Review: Gundala (2019) (2,5/5)


Hola. Saya muncul lagi. Kali ini berkat film Gundala ~

Bagi yang sering membaca blog saya, mungkin sudah tahu ya kalau saya bukan penggemar film Indonesia, dan sebagai orang Indonesia saya juga ga nasionalis-nasionalis banget. Ditambah lagi, saya bukan fans film-film Joko Anwar. Maka, tiga fakta itu mungkin akan mengaburkan penilaian saya soal film Gundala di racauan saya kali ini.

Sebelumnya, kita dikejutkan dengan dirilisnya secara resmi "Bumilangit Cinematic Universe" atau Jagat Sinema Bumilangit yang menampilkan deretan cast aktor dan aktris Indonesia paling laris saat ini. Bumilangit Cinematic Universe ini akan diawali lewat film Gundala. Kemunculan BCU ini tampaknya disambut dengan suka cita oleh fans superhero Indonesia, yang kayaknya menunjukkan bahwa trend film superhero belum berakhir (So MCU Phase four? Bring it in!). Saya harus akui ini adalah langkah berani, karena Gundala bahkan belum dirilis. Tapi apakah ini adalah langkah yang cerdas? Gimana kalau Gundala jeblok di pasaran? Lha ini. Saya sebenarnya skeptis... Pesimisme saya akan film superhero asli Indonesia sesungguhnya bukan soal CGI, kostum, atau hal-hal yang sifatnya technical, tapi.... naskah! Dan ya, pesimisme saya itu terjawab lewat film Gundala. Bagi saya pribadi, sebagai penikmat film namun bukan penggemar komik, Gundala ini bukan film superhero (atau di satu kesempatan Joko Anwar lebih suka menyebutkan sebagai film "jagoan") yang..... bagus. Ouch. Tapi saya sih optimis Gundala tidak akan flop di pasaran, soalnya film-film superhero dari luar yang ga terlalu bagus aja ya tetap diminati (Contoh: Venom) dan kinerja marketing Gundala yang sukses bikin penonton penasaran. Apalagi Gundala, digadang-gadang sebagai sebuah bentuk kemajuan perfilman Indonesia dan hanya orang jahat yang tidak mendukung film Indonesia ~

Oke, mari kita bahas beberapa hal yang menjadi kekurangan Gundala. Semoga kekurangan yang saya sampaikan ini ga dianggap sekedar sebuah kenyinyiran, tapi juga kritik konstruktif.

*SPOILER REVIEW*

CERITA & NASKAH

Saya bukan penggemar Joko Anwar untuk satu alasan: saya merasa filmnya terlalu "muluk-muluk". Setidaknya hal ini saya rasakan dari beberapa filmnya yang sudah pernah saya tonton, salah satunya Pengabdi Setan (menggabungkan unsur lokal dengan sekte iblis ala barat sejujurnya sangat mengecewakan saya). Demikian pula yang terjadi dengan Gundala. Sebagai sebuah film pertama, saya rasa Joko Anwar (atau seluruh tim BLU) terlalu gegabah untuk memasukkan semua isi otaknya ke dalam satu film. Harusnya Joko Anwar bisa sedikit "sadar diri" dan lebih hati-hati, menyederhanakan konflik dalam film ini, fokus pada 1-2 hal, lalu mengemasnya dengan lebih solid. Ini adalah hal yang lumrah dilakukan untuk film yang akan menjadi benchmark universe yang akan dikembangkan, sehingga build up ke film-film selanjutnya juga jadi lebih gampang. Menurut saya gpplah film awal itu biasa aja dari segi cerita, atau bahkan jatuh sedikit klise, yang penting secara keseluruhan tetap solid (contoh: Wonder Woman). Sayangnya, hal itu ga dilakukan Joko Anwar. Terlalu banyak hal yang ingin ia masukkan, membuat ceritanya jadi ambyar dan narasinya berantakan. Dan ini adalah kelemahan utama yang paling fatal, dan membuat segala kehebatan hal-hal teknis dari segi visual dan sound, maupun akting keren dari para castnya, jadi sia-sia.

Saya ngerasa Joko Anwar ingin membuat film serumit The Dark Knight-nya Nolan, dengan memasukkan unsur-unsur sosial politik yang dianggap relevan dengan situasi sosial politik Indonesia saat ini (supaya katanya lebih relatable dengan permasalahan negara ini, karena level Indonesia memang masih belum lawan alien). Saya juga dapet kesan film ini mirip Batman v Superman: Dawn of Justice, dengan filosofi-filosofinya yang "dalam". Tapi... ya gitu. Kasusnya sama aja kayak kesalahan yang pernah dilakukan Zack Snyder di BvS (mbulet, script-nya mencoba rumit tapi sebenarnya sederhana). Segala konsep yang bagus kalo eksekusinya ga bagus kan percuma. Saya pikir sebenarnya Joko Anwar sudah punya konsep yang dalem, tapi begitu disampaikan dalam film malah terkesan maksa, dibuat-buat, dan ga natural. Terutama dari dialognya yang berusaha "quotable" dan kaku (yang benernya bagus sih saat ngebicarain soal moral, rakyat, dll. Tapi entah kenapa jatuhnya jadi sedikit mengganggu karena terdengar sok bijaksana dan seperti orang berpuisi). Saya pikir harusnya Joko Anwar (atau penulis naskah Indonesia lainnya) belajar untuk bikin film dengan dialog yang lebih dinamis, lebih cepat (soalnya saya ngerasa film-film Indonesia, bahkan termasuk film komedinya, kebanyakan bergerak terlalu lambat), tapi solid dan efektif. Dan cobalah untuk tidak terlalu eksplisit bercerita lewat dialog (Coba deh perhatikan adegan ketika Dirga (Zidni Hakim) muncul di pertemuan legislatif lalu bertemu dengan Ridwan (Lukman Sardi) dan Pengkor (Bront Palarae). Perhatikan dialog-dialognya. Misal untuk menunjukkan "ke-mafiaannya" si Pengkor, cuma disampaikan lewat dialog semacam "Kenapa sih kita harus nyembah dia? Memangnya dia siapa?" atau "Sebagian orang menganggap dia Tuhan" tanpa sungguh-sungguh menunjukkan bagaimana pengaruh Pengkor di legislatif, atau ancaman dia sebagai mafia itu semengerikan apa).

Berikutnya, sebenarnya saya kesulitan memahami alur cerita film ini. Haha. Apa sih agenda Pengkor sebagai penjahat, mafia, atau rakyat dalam film ini dengan niatnya bikin generasi amoral? Tolong bantu saya untuk memahami, terutama untuk twistnya: (MAJOR SPOILER) "Apakah benar untuk menghancurkan es yang mengurung "Ki Wilawuk" butuh konspirasi agar Gundala menghancurkan botol-botol serum yang punya frekuensi yang sama dengan es yg mengurung Ki Wilawuk?". Bahkan ketika akhirnya tahu endingnya, saya juga merasa korelasinya, antara Pengkor/Ghazul (Ario Bayu) dan Sancaka (Abimana Aryasatya), sedikit melompat dan janggal. Ga menyatu. Pengkor dan Sancaka aja baru berhubungan di bagian akhir film. Narasi film ini terasa berantakan, utamanya setelah Sancaka dewasa, karena tampaknya Joko Anwar kesulitan untuk menghubungkan cerita Sancaka dan Pengkor. Ada juga beberapa adegan yang terasa dipotong mendadak, tanpa ngasih kesimpulan, sehingga mengganggu kontinuitasnya (ingat adegan mau ngelabrak Ganda di pesta kawinan? ingat adegan Sancaka kecil mengeluarkan petir pas Bapaknya mati?). Bagi saya ada banyak adegan yang ga penting untuk dimasukkan, dan mungkin salah satu faktornya karena Joko Anwar terlalu banyak memasukkan karakter dan sub-plot dalam film ini. Balik lagi ke masalah awal: Joko Anwar terlalu ambisius memasukkan ide-ide dalam kepalanya.

KARAKTER

Saya ga tahu dengan kalian, tapi bagi saya Gundala juga lemah dalam menampilkan karakterisasi si Sancaka. Sancaka sebagai anak kecil seperti apa sih? Sancaka sebagai remaja (setelah ditinggal orangtuanya) seperti apa sih? Sancaka sebagai orang dewasa seperti apa sih? Tidak ada adegan yang sungguh-sungguh menampilkan karakter Sancaka, as a real person, selain lewat percakapan-percakapan sederhana seperti "Iya, gue dikeroyok karena nolongin anak perempuan". Pengembangan karakternya akhirnya berjalan flat: terutama bagaimana Sancaka mempelajari nilai moral yang harus ia pegang. Awalnya udah bener, ketemu Awang jadi cuek, ketemu Pak Agung nyelamatin copet akhirnya jadi baik lagi. Dan baiknya kelihatan pas nolongin Wulan (Tara Basro). Kan saya jadi curiga, dia beneran jadi baik atau cuma mau nyelametin cewek cantik? Karena pengembangan karakternya tidak digarap dengan cukup baik, maka faktor emosionalnya juga jadi ga dapet. Ini hal yang buruk karena Gundala sebagai sebuah film ingin dibangun sebagai sebuah film yang dramatis dan mengaduk emosi (kurang sengsara apa coba si Sancaka lahir dari keluarga miskin ditinggal mati bapaknya lalu ditinggal ibunya di rumah yang kaga ada tetangga?).

Lantas sebagai sebuah film superhero, saya tidak menangkap "kekerenan" sosok superhero dari diri Gundala. Okelah dia jago bela diri, sesekali bisa mainan petir, tapi ga ada scene yang benar-benar menunjukkan kesaktiannya. Ga ada adegan scene yg cool yang bisa bikin kita (atau saya) menahan napas saking kerennya. Saya nahan napas paling pas liat Abimana shirtless dan Ario Bayu tampak ganteng dengan kulit kecoklatannya. Malah adegan yang cool justru pas si Cecep Arief Rahman muncul dengan topeng di bagian belakangnya (ini adegan terbaiknya lah). Perkembangan kekuatan Sancaka, bagaimana ia mempelajari dan menguasai kekuatannya, juga ga digarap dengan baik. Sancaka mempelajari kekuatannya cuma ditunjukkan lewat lelucon yang jadi bagian lucu dari film (yang sebenarnya leluconnya cukup bagus, saya beneran bisa ketawa tulus). Unsur petir yang menjadi superpower Gundala juga digarap dengan minimal, belum lagi asal usul ia dapet kekuatan petir (atau takut petir) juga ga diperlihatkan. Mbok ya misal awal-awal dikasih adegan Sancaka kecil main layangan pas hujan-hujan lalu kesambar petir, yang akhirnya menjelaskan kenapa ia takut petir atau sudah punya kekuatan petir pas bapaknya mati. Atau ya bisa juga Sancaka dibikin sebagai karakter yang aktif mencari tahu kenapa dia selalu diincar petir, atau kenapa dia bisa punya kekuatan petir, bikin kek dia semacam ilmuwan otodidak alih-alih sekedar satpam ganteng dari perusahaan surat kabar yang bisa benerin lampu dan headset. At least, ini juga jadi ada hubungannya dengan komik orinya (karena di komik ori-nya Sancaka adalah seorang ilmuwan). 

Berikutnya: dengan tagline "Negeri ini butuh patriot", saya ga nemu alasan kuat Sancaka untuk jadi Patriot bagi negeri, atau bahkan kenapa negeri butuh Sancaka sebagai patriot. Karena kekuatan Sancaka cuma diperlihatkan dia mampu ngehajar preman-preman doank. Level preman doank rek. Antara skala ancaman penjahat yang bersifat "negara", dengan lingkup kerja Sancaka, jadi ga nyambung dan ga dikasih benang merah. Akan lebih baik misalkan dari awal bapaknya Sancaka jadi korban bentrokan dengan aparat negara (atau perusahaan negara), sehingga dari awal kita sudah diperlihatkan "ruang kerja" Sancaka berskala negara. Lalu Sancaka benci negara, dia jadi antipati dan cuek, tapi kemudian ketemu Pak Agung yang mengingatkan dia harus menolong yang lemah atau melawan ketidakadilan (bisa juga ditambahkan supaya lebih emosional misal Pak Agung yang jadi new father-nya Sancaka ini jadi korban keberingasan preman-preman suruhan Pengkor). Lalu dia mengenang pesan bapaknya pas masih kecil, trus akhirnya jadi patriot beneran... yang fokusnya sebenarnya bukan jadi patriot atau alat negara, tapi patriot bagi rakyat yang kesusahan. Awalnya dia merendahkan dirinya, ga percaya dengan kekuatannya sendiri, tapi terus dibantu Wulan bahwa dia bisa memaksimalkan kekuatannya untuk membantu orang, dan rahasia kekuatannya ada pada kepercayaan dirinya sendiri. Nah kan oke. (Ini kalo saya yang nulis ceritanya bakal begini kalik).

Terbangkitnya rasa kepahlawanan dalam Sancaka juga terasa nyaris berubah dalam satu malam. Kalopun berubah sedemikian cepat, harusnya ada momen emosional yang menyentuh personal Sancaka. Ia baru aja ketemu karakter Tara Basro, ia baru datang sekali ke pasar itu, ia sebelumnya cuek dengan hal yang terjadi di sekitarnya, lalu tiba-tiba pasar kebakar dan Sancaka mendadak pengen jadi pahlawan yang melawan ketidakadilan (dan dia bahkan ga mempelajari kekuatan petirnya). Rasa kepahlawanannya ini aneh karena sebelumnya ia belajar bertahun-tahun untuk ga ngurusin hidup orang lain. Pertemuan dengan Awang merusak nilai moralnya (ini adalah subplot yang mungkin tidak diperlukan selain cuma pengen bikin penonton ngebet nonton Godam). Lebih emosional misal Pak Agung yang dijadikan korban keberingasan anak buah Pengkor. Sancaka akan punya alasan untuk marah, dan kita juga akan lebih mangkel sama Pengkor. Mau tau juga kenapa saya tidak merasa Pengkor beneran jahat? Karena kejahatannya tidak dilakukan ke orang-orang yang kita pedulikan (atau minimal ada invest emosi), seperti karakter "politikus-muda-yang-lagi-naik-daun" atau politikus temannya karakternya Lukman Sardi.    

Berikutnya, dan saya rasa semua orang merasakan hal yang sama: terlalu banyak karakter. Saya ga tahu kenapa Joko Anwar langsung mengeluarkan banyak villain dengan ciri khas yang unik-unik dalam satu film. Kenapa ga disimpen sedikit-sedikit sih! Kasihlah 2 anak buah Pengkor aja yang jago: si gundul ahli halusinasi dan mas Cecep Arief Rahman. Simpanlah villain-villain lainnya untuk film berikutnya. Pertama, supaya film-film BLU lainnya punya stock villain-villain yang oke. Kedua, supaya kesannya ga Gundala dikeroyok. Mana fighting scene di finalnya model keroyokan pula ga ada kerjasamanya antara anak buahnya Pengkor .Tbh, messy banget lah adegan final fight-nya ini. Si Sancaka disuruh Ridwan nyariin Pengkor, eh baik bener Pengkor yang malah ngedatengin Sancaka sendiri. Mana Pengkor dibunuh gitu doank - yang nembak Lukman Sardi, yang ngaplok Tara Basro, bukan si Gundala, trus sempet-sempetnya pas sakaratul maut masih ngomong ga jelas. Ketiga, biar potensi villainnya ter-develop dengan baik dan memorable. Kayak gini kan jadi sia-sialah si Kelly Tandiono: ikut promosi filmnya, cerita latihan sampai 2 bulan, tapi ternyata muncul 2 menit doank, pake baju biasa pula. Belum lagi masa karakter macam pemain biola level pembunuh (yang sebenarnya stylenya keren) disuruh ngebakar pasar. Kenapa ga nyuruh preman amatir lah kalo cuma buat bakar pasar. Udah gitu matinya masa ketabrak truk doank. Jadi harusnya kalo Pengkor bertanya-tanya siapa pembunuh anaknya ini, ya yang ngebunuh supir truknya itu lah bukan Sancaka.... Keempat, dengan meminimalkan jumlah karakter, minimal budget buat cast pemainnya juga bisa dikurangi lalu dialokasikan untuk bangun efek petir lebih banyak kek, atau biar CGI pas Sancaka dijatuhin dari atap ga konyol begitu...

CGI & FIGHTING SCENE

Kebanyakan penonton selalu membandingkan kualitas film Indonesia dengan film-film Barat dari segi CGI (atau practical effect). Seolah-olah kemajuan sebuah film cuma dilihat dari efek CGI-nya. Tapi saya sendiri bukan pengamat CGI, selama CGI-nya ga bikin sakit mata macam naga dan ular di Indosiar, saya oke-oke aja. Sebagai penonton awam, saya lebih suka memperhatikan naskah dan cerita. (Karena itulah saya dengan berat hati bilang film Gundala adalah film yang ga bagus, karena ga ada alasan untuk tidak bisa bikin naskah dan cerita yang bagus. Harusnya kita bisa). Dan CGI di Gundala, terutama efek petirnya, cukup baik di mata saya. Paling yang bikin saya ketawa cuma pas Sancaka dijatuhin dari atap.. kayak film kartun gitu deh yang dilempar "tuiiingg" lalu "brukkk" jatuh ke tanah. Dengan figuran yang konon sampai ribuan orang, adegan demonstrasi dan bentrokan juga sudah wow.

Joko Anwar tampaknya sudah mengetahui keterbatasan dalam membuat film ini, sehingga ia membangun Gundala dengan lebih realis dan memfokuskan adegan action-nya dalam pertunjukan seni bela diri alih-alih action scene yang melibatkan banyak ledakan, tembakan, adegan terbang, atau efek-efek superpower (mungkin karena alasan inilah doi lebih suka menyebut Gundala sebagai film Jagoan daripada film Superhero). Sebuah keputusan yang tepat, apalagi Indonesia akhir-akhir ini menunjukkan gregetnya di dunia internasionalnya lewat aksi baku hantam ini. Sayangnya, saya merasa fighting scene-nya terasa repetitif dan monoton alias kurang variatif. Ada banyak adegan baku hantam di Gundala, tapi skalanya dari awal ke akhir tidak ada peningkatan. Bolehlah ada banyak adegan baku hantam, tapi coba manfaatkan set lokasi untuk ngasih koreografi yang berbeda, senjata yang berbeda, atau skala kekuatan yang berbeda (coba deh liat film-film John Wick atau The Raid). Belum lagi adegan klimaksnya yang berantemnya malah lebih "lembut", model keroyokan pula. Kenapa sih si mas Cecep ga ditaruh paling akhir aja, lalu dipasangkan sama si gundul ahli halusinasi untuk bikin final fighting scene yang epik.

HAL LAIN-LAIN

Hmmm.. ijinkan saya random ngomongin kejanggalan film Gundala lainnya. Haha. Pertama, dari awal sampai akhir film, saya ngerasa Gundala terlalu sering menampilkan adegan demo, bentrok, main keroyokan, adegan lari dikejar preman, dan adegan Sancaka kecil keringetan nungguin emaknya pulang... Diulang-ulang melulu. Kedua, Gundala menceritakan tentang anggota legislatif tapi kenapa ga menampilkan presiden atau minimal orang pemerintah ya. Legislatif kan gunanya bikin undang-undang, dengerin aspirasi rakyat lalu menyampaikan pemerintah dan mengawasi kerja pemerintah. Tapi pemerintahnyaaa manaa? Udah gitu masa skala darurat nasional bahwa beras pemerintah telah teracuni, kok dibikin solusi lewat undang-undang yang disahkan legislatif. Ga logis dan ga bakal kejadian di dunia nyata (ya masa situasi darurat begitu kudu lewat hasil rapat). Ketiga.... adegan mobil berhenti di depan palang pintu kereta. Bookkk itu udah daerah sepi begitu, bahaya, kenapa dilewati melulu sih. Udah gitu palang pintu kereta tertutup mana keretanya kok ora lewat-lewat ~

HAL-HAL YANG BAIK

Tenang, saya ga akan sepenuhnya "menghujat" film ini. Masih ada poin-poin yang membuat Gundala wow banget sebagai film garapan anak negeri. Kita ga usah ngeraguin lah selera seni Joko Anwar. Banyak gambar yang di-shoot dengan sangat cantik dan menawan, dengan desain produksi yang juga ga malu-maluin. Bahkan dalam salah satu wawancara, Abimana cerita soal perfeksionisme Joko Anwar, dimana dalam satu adegan pertarungan pasar mereka mengambil set lokasi yang berbeda karena Joko Anwar punya keinginan spesifik soal interior dan eksterior pasarnya. Walau agak sayang karena for the sake of beautiful shoot, terkadang harus mengorbankan cerita dan narasinya. Scoring dan music film ini juga salah satu poin plus film ini, walaupun untuk perkara ini saya ga terlalu ahli dan ga memperhatikan banget. Saya juga suka Joko Anwar memasukkan unsur horror ke dalam film Gundala, ini keren banget. Perhatiin deh adegan ketika anggota legislatif termuda si Dirga ngerasa paranoid dibuntutin, atau mimpi-mimpi absurd Sancaka, atau pas Pengkor kecil ngajakin temen-temennya ngebunuhin orang di panti asuhan, atau pas kemunculan mas Cecep menghajar bodyguard-nya karakter Lukman Sardi. Menurut saya Joko Anwar sebagai sutradara ini sudah bagus, karena dia tahu gimana mengarahkan pemain-pemainnya, punya visi misi dan ambisi besar, kepercayaan diri yang patut dikagumi, serta selera seni yang baik. Namun ya tampaknya Joko Anwar perlu menyerahkan penulisan script ke orang lain, dan mempelajari gimana bikin adegan action yang lebih bagus lagi.


Komentar

  1. Aah mbak Niken bener2 mencurahkan semua uneg-uneg saya 😂🙏✌️

    BalasHapus
  2. review dan kritik yg sangat membangun mbak niken.. mantap jiwa..
    saya males nonton film indo dibioskop..trauma.. karena kejelekannya naskahnya. Sebaliknya sy ingin bgt nonton film berkualitas sekelas film nominasi oscar di bioskop. btw mbak niken punya list film2 yang tayang di bioskop indonesia dan bakal meraih oscar di 2020?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhoh. Jangan. Tetaplah menonton film Indonesia di bioskop.
      Tapi ya pilih film yang memang pantas ditonton di bioskop. Sekalipun Gundala mengecewakan buat saya, saya tetap mendorong untuk nonton di bioskop. Yang jangan ditonton tuh film Indonesia yang jelas ga niat bikin film. Kalo orang-orang di belakang Gundala ini jelas sudah niat bikin film, tapi memang banyak yang harus diperbaiki...

      Hapus
    2. Oh iya, list film ya? Yang ga boleh ketinggalan sepertinya: Ad Astra, Joker.

      Hapus
  3. Anjir , tengah malem dibkin ngakak... and for godsake... smua celotahan mu mba... it make sense.... lol

    BalasHapus
  4. I love this movie, mba. So proud of Indonesia's achievement in creating a good superhero movie (pernah review Garuda Superhero ga?). But, I totally agree with you review juga. Ada banyak plothole seperti the worat menurut saya saat asisten tokohnya Lukman Sardi gampang banget dapetin nomor pabrik.

    Tapi... I'm a sucker for visuals, mba. The vintage buildings itu redemption besar buat film ini. Dan banyak seen yang bisa di freeze-frame into amazing photo-moments.

    Menurut saya ini masih derivatif dari marvel movies dan character buildingnya memang movie tropes. Semoga review inu dibaca creator of other movies in BLU untuk refine karya mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari segi artistik memang Joko Anwar sangat baik, tapi sayang dia kelimpungan dari segi cerita. Dan ga tahu ya apa memang dari BLUnya sendiri kayak terlalu ambisius memasukkan semuanya ke dalam satu film sehingga jatuhnya jadi ambyar :(

      Hapus
  5. Ada alasan mengapa di film ini tidak ditunjukkan presiden atau pemerintah resmi negara, dan hal tersebut tabu dibicarakan di media publik seperti ini. Mungkin apabila mba Niken peka terhadap kondisi negara saat ini, mba akan paham dengan sendirinya. Trims ��

    BalasHapus
  6. Tulisannya Bagus sekali banyak poin-poin yang bagus dan berguna sebagai kritik membangun, Joko Anwar harus baca ini kayanya agar tidak "egois" memasukkan semua idenya dalam satu film, mengulang kesalahan Wiro Sableng ngga sih? Banyak karakter Villain yang Bagus dan keren sayang banget disia-siakan dan cuma lewat sekelebat saja, versi film dan komik berbeda ceritanya kalau di komik masih muda 19 tahun, kerjanya sama security, kayanya saya lebih suka versi webtoonnya, gampang diikuti, hehehe untuk film origin kenapa ya Joko Anwar ngga fokus pendalaman karakter aja, biar kita tau maksud dan tujuan Sancaka menjadi "Gundala"? Agar kita sebagai penonton bisa larut kedalam cerita dan ikut peduli sama karakternya, dan pertemuan dengan Pengkor saya rasa terlalu cepat ya, di webtoon aja Gundala ngadepin anak buah "Bapak" dulu dan itupun Sancaka aka Gundala kewalahan sampai gebetan tercinta meregang nyawa hingga tewas sampai Sancaka mau berhenti jadi Gundala, Bapak aja belum ketemu ,hehehe Dalam film sepertinya jarak kedua karakter ini agak terlalu jauh untuk secepat itu dipertemukan.

    Saya jadi penasaran juga nih sama projek Jagat sebelah, Jagat Satria Dewa (JSD) kira-kira bakal seperti apa ya penceritaannya, katanya Oktober bakal diumumkan nama pemain dkk, Sinema Indonesia kedepan bakal cerah dan rame nih, bakal gegap gempita meriah cetar membahana, apalagi Jagat Sebelah ada Wishnutama
    Net TV, terus investornya ada Erick Thohir, doi juga invest di Jagat Bumi Langit, dia punya 2 Jagat, bakal seru ni 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. untuk sebuah origin story malah Gundala kalah ama Pengkor. Seakan-akan orang-orang di balik Gundala ini cuma pengen bahas politik. Pokoknya film bahas politik itu kereeen!

      Waah Erick Thohir juga invest di jagat sebelah ya? Menarique

      Hapus
  7. Keluar bioskop..saya kok malah terkenang adegan mbak Sri Asih yang ngelempar mobil dengan sabetan selendang...hahahahaha.menurut saya ini termasuk cool adegannya...malah lbh antusias dgn jagoan ini.smoga digarap lbh baik...

    BalasHapus
  8. Menurut saya bumilangit cm versi latah avengers, spt saat demam mahabarata di tv, trs bikin film mahabharata lokal yg cm tayang brp episode trus bubar ga jelas

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mba Mna Niken, saya penasaran justru behind the script dari tulisan Gundala ini. Butuh waktu berapa lama dan riset seperti apa? Apakah cukup sekali tonton bisa menulis sedetail ini? hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Butuh waktu lama juga sih mas. Habis nonton kebiasaan saya mencatat poin pikiran2 yang muncul, trus diskusi sama suami saya, baca sedikit komentar dan review orang di internet, lalu baru nuis reviewnya. Kebetulan pas nulis ini lagi agak nganggur juga hahaah

      Hapus
  11. Selama ini blm tertarik nonton film Indonesia, kalo udah masuk hollywood seperti the Raid baru saya tonton.

    BalasHapus
  12. lebih bagus baca review dari mbak niken dulu baru nonton di bioskop , atau nonton dulu baru baca review? atau mungkin nonton sambil baca review? hahaha

    semoga kualitas perfilman indonesia bisa lebih baik lagi kedepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe review saya cocok dibaca untuk yang udah nonton filmnya hehehe

      Hapus
  13. Ya saya respect sama review kak Nike akan tetapi saya tidak sependapat dalam beberapa poin.
    Ya jujur walaupun banyak adegan yang nonsense, contoh ketika SANCAKA kecil bisa ngeluarin petir pas bapaknya mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh. Pas Sancaka kecil bisa ngeluarin petir tiba2 dicut gitu doank.. dan adegan seterusnya ga ada Sancaka mempertanyakan kenapa dia bisa ngeluarin petir...

      Hapus
  14. yang cukup mengherankan reviewer youtube saling mengatakan kalo film itu bagus.. begitu saya komen kalo itu film jelek dan pengen walk out.. eh diserang habis habisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh fans Gundala kayaknya memang lumayan galak hehe. Uda persis fans MCU dan BTS wkwk... tapi ini artinya Gundala (BLU) berhasil untuk punya fans yang loyal :D

      Hapus
    2. wkwk bukan fans gundala tapi fans Joko ANWAR

      Hapus
  15. Yupp.. memang banyak yg mesti dipertanyakan sih.. walau banyak jg yg terjawab melalui review2 di yutub ato forum blog lain..
    Tapi kembali lg dr selera mbak niken soal film indonesia..
    Stay optimistic💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul! Stay optimis, tapi selalu open dengan kritikan :)

      Hapus
  16. Setuju mba Niken. Meski Gundala mendapat banyak pujian, tetapi bukan berarti film ini tidak meninggalkan lubang sedikit pun. Intinya, akan ada banyak PR untuk Bumi Langit dalam menutupi lubang-lubang yang masih terasa kurang di film perdananya.

    Oh iya, buat yang lagi mau download film Indonesia, bisa mampir di mari yaa.

    BalasHapus
  17. Setelah Baca review nya jadi pengen banger nonton film nya, tapi belum sempat :(
    makasih buat rivew nya mbak niken

    BalasHapus
  18. suka banget sama film ini. bukti bahwa Indonesia juga bisa bikin film keren yang kalah sama luar negeri. oh ya, jangan lupa kunjungi blog kami juga ya. https://jurnalfilm.com/review-film-hereditary/

    BalasHapus
  19. salah satu film indonesia yang berkualitas ini

    BalasHapus
  20. Masalah pintu kereta nutup trrus mungkin kruny lupa mbak apa mungkin kecapean he he he. Tapi filmnya seru bener keren

    BalasHapus
  21. Review nya sangat bagus.
    Saya selalu mejeng disini buat mencari pencerahan. Terutama di film Gundala ini. Semua yg di tulis merupakan isi pikiran sy juga stelah nonton film nya.

    Oya bikin review nya dong mbak di Youtube. Ada akun "Niken film" tapi kok cabe2an. Sepertinya itu Niken yang lain wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!