merasa frustasi. Terlepas dari itu, C.O.G tetap memberikan hal yang juga saya sukai dari film Alvarez sebelumnya : sebuah pemandangan cantik dari lanskap Amerika, dengan scoring music yang unik dan so indie. C.O.G adalah mini-experience dengan sedikit humor yang cukup menarik, dan itu tidak bisa dilepaskan dari akting prima Jonathan Groff sebagai David. Overall, C.O.G adalah sebuah film yang cukup menarik untuk ditonton ~ tapi soal cerita, sebaiknya kamu tidak berharap terlalu banyak.

SILVER LININGS PLAYBOOK (2012)
 

Starring: Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert de Niro, Chris Tucker, Jacki Weaver  | Screenplay by David O. Russel | Based on The Silver Linings Playbook by Matthew Quick | Directed by David O. Russel
RottenTomatoes: 92% | IMDb : 7,9/10 | NikenBicaraFilm: 4,5/5

Story / Cerita / Sinopsis :
Pat Solatano Jr (Bradley Cooper) adalah seorang pengidap bipolar disorder yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa akibat aksi brutalnya memukuli selingkuhan istrinya. Dalam misi merebut kembali hati istrinya, Pat bertemu Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence) - seorang janda depresif dan misterius. 

Review / Resensi :
Intinya, Silver Linings Playbook adalah kisah mengenai bagaimana 2 orang tua dengan gangguan kejiwaan bisa terlibat dalam hubungan romantis. Tidak banyak sebuah film drama rom-com yang bisa menyentuh sedemikian rupa dengan kualitas sebagai award-winning movie, dan Silver Linings Playbook adalah salah satunya. David O. Russel membawa beberapa elemen-elemen yang pernah dibawanya lewat film sebelumnya The Fighter (2010) : kamera yang bergerak cepat, dan sub-plot kisah drama keluarga yang hangat dan menyentuh. Didukung oleh penampilan solid para pemerannya, mulai dari Bradley Cooper, Robert De Niro hingga Chris Tucker, Silver Linings Playbook berhasil menjadi sebuah film yang hidup. Namun memang yang paling mencuri perhatian adalah akting Jennifer Lawrence, yang membuatnya layak menerima Oscar dan Golden Globe pada katagori Best Actress. Naskah yang digarap David O. Russel sendiri begitu funny, kocak, brilian, ringan namun sarat akan muatan nilai moral. Clearly, Silver Linings Playbook adalah salah satu film drama terbaik di tahun 2012. 

MAMA (2013)
 

Starring: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau, Megan Charpentier, Isabelle Nélisse  | Screenplay by Neil Cross | Based on Mama by Andrés Muschietti | Directed by Andrés Muschietti
RottenTomatoes: 65% | IMDb : 6,3/10 | NikenBicaraFilm: 3/5

Story / Cerita / Sinopsis : 
Lukas (Nikolaj Coster-Waldau) dan Anabel (Jessica Chastain) memutuskan untuk merawat keponakan Lukas, Victoria & Lily yang ditinggalkan di sebuah kabin di hutan oleh ayah mereka, tanpa menyadari bahwa sesosok makhluk misterius yang dipanggil "Mama" mengikuti keduanya hingga ke rumah barunya. 

Review / Resensi :
Mama memiliki premis yang menjanjikan, dan dengan perpaduan hantu yang mengingatkanmu pada Sadako dan The Exorcist, Mama punya potensi besar untuk membuatmu mimpi buruk. Formula creepy scene yang dilakukan Mama memang terbilang konservatif, tapi bukan berarti tidak cukup sukses untuk menakut-nakuti penonton. Didukung oleh nama besar Guillermo del Toro sebagai eksekutif produser, dan Jessica Chastain sebagai pemeran utama, Mama terbilang sukses secara komersil di bioskop. Namun selepas pertengahan film Mama gagal memberikan atmosfer seram yang saya inginkan ~ dan menyisakan Mama menjadi drama horror yang menurut saya sedikit norak, klise dan predictable. Efek CGI dari sang "Mama" terasa awkward, aneh dan jauh dari kesan menakutkan, ditambah lagi adanya sub plot yang terasa tidak penting dan patut dipertanyakan (karakter Lucas sangat tidak penting di film ini), serta adanya ending yang terasa over-dramatic dan mendayu-dayu, pada akhirnya membuat Mama sedikit mengecewakan. 


THE HEAT (2013)
 

Starring: Sandra Bullock, Melissa McCarthy, Marlon Wayans, Demian Bichir, Michael Rapaport  | 
Written by Katie Dippold | Directed by Paul Feig
RottenTomatoes: 66% | IMDb : 6,7/10 | NikenBicaraFilm: 4/5

Story / Cerita / Sinopsis: 
Sarah Ashburn (Sandra Bullock), seorang agen FBI yang sombong harus bekerjasama dengan Shannon Mullins (Melissa McCarthy) polisi lokal yang bermulut kasar dan seenaknya sendiri dalam menuntaskan kasus kejahatan narkotika.

Review / Resensi :
The Heat bolehlah disamakan dengan 21 Jump Street atau The Other Guys versi wanita. Cerita nya mungkin bisa jadi sangat mudah ditebak, dan kisah konyol 2 pasang polisi yang tidak akur dalam menuntaskan kasus kejahatan bukan hal baru di dunia film. Namun bukan berarti The Heat lantas menjadi film yang tidak layak untuk ditonton. Disutradarai oleh Paul Feig yang sebelumnya sukses dengan film Bridesmaid, The Heat menyimpan banyak aksi-aksi "gila", naskah kocak yang kasar dan sarkastik - yang menjadi sangat menarik karena dilakukan oleh 2 orang wanita. Ada banyak momen kelucuan yang sebenarnya terasa sedikit murahan, namun masih mampu menghibur dengan pantas. Sandra Bullock tampaknya tidak melakukan banyak kesusahan dalam memerankan Sarah Ashburn, tetapi yang paling mencolok perhatian jelas karakter Shannon Mullins yang diperankan Melissa McCarthy. Setelah sempat berakting sinting lewat film Bridesmaid, McCarthy melakukannya lagi di The Heat, dan jelas The Heat adalah arena yang tepat untuknya. Bisa dikatakan The Heat adalah film komedi dengan premis yang klise dan membosankan, namun materi komedinya masih sangat menghibur - dan jelas saya berharap banyak agar The Heat dibuatkan sekuelnya!

Komentar