Bohemian Rhapsody (2018) (4/5)


RottenTomatoes: 62% | IMDb: 8,4/10 | Metascore: 49/100 | NikenBicaraFilm: 4/5

Rated: PG-13 | Genre: Drama, Biopic

Directed by Bryan Singer[a] ; Produced by Graham King, Jim Beach ; Screenplay by Anthony McCarten ; Story by Anthony McCarten, Peter Morgan ; Starring Rami Malek, Lucy Boynton, Gwilym Lee, Ben Hardy, Joe Mazzello, Aidan Gillen, Allen Leech, Tom Hollander, Mike Myers ; Cinematography Newton Thomas Sigel ; Edited by John Ottman ; Production company 20th Century Fox, New Regency, GK Films, Queen Films ; Distributed by 20th Century Fox ; Release date 2 November 2018 (United States) ; Running time 134 minutes ; Country United Kingdom, United States ; Language English ; Budget $50–55 million

Story / Cerita / Sinopsis :
Sebuah biopik tentang Queen, dan khususnya sang vokalis Freddie Mercury dari awal mereka terbentuk hingga konser mereka di Live Aid 1985.

Review / Resensi :
Intermezzo: Sungguh saya adalah blogger yang paling telat kalau menulis review. Mungkin ini bisa dijadikan ciri khas blog ini: "Oh, nikenbicarafilm itu yang kalo ngereview selalu telat itu ya?". Atau ini bisa saya jadikan tagline: "Bukan nikenbicarafilm kalau tidak telat". *Huft*. Kalau review Bohemian Rhapsody ini baru ada sekarang - satu bulan lebih setelah filmnya tayang di bioskop Indonesia, itu karena memang saya baru nonton. Telat banget kan! Tapi menariknya, menonton ini sebulan setelah penayangannya, bioskop yang saya datangi masih dipenuhi oleh penonton. Dengan banyaknya antusiasme penonton kepada film ini, kepada Queen, dan betapa antusiasnya orang-orang dengan rekonstruksi konser Live Aid 1985 di bagian akhir, ini membuat saya berpikir, "Oh wow, we still need a proper rock concert and truly rock band!". 

Ngomong-ngomong, ijinkan saya meracau sedikit out of topic. Jadi, saya selalu mengagumi musik-musik dekade akhir 60an hingga awal 2000-an. Khususnya, rock music. Ketika menurut saya lagu dari band-band yang beneran "artist" masih diputar di radio dan didengarkan oleh banyak orang. At least, produser jaman segitu biarpun kapitalis tapi masih bisa mengenalkan kita ke musik yang berkualitas (seenggaknya di telinga saya yang sok-sokan indie ini). Makanya saya sedih ketika tahun 2010-an ini era band sepenuhnya hilang dari ranah mainstream, dan publik lebih menggemari musik-musik EDM atau artis-artis pop yang menurut saya tidak punya "soul". Saya suka K-pop (sebagian besar karena saya sebal dengan pria-pria sok maskulin yang menghina member boyband Kpop kurang "lakik") , tapi K-Pop adalah mengenai bagaimana industri musik bekerja hanya untuk menghasilkan duit. Mereka mencekoki penonton dengan sesuatu yang menyenangkan, tapi tidak punya "soul". Musik hanyalah sekedar pertunjukan, namun aspek originality, authenticity, dan sincerity sebagai seorang seniman itu jadi kurang berasa. 

Blaaaaahhhh ~ entahlah saya ngomong apa sih.

Tapi, untunglah ada film seperti Bohemian Rhapsody ini yang hadir bak oase di padang pasir. Saya mungkin bukan fans Queen - walaupun familiar dengan beberapa lagu hits-nya - tapi saya mengakui Queen adalah legenda. Freddie Mercury, ga cuma dikenal sebagai seorang artist, tapi dia juga seorang penyanyi dan performer yang luar biasa. Tak peduli bahwa Freddie Mercury terkenal sebagai musisi gay, orang masih saja tetap mengidolakannya. Mana ada coba homophobic yang berani menghina Freddie Mercury! (Seenggaknya yang paham musik yes). Dan antusiasme banyak orang terhadap film ini, merupakan sinyal positif buat saya bahwa banyak orang masih bisa menghargai karya musik bagus. 

Sebenarnya, produksi Bohemian Rhapsody cukup bermasalah dari awal. Proyek film ini sudah diumumkan dari tahun 2010, dengan Sacha Baron Cohen yang akan memerankan Freddie Mercury. Namun kemudian Cohen keluar dari proyek ini karena adanya perbedaan visi, dimana dia ngarep filmnya dibuat lebih R-rated sementara personel Queen lainnya seperti Brian May dan Roger Taylor ingin filmnya bermain aman dengan rating PG-13. Sempat terkatung-katung, tahun 2016 proyek kembali dilanjutkan dengan Rami Malek sebagai lead actor dan Bryan Singer sebagai sutradara. Tapi, Bryan Singer pun dipecat di tengah syuting film (kabarnya karena ia lagi kena kasus tuduhan pelecehan seksual), dan diganti oleh Dexter Fletcher. Tapi, film ini sendiri masih memasang nama Bryan Singer sebagai sutradara. 

Sejauh ini, Bohemian Rhapsody tidak mendapatkan nilai yang baik dari para kritikus. Skornya di situs RottenTomatoes cuma 62% (6.1/10) dan Metascore cuma 49/100. Tapi perhatikan skor yang didapatkan dari penonton. Skor audience di IMDb mendapatkan 8.4/10 dan RottenTomatoes 91%. It means that no matter critics hate this movie, people still love it. Dan memang inilah yang saya rasakan: Bohemian Rhapsody memang tercipta untuk menyenangkan penonton. Baik mereka yang membutuhkan nostalgia karena tumbuh dewasa sambil mendengarkan Queen lewat radio dan kaset, atau penonton generasi baru yang mungkin tidak terlalu familiar dengan musik Queen sebelumnya. Waktu keluar dari bioskop, saya mungkin tidak merasa Bohemian Rhapsody adalah film yang benar-benar bagus, tapi nggak bisa dikatakan jelek juga. Yang terpenting: saya sungguh terhibur.

Tapi kritikan yang ada itu bukan tidak berdasar. Pertama, film ini memperkenalkan dirinya sebagai film yang mengangkat biopik Queen, dari awal mereka terbentuk hingga konser Live Aid yang fenomenal itu. Saya kutip premis dari situs IMDb: A chronicle of the years leading up to Queen's legendary appearance at the Live Aid (1985) concert. Namun, ketika menonton filmnya, kita tahu Bohemian Rhapsody adalah segalanya tentang Freddie Mercury. 

Kedua, film ini menawarkan formula biopik seorang musisi yang kelewat generik dan klise. Seorang musisi jenius, lahir dari keluarga yang tidak mendukungnya, lalu menapaki karir di bidang musik, berada di puncak ketenaran, terjebak pada hedonisme rock 'n roll dan popularitas, lalu jatuh, dan kemudian melakukan redemption di akhir. Kritikan yang saya baca dari situs indiewire mengatakan bahwa biopik ini bisa tentang musisi siapa saja. (But anyway, biarpun klise tapi menurut saya sendiri sih scriptnya masih cukup solid). 

Ketiga, ada banyak hal yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Sebagai contoh, di film Bohemian Rhapsody, konser Live Aid di tahun 1985 digambarkan sebagai wahana penebusan dosa bagi Freddie Mercury. Sebelum konser, ia juga memberitahu teman-temannya bahwa ia terkena AIDS. Padahal, Freddie Mercury sendiri baru melakukan test HIV/AIDS pada tahun 1986/1987. Alasan Queen tidak segera memutuskan untuk tampil di Live Aid lebih dikarenakan mereka lelah setelah menjalani tur. Selain itu, Bohemian Rhapsody seperti terlalu melimpahkan kesalahan pada Paul Prenter, sang manajer yang digambarkan manipulatif dan sepenuhnya evil, sementara band member lainnya bak malaikat, dan Freddie Mercury bak "anak-nakal" yang terjerumus salah pergaulan lalu kembali bertobat di akhir. Di film, diceritakan Freddie Mercury terlibat percekcokan dengan anggota grup lainnya karena ia ingin membuat solo album. Padahal, di kenyataannya Roger Taylor (sang drummer) adalah yang terlebih dahulu membuat solo album pada tahun 1981. Sebenarnya, sedikit berbeda dari kenyataan adalah hal yang wajar di film biopik manapun, but we talk about Queen! Kan fatal jika kita sepenuhnya mengira bahwa sejarah band Queen seperti yang digambarkan di Bohemian Rhapsody. 

Keempat, ini yang paling penting. Bohemian Rhapsody tidak punya cukup keberanian (atau tidak cukup benar) untuk mengeksplorasi aspek seksualitas seorang Freddie Mercury. Freddie Mercury adalah seorang queer icon, namun ini kurang tertangkap dari penggambaran sosoknya di film ini. Mengutip dari apa yang dikatakan kekasih saya, bahwa menjadi queer adalah aspek yang membuat Freddie Mercury menjadi luar biasa. Namun di sini hal itu direduksi dan disederhanakan sedemikian rupa. Dalam sebuah percakapan antara Freddie dan kekasihnya Mary Austin, Mary bilang, "Freddie, you are gay". Lalu Freddie - yang sebelumnya mengaku bahwa ia seorang biseksual - tidak menjawab apa-apa. Ini seperti penegasan bahwa Freddie adalah seorang gay selama ini, dan bukan seorang biseksual. Padahal, ia adalah biseksual. Mengatakan bahwa kalau tidak straight pasti gay, adalah sebuah prasangka yang heteronormatif - dan film ini menegaskan itu (padahal orientasi seksual sendiri seperti yang kita ketahui lebih bersifat spektrum). Kenyataannya, walaupun Freddie Mercury menjalin hubungan dengan Jim Hutton setelah bersama Mary, ia juga masih menjalin hubungan dengan perempuan lain. Dan bahkan ga cuma sekedar biseksual, kabarnya Freddie Mercury juga polyamori (iyes ia berhubungan dengan banyak orang). Selain itu, sisi "gay" dari seorang Freddie Mercury hanya digambarkan sebagai hal yang membuat Freddie Mercury terperosok ke "dunia terlarang" dan akhirnya memberinya kematian. Isu ini tentu menjadi persoalan besar saat ini betapa sensitifnya isu-isu seputar LGBTQI. Dan Bohemian Rhapsody bukanlah representasi yang tepat dalam menggambarkan sisi queer seorang Freddie Mercury. Tapi ngomong-ngomong, sosok Freddie Mercury sendiri sesungguhnya cukup kontroversi karena biarpun semua orang sudah menebak apa orientasi seksualnya, Freddie Mercury sendiri tidak pernah mengakuinya ke publik. John Marshall dalam artikelnya di Gay Times tahun 1992 menulis, "He was a 'scene-queen,' not afraid to publicly express his Gayness but unwilling to analyze or justify his lifestyle,". 

Oke. Jadi demikian hasil saduran saya dari beberapa kritikan yang saya baca tentang Bohemian Rhapsody (iya sebagian besar emang bukan dari pikiran saya sendiri). Menurut saya, kritikan-kritikan tersebut berdasar, namun sihir Queen membuat saya (dan kebanyakan penonton) tidak mempersoalkan kelemahan tersebut. Fans Queen tentu berasa orgasme habis nonton ini. Bohemian Rhapsody mungkin terlalu sederhana menampilkan karakter yang se-complicated, sefenomenal, dan sekompleks Freddie Mercury, serta band yang sehebat Queen. But who cares? Saya jamin penonton terbuai dengan musik yang ada, reka ulang konser Live Aid 1985 di bagian akhirnya (dimana konser Queen di Live Aid 1985 ini disebut-sebut sebagai konser terbaik yang pernah ada di dunia), dan tentu saja..... penampilan Rami Malek yang luar biasa sebagai Freddie Mercury. Waktu nonton trailernya saya sebenarnya agak ragu dengannya, karena saya takut image Elliot (karakternya di series Mr.Robot yang berhasil mengantarkannya meraih Emmy) akan kebawa di film ini. Tapi, sejak pertama muncul saya beneran merasa bahwa Rami Malek telah menjelma sebagai Freddie Mercury. Freddie Mercury mungkin boleh sedikit sedih dengan Bohemian Rhapsody sebagai sebuah film, namun tentunya bangga karena Rami Malek telah memberikan penghormatan yang layak sebagai dirinya.

Overview :
Queen adalah satu band legendaris di ranah rock music, dan sang vokalis dan frontman, Freddie Mercury adalah salah satu vokalis dan performer terbaik yang pernah ada. Sayangnya, Bohemian Rhapsody bukanlah film yang hebat-hebat banget. Kritikan terbesar (dari para kritikus) adalah ceritanya yang klise, dan tidak cukup mampu menjelaskan sisi queer dan biseksual dari Freddie Mercury. Namun tho penonton tidak peduli dengan itu semua, karena filmnya sendiri cukup menyenangkan untuk ditonton tanpa pretensi apa-apa. Sebagian besar, ini berkat sihir sang Queen dan akting Rami Malek. Walaupun, berbahaya jika kita percaya sepenuhnya dengan penggambaran kisah hidup Freddie Mercury sepenuhnya berdasarkan film ini. 

Komentar

  1. Rami malek kira2 bsa dapet oscar gk tahun dpn?😀

    BalasHapus
  2. Gua penggemar Queen dan menurut gua filmnya terlalu buru" di awal, banyak yang di skip. Ceritanya blm kelar udh pindah ke cerita lain. Tp dari pertengahan ke belakang udah mulai bisa nikmatin, terutama pas Live Aid, gilaa!!! Pengen nyanyi kenceng" tp nggak ada yg nyanyi di bioskop 😂. Jujur harapan gua film ini bisa lebih untuk band sekelas Queen. Band legend pun filmnya harus legend juga! Tp yaa untuk fans pun udh seneng ada filmnya, apalagi setelah banyak masalah dibalik pembuatannya dan yang bikin seneng pun ternyata booming juga di Indonesia, kirain bakal sedikit yg nonton. Semoga setelah nonton orang" ( terutama milenials) jadi tercerahkan selera musiknya 😂😂✌

    BalasHapus
  3. Nah betul tu mba niken, karena banyak orang awam seperti orangtua saya mengira bahwa dalam film ini merupakan fakta sebenrarnya dan menyalahkan murni semua ke paul dan hal"lainnya

    BalasHapus
  4. K-Pop adalah mengenai bagaimana industri musik bekerja hanya untuk menghasilkan duit. Mereka mencekoki penonton dengan sesuatu yang menyenangkan, tapi tidak punya "soul". Musik hanyalah sekedar pertunjukan, namun aspek originality, authenticity, dan sincerity sebagai seorang seniman itu jadi kurang berasa.

    Saya suka bagian ini
    Oke emg gk nyambung sih dan sejujurnya saya gk kenal queen sblm film ini marak 😂
    Semarak apapun jg saya blm nonton sampai sekarang 😅
    Mungkin nanti 😊

    Saya hanya suka membaca setiap komentar mbak niken yg out of the box tentang film. Dan saya harap mbak mulai mengomentari musok jg ya mbak 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Your comment is always important to me. Share di sini!